5 Hal yang Harus Jadi Resolusi Keuangan Lebaran Anda

Lebaran sangat erat kaitannya dengan kembali ke fitrah yang mempunyai arti kembali ke akidah yang lurus. Layaknya memulai awal yang baru, bawalah harapan-harapan baru yang membuat Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya, termasuk urusan keuangan. Setelah lebaran, kondisi keuangan sebaiknya menjadi lebih kuat dan sehat. Jika belum, maka Anda perlu melakukan resolusi dan membuat strategi keuangan baru.

Memiliki keuangan yang sehat dan kuat itu gampang-gampang susah, semua tergantung dari strategi dan implementasinya. Bagi Anda yang masih mempertimbangkan apa saja yang sebaiknya diperbaiki dan ditulis dalam daftar resolusi keuangan lebaran kali ini, berikut tips praktis yang bisa Anda segera lakukan. 

1. Memiliki Rencana Keuangan

Buatlah Rencana Keuangan Anda via huffpost.com

Apa yang ingin Anda raih setelah Lebaran tahun ini? Apakah Anda ingin menikah, membeli rumah, mempunyai kendaraan pribadi, liburan ke luar negeri, atau mungkin menunggu buah hati Anda lahir? Apapun yang ingin Anda dapatkan, sebaiknya Anda membuat sebuah rencana keuangan tertulis, lengkap dengan dana yang dibutuhkan untuk memenuhinya, serta target waktu perencanaannya. Perhatikan juga inflasi yang akan terjadi di masa mendatang dalam membuat rencana keuangan tersebut. Sisihkan dana tambahan juga untuk membantu merealisasikan rencana di tahun-tahun berikutnya.

2. Hilangkan Utang

Lepaskan Diri Anda dari Jeratan Utang via webirix.com

Sudah saatnya Anda menghapus kebiasaan berutang serta melepas segala utang yang ditagihkan pada Anda. Apalagi bagi Anda yang memiliki utang yang sifatnya konsumtif seperti utang kredit. Jika Anda memiliki utang semacam itu, ada baiknya Anda memasukkan hal tersebut ke dalam daftar resolusi kali ini. Buat hal tersebut menjadi prioritas juga dalam rencana keuangan Anda.

3. Anggarkan Dana Darurat

Siapkan Dana untuk Keadaan Darurat via elementalstore.com

Di kesempatan-kesempatan sebelumnya, di saat Anda harus menghadapi sebuah masalah yang sifatnya sangat mendesak, dan ketika itu Anda tidak memiliki dana "nganggur" yang bisa Anda gunakan, pasti membuat Anda kesal. Untuk itu Anda sebaiknya menyiapkan dana darurat untuk keperluan seperti itu. Banyaknya dana untuk anggaran ini biasanya dihitung berdasarkan pengeluaran bulanan. Biasanya jumlah yang disimpan adalah sebanyak 3-6 biaya pengeluaran bulanan. Anda bisa menyisihkan penghasilan Anda 10% tiap bulannya, dan setelah terkumpul sebanyak 1-2 bulan pengeluaran, Anda bisa menurunkan angka tersebut menjadi 5%, dan 5% lagi bisa Anda gunakan untuk melakukan investasi.

Baca Juga: 3 Aturan Perencanaan Keuangan Yang Harus Kamu Terapkan

4. Memiliki Asuransi

Berikan Proteksi pada Diri Anda via thewatermarkgrp.com

Jatuh sakit dan meninggal adalah peristiwa yang tidak bisa dihindari. Tidak ada yang mengetahui juga kapan dan bagaimana terjadinya resiko seperti itu. Jika disikapi secara realistis, kejadian tersebut mempunyai imbas tidak hanya pada diri sendiri, tetapi orang lain seperti orang tua, teman dekat, atau saudara yang lainnya juga akan mendapatkan konsekuensinya. Terlebih lagi jika yang ditinggalkan adalah seorang tulang punggung keluarga dan mempunyai tanggungan yang banyak. Untuk memperkecil dampak dari terjadinya kejadian seperti itu, ada baiknya jika Anda memiliki sebuah asuransi yang melindungi diri Anda.

Baca Juga: 10 Cara Mudah Mendapat Penghasilan Pasif

5. Melakukan Investasi

Mulai Investasi dari yang Kecil via financenewspro.com

Investasi tidak harus dimulai dengan sesuatu dengan jumlah dan nilai yang besar. Anda bisa mulai menumbuhkan rasa kepercayaan diri Anda dalam berinvestasi dengan memulainya dari sesuatu yang kecil. Mulai dengan memilih investasi yang sudah terjamin dan memiliki performa yang baik selama lima hingga sepuluh tahun terakhir. Beli dalam jumlah yang kecil tetapi usahakan untuk konsisten. Anda juga bisa berkonsultasi dalam memilih investasi yang baik jika memang Anda perlu bantuan.

Update

6. Menambah Pendapatan 

uang pendapatan

Tambahan penghasilan untuk menambah kas pemasukan via shutterstock.com

Salah satu resolusi keuangan yang satu ini bisa menjadi resolusi yang patut dipertimbangkan. Jika selama ini pendapatan Anda merasa kurang tercukupi, sementara jumlah pengeluaran yang harus dibayarkan semakin banyak, maka setelah lebaran akan menjadi saat yang tepat untuk memikirkan mencari pekerjaan tambahan yang sesuai dengan kemampuan dan waktu Anda.

Sekarang ini ada banyak strategi untuk mencari penghasilan tambahan, misalnya berjualan online, bisnis dropship, bergabung menjadi driver gojek atau grab, atau menjadi freelancer yang sesuai dengan kemampuan dan waktu Anda. Usahakan apapun pekerjaan tambahan yang Anda pilih, usahakan pekerjaan tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Kuncinya adalah pintar membagi waktu agar hasil yang didapat juga memuaskan. 

Berikan Komitmen Pada Resolusi Anda

Resolusi keuangan dalam rangka Lebaran kali ini harus disusun supaya kondisi keuangan Anda menjadi lebih baik lagi. Saatnya untuk berkomitmen pada resolusi yang Anda buat dan raih semua yang bisa bisa Anda capai dari resolusi yang telah disebutkan di atas. Anda bisa mengevaluasi daftar resolusi Anda setiap tiga hingga enam bulan sekali.

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk berkeinginan agar bisa mempunyai banyak uang dan bisa melunasi semua utang, membayar cicilan, memiliki asuransi dan investasi, pergi berlibur dan juga berbagai keinginan lainnya. Semua hal tersebut membutuhkan uang untuk memenuhinya dan semoga ulasan kami dapat membantu Anda lebih baik lagi dalam hal finansial.

Baca Juga: Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Dalam Mengatur Keuangan