5 Keuntungan Memiliki Kartu Kredit Retail

Bagi para pedagang konvensional, memegang uang secara langsung dengan jumlah yang banyak mungkin bukan sesuatu yang aneh dan sulit lagi, apalagi biasanya pada saat awal bulan. Uang tunai itu biasanya digunakan untuk berbelanja barang dagangan, namun seiring dengan semakin berkembangnya zaman, tidak sedikit yang telah meninggalkan kebiasaan lama itu. Sekarang segala urusan transaksi bisnis bisa menjadi lebih gampang dan praktis dengan menggunakan media kartu kredit, karena pada dasarnya kartu kredit memiliki fungsi untuk menjadi pengganti pembayaran yang dilakukan secara tunai.

Mungkin beberapa nasabah yang telah menggunakan kartu kredit, tidak menyadari bahwa kartu kredit yang dimilikinya memiliki beberapa keunikan tersendiri. Tetapi keunikan kartu kredit tersebut tidak menjadi sebagai bahan pertimbangan dalam memiliki kartu kredit. Pemilik kartu kredit biasanya hanya mencari dan mempertimbangkan keuntungan yang bisa didapatkan jika memiliki kartu kredit. Apalagi perkembangan kartu kredit dan dunia bisnis sangat berhubungan erat, dan ini akan menjadi alat pembayaran baik semua transaksi untuk wilayah lokal maupun bisa digunakan ke seluruh dunia. Bahkan bisnis yang sedang Anda kembangkan dan jalani adalah bisnis yang operasionalnya lebih ke retail, maka pembayaran melalui kartu kredit dipastikan akan membawa keuntungan baik itu untuk perusahaan Anda atau pihak konsumen.

Bll Purchasing Card

Meskipun bagi sebagian orang Indonesia, kartu debit atau ATM lebih sering dipakai. Tapi tahukah Anda, ada kartu kredit yang di khususkan bagi pedagang yang membantu urusan belanja barang dagangan menjadi lebih mudah. Kartu kredit retail ini sengaja diterbitkan oleh pihak bank buat mereka umumnya yang mempunyai profesi sebagai pedagang atau pengusaha. Misalnya salah satu contohnya adalah  Bll Purchasing Card, biasanya para pedagang yang telah memiliki ini akan merasakan kemudahan dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran keuangannya.

Bll Purchasing Card adalah kartu kredit bagi mereka yang memiliki profesi antara lain sebagai pedagang, pemborong, toko retailer. Biasanya digunakan untuk membeli barang inventori atau jasa pengadaan yang di lakukan secara rutin, dan langsung di datangkan dari produsen atau distributor. Kartu kredit retailer seperti ini juga jelas lebih menguntungkan buat mereka jika di bandingkan dengan kartu kredit yang biasa, apabila dilihat dari cara kerja yang diberikan.

Kelebihan dari Kartu Kredit Retail

Kartu kredit retail adalah kartu yang khusus di terbitkan untuk menangani urusan retail. Jadi dalam cara kerja kartu kredit retail itu ada 3 pihak yang terlibat yaitu :

  1. Bank
  2. Distributor
  3. Retailer

Distributor dan retailer harus mengajukan aplikasi kartu kredit ke bank terkait untuk memperoleh manfaat dari kartu ini. Misalnya dalam Bll Purchasing Card, syarat untuk distributor antara lain: bergerak di bidang jasa dan perdagangan, telah berdiri minimal 5 tahun, mempunyai minimal 100 retailer yang berbentuk badan usaha sedangkan syarat untuk retailer: usaha bertujuan untuk mencari untung bukan lembaga sosial dan mematuhi hukum, berbentuk badan usaha, mendapat rekomendasi dari distributor minimal selama satu bulan.

Tidak hanya itu banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari kartu kredit retail antara lain: 

1. Transaksi dengan Kartu Kredit Retail Lebih Nyaman

Transaksi Dengan Aman

Transaksi Dengan Kartu Kredit via businessfirstmagazine.com.au

 

Secara proses pembayaran transaksi menggunakan kartu kredit retail tentu akan lebih mudah. Hal ini dikarenakan, jika Anda transaksi tunai dalam jumlah banyak dan Anda membutuhkan kembalian uang baik itu logam maupun uang kertas tentu akan merepotkan jika dalam jumlah besar. Lain halnya dengan transaksi melalui kartu kredit, tentu akan mempermudah Anda menyelesaikan semua transaksi dengan cepat dan akan membuat para konsumen menjadi lebih nyaman.  

