5 Hal yang Perlu dan Tidak Perlu Dihemat

Bayangkan diri Anda sedang duduk bersantai di teras rumah Anda sambil meminum secangkir kopi bersama dengan orang-orang yang Anda sayangi. Sembari itu, Anda memimpikan bagaimana caranya supaya Anda bisa... membeli televisi dengan versi terbaru.

Benda-benda tersebut bukan hanya tidak akan bisa bertahan lama, tetapi juga memberikan Anda kesenangan yang sifatnya sementara. Ada yang mengatakan bahwa otak kita akan menuntun kita pada hal-hal yang membuat kita merasakan kebahagiaan. Kebahagiaan yang berasal dari hal-hal materialistis hanya bertahan sementara. Sedangkan kebahagiaan yang datangnya dari pengalaman tak akan pernah pudar dari benak kita.

Hal yang Perlu Dihemat

Memang banyak sekali barang-barang yang kita butuhkan untuk membantu kita menuju sebuah kesuksesan. Akan tetapi banyak juga yang lupa bahwa kesuksesan itu bisa didapat dengan menjalani hidup yang sederhana atau tidak berlebihan. Memenuhi kebutuhan hidup Anda memang perlu, namun perlu dipastikan juga Anda tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk memenuhinya. Di bawah ini adalah 5 hal yang harus Anda tekan pengeluaran biayanya.

1. Elektronik

Mengejar Gadget Terbaru Tak Ada Habisnya via wowkeren.com

 

Kebutuhan barang-barang elektronik di masa ini adalah sebuah keharusan, akan tetapi tidak berarti bahwa Anda harus menghabiskan banyak uang dan membeli semua barang dengan model yang terkini. Tidak peduli seberapa barunya, nantinya barang tersebut akan mempunyai versi yang lebih baru lagi tiap tahunnya atau bahkan tiap bulannya.

2. Dekorasi untuk Rumah

Buat Sendiri Hiasan Rumah Anda via etsystatic.com

 

Akan selalu ada tema yang baru dan indah yang bisa Anda gunakan untuk menghias rumah Anda. Anda tidak perlu menghabiskan berjuta-juta rupiah untuk mendapatkan dekorasi rumah agar tampak seperti yang ada di majalah. Yang Anda perlukan hanyalah belajar untuk membuat sendiri hiasan-hiasan rumah yang Anda inginkan dan mendapatkan bentuk rumah yang diidamkan. Anda juga bisa mendapat pengalaman serta menambah waktu Anda untuk lebih dekat dengan teman dan keluarga.

Baca Juga: Keuangan Anda Sehat? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini

3. Kendaraan

Jangan Terdorong untuk Memiliki yang Terbaru via blogspot.com

 

Berusaha untuk tetap memiliki mobil atau motor dengan model terbaru bukanlah gaya hidup yang pintar kecuali Anda adalah orang yang sangat kaya raya dan mampu melunasinya sebelum model selanjutnya dirilis. Hal tersebut akan menuntun Anda pada kebiasaan berhutang yang tidak ada ujungnya. Anda tidak akan pernah meraih kesuksesan dengan kebiasaan mengganti-ganti mobil Anda dengan model yang terbaru.

4. Fesyen Terkini

Hidup Bermewah-mewahan Sangat Merugikan Anda via visitcopenhagen.com

 

Anda tidak perlu merasa bersalah jika Anda tidak membeli baju, tas, ataupun sepatu baru setiap bulannya. Pakaian yang Anda miliki seharusnya cukup memenuhi kebutuhan sAndang Anda selama masih bersih dan rapi. Tidak ada gunanya Anda membeli produk-produk fesyen terbaru hanya untuk mengejar sebuah kesan dari orang lain. Jangan sia-siakan uang Anda untuk membeli barang yang pada akhirnya hanya akan membuat penuh lemari Anda.

Baca Juga: Tak Harus Mahal, Barang Bekas Ini Murah dan Berkualitas

5. Perhiasan

Dengan Fungsi yang Sama, Beli yang Lebih Murah via huawei.com

 

Perhiasan yang memikat perhatian orang boleh dimiliki untuk menghadiri acara-acara formal semisal pernikahan, undangan makan malam, dan lainnya. Jika Anda bisa mendapatkan jam tangan dengan harga dua ratus ribu, maka Anda telah melakukan hal bagus. Perlu diketahui juga bahwa ada perbedaan besar antara membeli perhiasan yang dibutuhkan dan membuang-buang uang untuk perhiasan yang mahal.

Hal yang Jangan Dihemat

Daripada menghabiskan uang Anda pada benda-benda yang pada akhirnya akan usang atau rusak, lebih baik Anda mengeluarkan uang untuk hal-hal yang berkesan lebih lama. Kenangan adalah salah satu bagian dari kehidupan kita selamanya dan dapat membuat kita menjadi lebih menghargai diri sendiri. Pengalaman yang baik akan selamanya menjadi kenangan yang indah, sedangkan pengalaman yang kurang baik akan menjadi bahan candaan di masa depan.

Perlu diingat, menggunakan uang Anda untuk membuat pengalaman baru daripada membeli barang-barang yang bersifat sementara adalah hal yang sangat berharga. Penelitian mengatakan bahwa mengeluarkan uang lebih untuk mendapatkan pengalaman yang baru bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Anda tidak perlu menghabiskan semua harta Anda untuk menciptakan pengalaman baru itu. Akan tetapi jika Anda melakukannya, itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah Anda sesali nantinya.

