5 Keperluan yang Sangat Tepat Jika Gunakan Dana THR

Bagi Anda yang telah bekerja cukup lama, tentu telah memiliki banyak pengalaman terkait dengan Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterima setiap tahunnya. THR adalah komponen penghasilan tahunan yang akan Anda terima satu kali dalam setahun. Dana ini bersifat fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang tidak rutin di luar kebutuhan bulanan yang telah terpenuhi dengan gaji bulanan.

Namun, dalam praktiknya, alokasi dana THR ini justru kerap tidak tepat sehingga tidak memberikan manfaat yang maksimal bagi Anda. Kebanyakan orang akan menggunakan dana THR untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang bersifat konsumtif dan bukan yang produktif.

Artinya, THR sering kali hanya menumpang lewat dalam rekening lalu menguap entah ke mana. Sementara pada dasarnya, Anda bisa saja menggunakan dana ini untuk memenuhi berbagai hal penting dalam keuangan. Meskipun tidak semuanya, Anda bisa membagi dan mengelola dana THR untuk berbagai pos yang penting dalam keuangan.

Simak beberapa langkah di bawah ini yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan dana THR Anda dengan tepat dan maksimal.

Baca Juga: Cara Bijak Memanfaatkan Uang THR

1. Gunakan untuk Memenuhi Kebutuhan pada Momen Lebaran

Zakat Lebaran THR
Alangkah Baiknya Bayar Zakat Ketika Dapat THR

THR merupakan pendapatan tahunan yang Anda dapatkan saat menjelang hari raya. Artinya, dana ini hadir saat Anda memiliki banyak kebutuhan yang berkaitan dengan momen tersebut. Tidak ada salahnya menggunakan THR Anda untuk memenuhi semua kebutuhan Lebaran nanti.

Selama Anda menempatkan porsi yang tepat untuk semua kebutuhan tersebut. Hal ini juga akan membantu Anda untuk tetap bisa memenuhi semua kebutuhan rutin bulanan dengan baik. Sebab gaji bulanan Anda akan tetap utuh dan bisa digunakan untuk kepentingan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa biaya yang harus Anda persiapkan saat menjelang momen Lebaran.

  • Bayarkan Zakat Anda

Momen Lebaran akan menjadi waktu tepat di mana Anda membayar zakat Ramadhan. Dana ini bisa saja Anda alokasikan dari dana THR agar gaji bulanan Anda tetap utuh dan bisa memenuhi semua kebutuhan rutin. Alokasikan sejumlah dana dana THR Anda yang jumlahnya sesuai dengan zakat Anda.

  • Dana Persiapan Lebaran

Pada momen istimewa nanti, Anda dan keluarga tentu akan memiliki banyak kebutuhan tambahan, seperti sajian hari Lebaran, pakaian, bonus bagi ART (jika ada), dana mudik, dan yang lainnya. Semua kebutuhan ini bisa Anda penuhi dari THR. Tentu saja jumlahnya juga masuk akal.

Upayakanlah untuk hanya menggunakan maksimal 60% saja dari dana THR Anda untuk semua kebutuhan di atas. Dengan begitu, Anda masih memiliki sejumlah dana yang bisa dialokasikan untuk kepentingan lainnya.

2. Alokasikan sebagai Dana Pelunasan Utang

Dana Pelunasan Utang THR
Tak Ada Salahnya Lunasi Utang Setelah Dapat THR

Jika Anda memiliki utang/cicilan yang jumlahnya masih cukup besar dan menjadi beban dalam keuangan, segera alokasikan dana THR untuk membayarnya. Meski tidak bisa melunasinya sekaligus, dana ini setidaknya akan mengurangi jumlahnya dengan cukup banyak.

Mengingat ada 40% dari THR Anda yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan tersebut. Pelunasan utang bisa Anda jadikan salah satu prioritas dalam alokasi THR. Sebab tindakan ini akan berdampak besar dan positif dalam keuangan Anda, terutama jika utang Anda dikenakan sejumlah bunga.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

3. Alokasikan sebagai Dana Darurat

Dana Darurat THR
Ilustrasi Dana Darurat

Anda juga harus memiliki sejumlah dana darurat dalam keuangan. Dana ini sangat penting untuk dimiliki, terutama bagi Anda yang telah memiliki tanggungan (menikah).

Setidaknya, Anda harus memiliki dana darurat sebesar 6-12 kali kebutuhan rutin bulanan Anda. Jika Anda belum mengumpulkan dana ini, alokasikan sisa dana THR Anda untuk kebutuhan yang satu ini.

4. Investasikan

Investasi THR Lebaran
Ilustrasi Investasi

Dana THR juga bisa Anda alokasikan sebagai modal awal investasi. Setidaknya, sisakanlah 10-20% THR Anda untuk kebutuhan ini. Investasi akan memiliki peran yang sangat penting dalam keuangan Anda pada masa yang akan datang. Jadi, jangan pernah melupakan kegiatan ini dalam keuangan.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Memakai Uang THR

Atur dalam Porsi yang Tepat

Berapa pun jumlah THR Anda, sangat penting untuk mengelolanya dengan baik dan tepat. Hindari menggunakan seluruh dana THR Anda untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif.

Sebab ada banyak hal lainnya yang lebih bermanfaat dan bisa Anda lakukan dengan THR tersebut. Alokasikan THR Anda dalam porsi yang tepat sehingga ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari dana tersebut.

Baca Juga: 5 Pengeluaran yang Harus Anda Persiapkan Menjelang Lebaran