Baca Juga : 5 Transaksi Menguntungkan Hanya dengan Menggunakan Kartu Kredit                                                                                       

2. Terhindar dari Transaksi dengan Uang Palsu

Alat Untuk Membedakan Uang Palsu

Alat Untuk Mengecek Uang Palsu via oomph.co.id

 

Dengan banyak transaksi petugas kasir pada perusahaan retail akan kesulitan dan lupa untuk mengantisipasi uang pulsa yang diberikan oleh para konsumen. Meskipun ada alat untuk mengecek uang palsu yang selalu tersedia di meja kasir untuk meminimalisasikan kejadian tersebut. Akan tetapi dengan kartu kredit, ini akan lebih aman karena petugas kasir tidak perlu repot untuk mengecek uang satu persatu. Cukup dengan mencetak transaksi dan konsumen di minta untuk memberikan tanda tangan pada kertas transaksi tersebut.

3. Dapat Memperluas Jaringan Pemasaran

Belanja Online

Belanja Online Dengan Kartu Kredit via sociable.co

 

Sudah umum bahwa kartu kredit sebuah alat yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai dan sebagai alat pembayaran untuk semua jenis transaksi. Tidak hanya di negara Indonesia saja pengguna kartu kredit memakai alat ini untuk transaksi, tetapi juga di seluruh dunia telah menggunakannya yang bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan. Maka secara otomatis dengan menerima pembayaran melalui kartu kredit, semua orang dapat melakukan transaksi di mana pun juga kapan pun dengan mudah dan cepat, bahkan sampai bisa melakukan transaksi antar negara. Jika perusahaan tersebut memiliki sebuah website yang dapat dengan mudah diakses, para konsumen hanya tinggal mengklik beli dan langsung melakukan pembelian saat itu juga.

4. Sangat Efisien dan Efektif

Transaksi Efesien Dengan Mesin EDC

Transaksi Lebih Efisien Dengan Mesin EDC via tabletalktech.com

 

Penerimaan pembayaran dengan kartu kredit sangat efisien dan efektif, karena itu banyak dari pengusaha yang menginginkan segala kemudahan tersebut dapat diberlakukan di perusahaan mereka. Jika dilihat dari bentuknya, kartu kredit sangat kecil, mudah untuk di bawa ke manapun, dan yang paling penting tidak mudah rusak. Hal inilah yang membuat kartu kredit menjadi alat pembayaran yang sangat simpel. Mesin gesek kartu kredit atau mesin EDC yang digunakan pun kecil sehingga tidak memerlukan tempat tertentu untuk menaruh mesin EDC atau mesin kartu kredit tersebut.

5. Kartu Kredit Terlihat Lebih Mewah

Kartu Kredit

Terlihat Lebih Mewah via abcnews.go.com

 

Dengan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, ini akan terkesan lebih mewah karena tidak sembarangan orang dapat memiliki kartu kredit. Namun untuk bekerja sama dengan vendor penyedia kartu kredit atau bank yang memberikan layanan kartu kredit, maka pendapatan toko atau perusahaan tersebut haruslah tinggi dan stabil. Mengapa demikian? dengan omset pendapatan yang besar, maka asumsi dari pihak bank yang ingin melakukan kerja sama bahwa perusahaan atau toko tersebut memiliki konsumen yang banyak sehingga dapat menjadikan perputaran uang untuk waktu sekarang dan ke depannya.

Baca Juga : Mesin EDC, Ini Cara Kerja dan Tips Penggunaannya!

Berhati-hatilah Saat Menggunakan

Diharapkan untuk ke depannya dengan adanya informasi ini, bagi Anda yang memiliki profesi sebagai seorang pedagang bisa memanfaatkan kartu kredit retail dengan baik. Kalau Anda memiliki usaha dagang yang omsetnya tinggi dan belum punya kartu kredit retail, cobalah ajukan. Juga perlu Anda ingat, ketika telah memiliki kartu kredit, Anda harus lebih berhati-hati dalam penggunaannya, sebab pada dasarnya kartu kredit menyimpan risiko yang sangat besar jika salah digunakan.

Baca Juga : Jenis Kartu Kredit yang Paling Tepat untuk Hidup Anda