5 Ide Bisnis yang Bisa Dikerjakan Sendirian

Berbisnis tak melulu harus punya karyawan dan selalu sulit dijalankan sendiri saja. Sejatinya, ada banyak ide bisnis yang bisa dikerjakan sendirian tanpa harus mengeluarkan biaya untuk menggaji karyawan.

Apalagi bila Anda baru mau merintis usaha. Bisa-bisa niat Anda untuk berbisnis memudar begitu saja dan mengurungkan niat hanya karena pusing membayangkan bahwa berbisnis haruslah punya karyawan.

Lupakan bisnis yang rumit dan keharusan mempekerjakan orang lain di dalamnya. Beberapa bisnis bahkan hanya membutuhkan tenaga Anda saja dan bisa dijalankan dengan sangat mudah.

Bisnis seperti ini akan sangat cocok untuk Anda para pemula, sekaligus menguntungkan. Lalu, jenis bisnis apa saja yang bisa dilakukan tanpa harus punya karyawan? Berikut bisnis yang bisa Anda jalankan sendirian.

1. Personal Trainer

Olahraga telah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang, terutama bagi pekerja yang sahari-harinya disibukkan dengan berbagai aktifitas dan rutinitas. Nah, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai ide bisnis karena menjanjikan.

Terlebih lagi bila Anda memiliki kemampuan di bidang olahraga, seperti fitness, aerobik, yoga, muay thai, dan lainnya. Maka ini akan mudah bagi Anda untuk menjadi seorang pengusaha dari keterampilan yang dimiliki.

Anda bisa membuka kelas-kelas kebugaran tersebut. Bahkan bisa dibilang Anda hanya membutuhkan modal dana cukup sedikit, karena modal terbesar adalah skill yang Anda miliki. Kalau masih terkendala modal, Anda bisa mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) secara online.