1. Edukasi

Perbanyak Terus Pengetahuan Anda via cm3associates.co.uk

 

Salah satu perasaan yang paling menyenangkan di dunia ini adalah ketika Anda memahami apa yang dikatakan orang lain yang menggunakan bahasa asing tanpa harus berkonsentrasi penuh untuk memahaminya. Meskipun biaya yang dikeluarkan untuk belajar bahasa asing tidaklah murah, namun pelajaran yang Anda dapatkan akan sangat berharga. Belajar mengenai bahasa dan budaya asing, serta mempelajari profesi yang baru akan membuka pikiran Anda pada sesuatu yang berbeda.

Bukan berarti Anda harus mengganti pekerjaan Anda jika mempelajari profesi lain. Dengan belajar hal-hal lain maka Anda akan menjadi lebih mengerti tentang dunia yang lebih luas dan telah menambah gudang ilmu Anda sendiri. Anda juga akan menyadari bahwa nantinya ilmu tersebut akan sangat bermanfaat bagi Anda.

2. Bertualang

Nikmati Indahnya Bumi Kita Ini via img.com

 

Bertualang atau traveling mungkin memang menghabiskan banyak uang Anda. Tetapi pengalaman tersebut akan menciptakan kenangan yang bertahan seumur hidup bagi Anda, meskipun itu termasuk pengalaman yang jelek. Umumnya kita akan menertawakan tentang apa yang telah menimpa kita atau yang telah kita alami pada masa lalu. Bepergian ke negara lain mungkin bisa menghabiskan uang sama banyaknya dengan Anda membeli laptop terbaru, tapi hal tersebut sebenarnya menyelamatkan Anda dari barang mahal yang tidak benar-benar Anda butuhkan.

Baca Juga: Mau Hemat Keliling Dunia? Ini Caranya

Tukarkan semua barang mewah Anda dengan semalam memandangi indahnya langit dari puncak gunung Semeru, indahnya laut di Raja Ampat, atau serunya berjalan-jalan mengitari pulau Komodo.

3. Musik

Belajar Memainkan Alat Musik Adalah Aset via blogs.wfmt.com

 

Belajar memainkan instrumen musik adalah bekal yang sangat baik bagi keluarga Anda. Anda nantinya bisa menurunkan pengetahuan bermusik Anda pada anak Anda dan bisa membuat kenangan bersama. Juga, dengan belajar memainkan alat musik, Anda bisa menghasilkan karya-karya yang bisa sangat menguntungkan bagi Anda nantinya. Entah itu untuk bukti pencapaian pribadi Anda, atau entah nanti pada akhirnya musik Anda bernilai tinggi dan bisa dijual di pasaran.

4. Buku

Perkaya Wawasan dengan Membaca Buku via supportingeducation.org

 

Buku adalah sesuatu yang selalu memberikan kesan berbeda setiap kali Anda membalik halamannya. Merupakan sebuah pengalaman yang tiada duanya ketika Anda mengubah kata-kata yang telah penulis rangkai untuk Anda menjadi sebuah imajinasi di dalam pikiran Anda. Buku tidak perlu dinyalakan, ataupun diisi ulang, dan juga tidak akan terjadi error. Buku juga bisa diwariskan dari generasi ke generasi.

Pengalaman yang sangat berbeda akan Anda rasakan ketika Anda duduk dengan tenang, dengan buku di tangan Anda, tanpa adanya gangguan apapun. Buku adalah gerbang untuk menjelajah ke dunia yang lain pada setiap halamannya.

Baca Juga: 7 Cara Mengelola Uang Receh Agar Bermanfaat

5. Makanan

Belajar Memasak Juga Merupakan Petualangan thecandyfactory.biz

 

Mencicipi masakan baru yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya tidak jauh berbeda dengan jika Anda bepergian untuk melakukan sebuah petualangan. Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli tas yang sangat mahal harganya, Anda bisa menabung agar dapat merasakan makanan yang baru. Uang tersebut bisa juga Anda gunakan untuk belajar memasak makanan dari budaya lain. Sudah banyak sekolah memasak yang mendatangkan pengajar dari luar negeri. Sebagai contoh Anda bisa belajar dari koki Italia mengenai cara membuat makanan ringan yang sangat enak untuk disajikan pada keluarga dan teman-teman.

Bagus Tak Harus Baru

Poin-poin di atas menjelaskan bahwa beberapa hal yang Anda butuhkan tidak selamanya harus menguras kantong Anda. Akan sangat baik hasilnya apabila Anda bisa berhemat pada sektor-sektor yang telah disebutkan. Jangan terpacu untuk membeli semua barang dengan model yang terkini. Barang bekaspun bisa sangat bermanfaat bagi Anda dan bisa didapatkan dengan harga yang lebih ekonomis dengan fungsi yang sama. Jangan habiskan uang Anda pada barang-barang yang hanya Anda nikmati sesaat.

Di lain pihak, ada beberapa jenis biaya yang sebaiknya jangan dihemat, karena akan berguna bagi Anda di kehidupan ini. Jadi, timbang-timbang lagi kalau ingin menghemat biaya tersebut.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu dan Tidak Perlu Dihemat (Part 2)