5 Kegiatan Menarik di Jakarta Buat Kamu yang Gak Mudik

HI

Kegiatan mudik memang sudah menjadi tradisi turun menurun yang dilakukan sebagian besar orang di Indonesia. Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri, mereka para perantau akan kembali ke kampung halamannya. Biasanya di hari-hari tersebut, daerah perkotaan seperti Jabodetabek akan sepi lantaran penghuninya sedang berada di luar kota.

Tapi, bagaimana jika kamu tidak memiliki rencana mudik kali ini? Pastinya membosankan sekali kan jika liburanmu hanya dihabiskan di dalam rumah? Apalagi jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak. Mereka tentu membutuhkan hiburan di luar rumah.

Kini kamu tak perlu khawatir. Sebab ada banyak sekali destinasi menarik, khususnya di Jakarta, yang bisa dijelajahi. Baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tanpa banyak berbasa-basi, langsung saja yuk kita simak bersama-sama!

Berkunjung ke taman makam pahlawan

Momen Lebaran identik dengan kegiatan ziarah, atau berkunjung ke makam orang-orang yang . Tapi, bagaimana jika makam anggota keluargamu berada di luar kota? Sebagai gantinya, kamu bisa mengenang jasa para pahlawan nasional dengan berkunjung ke makam mereka. Misalnya makam Fatmawati Soekarno, penjahit bendera Indonesia, atau Chairil Anwar dan Pramoedya Ananta Toer, sastrawan Indonesia, yang terletak di TPU Karet Bivak, Jakarta Selatan. 

Wisata keliling Jakarta dengan transportasi umum

Mungkin sebagian besar dari kamu menghabiskan waktu bekerja di Ibukota. Namun, apakah kamu sudah menjelajahi seluruh Jakarta menggunakan transportasi umum? Saat ini, transportasi umum di Jakarta sudah sangat memadai, mulai dari Transjakarta, KRL, hingga MRT sehingga kamu pun bisa semakin nyaman. Apalagi ketika musim mudik nanti, kemungkinan besar transportasi umum akan sepi. Kapan lagi kan naik kendaraan umum seperti naik kendaraan pribadi?

Staycation di hotel

Saat Lebaran, seringkali asisten rumah tangga yang bekerja denganmu juga akan pulang kampung. Pekerjaan rumah pun akhirnya harus dikerjakan olehmu. Untuk kamu yang merasa capek, tak ada salahnya istirahat sejenak dengan melakukan staycation di hotel sekitar daerahmu. Dengan begitu, kamu bisa “kabur” untuk sementara dari pekerjaan bersih-bersih rumah.

Menyebrang ke Pulau Seribu

Mau bermain dengan air laut tanpa pergi jauh dari Jabodetabek? Pulau Seribu bisa jadi jawaban tepat! Masih berlokasi di Jakarta, kamu hanya membutuhkan waktu 3 jam untuk menyebrang ke Pulau Seribu, lalu menikmati keindahan laut di sana. Pilih Pulau yang masih terkenal bersih seperti Pulau Macan untuk mendapatkan pengalaman maksimal. 

Jelajah tempat bersejarah di Kota Tua

Tempat-tempat bersejarah di Jakarta banyak yang tersebar di Kota Tua. Mulai dari Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Indonesia, Toko Merah, Cafe Batavia, hingga Pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak tak jauh dari sana. Kamu dan keluarga bisa menghabiskan waktu satu hari dengan berkeliling daerah Kota Tua. Sambil jalan-jalan, kamu sekaligus mengenang kembali sejarah Indonesia!

Itu dia 5 kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Jakarta di Hari Raya nanti. Bagi kamu yang gak mudik, mengisi hari libur dengan kegiatan di atas tentu bukan sekadar menghibur, namun juga bermanfaat.

Namun semenarik apapun kegiatan di Jakarta, lebih menarik lagi jika kamu bisa berkumpul bersama keluarga. Apabila kamu terpaksa untuk tidak mudik karena kondisi finansial yang tak mendukung, masih ada solusi lain kok! Manfaatkan saja layanan kartu kredit atau kredit online, yang bisa memberikan fasilitas cicilan seperti Kredivo. Dengan begitu kamu tetap bisa kembali ke kampung halaman tanpa terbebani biaya yang besar dalam satu waktu sekaligus.

Untuk kamu yang pergi mudik, selamat kembali ke kampung halaman. Untuk kamu yang tidak mudik, selamat menikmati jalanan sepi Jakarta yang terasa seperti milik sendiri!

 

Artikel ini merupakan kerja sama Kredivo dan Cermati.com