5 Hal yang Patut Diketahui Perempuan Tentang Investasi

Terkait dengan pengambilan keputusan investasi, perempuan punya kekuatan ekonomi yang lebih besar dari pada saat sebelumnya. Saat ini, jumlah perempuan sebagai tenaga kerja produktif hampir separuhnya dari total jumlah tenaga kerja, dan ini belum termasuk perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Tapi sayangnya tingkat melek finansial mereka masih rendah. Selain perlu mempertimbangkan peningkatan kesejahteraan dengan mendapatkan gaji dan pendapatan yang lebih, perempuan juga dituntut untuk mengelola kekayaan mereka dengan jalan yang bijak. Salah satunya adalah mempertimbangkan investasi untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Ketertinggalan perempuan untuk melek secara finansial ini harus diiikuti dengan pemahaman yang matang tentang berbagai kondisi yang melatarbelakangi mengapa perempuan penting untuk berinvestasi, berikut diantaranya :

1. Perempuan Berpendapatan Lebih Kecil daripada Lelaki

Banyak perempuan yang berperan sebagai pencari nafkah utama. Namun rupanya, survei di Amerika yang disebut sebagai negara demokratis saja, perbandingan pendapatan perempuan lebih rendah dari laki-laki.

Pendapatan perempuan adalah 77 sen, yakni 33 sen lebih kecil dibandingkan tiap dolar yang dihasilkan oleh rekan-rekan pria yang bekerja di posisi yang sama, dengan memiliki kualifikasi yang sama.