5 Keuntungan yang akan Didapat Saat Meniti Karir di Perusahaan Kecil

Meniti karier di sebuah perusahaan yang besar sering menjadi impian banyak orang, terutama di perusahaan-perusahaan ternama yang sudah menyediakan ragam fasilitas mumpuni bagi karyawannya. Gaji yang tinggi, ruang kantor yang nyaman, dan berbagai hal lainnya yang identik dengan kesan kantoran tentu menjadi pertimbangan. Perusahaan besar yang seperti ini biasanya akan menjadi pilihan utama bagi pencari kerja, meskipun peluang untuk bisa diterima bekerja di sana tidaklah selalu mudah. 

Di lain sisi, perusahaan kecil juga tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai tempat meniti karier, bahkan untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Pengalaman kerja pertama tidaklah harus selalu didapatkan dari sebuah perusahaan yang besar saja, kamu juga bisa mendapatkan banyak ilmu ketika bergabung dengan sebuah perusahaan kecil. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri, apalagi jika ternyata kamu termasuk orang yang ingin mempelajari banyak hal terkait dengan pekerjaan yang ditangani. 

Jadi jika saat ini kamu sedang mencari pekerjaan, coba bergabung dengan perusahaan kecil terlebih dahulu, sebab akan ada juga keuntungan yang didapat seperti berikut ini yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber, di antaranya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kesempatan Belajar yang Luas

Perusahaan kecil pada umumnya hanya mempekerjakan karyawan dalam jumlah yang terbatas. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri, sebab seorang karyawan bisa saja harus menangani beberapa pekerjaan sekaligus. Di lain sisi, kamu akan memiliki kesempatan yang luas untuk mempelajari banyak hal, bahkan di luar keahlian yang dimiliki selama ini. Hal ini akan membuat pengetahuan dan keahlian bertambah, sehingga kamu memiliki bekal untuk kesuksesan kariermu di masa yang akan datang. 

Kondisi seperti ini tidak akan ditemukan ketika berkarier di perusahaan besar, sebab perusahaan besar memiliki lingkup kerja yang luas dan jumlah karyawan yang banyak. Masing-masing orang akan memegang satu tugas tertentu saja dan fokus pada tugas tersebut sepanjang waktu. Sistem yang luas dan tenaga kerja yang cukup banyak, akan membuat kamu sulit untuk mempelajari banyak keahlian di dalam perusahaan yang besar.

Baca Juga: Kuasai 5 Skill ini Jika Ingin Karir Menanjak

2. Lingkungan Kerja yang Hangat dan Nyaman

rekan kerja
Lingkungan kerja yang hangat dan nyaman

Ini bukan terkait dengan berbagai fasilitas mewah dan canggih yang akan didapatkan ketika bekerja, namun tentang kondisi lingkungan serta orang-orang yang akan ditemui di dalam perusahaan. Perusahaan  kecil yang hanya memiliki karyawan dalam jumlah sedikit tentu akan memiliki lingkungan kerja yang hangat, di mana peluang antara satu karyawan dengan yang lainnya untuk saling mengenal terbilang cukup besar. 

Hal ini akan memberi kenyamanan tersendiri selama bekerja. Kamu bisa berinteraksi dengan lebih banyak orang dan mendapatkan lingkungan kerja yang lebih terasa kekeluargaannya saat berkarier di dalam perusahaan kecil. Rasa nyaman seperti ini akan memberikan dampak positif pada produktivitas kerja

3. Lebih Mandiri

Perusahaan kecil tidak akan memiliki banyak staf untuk mendidik atau bahkan memberikan berbagai pelatihan terkait dengan pekerjaan yang akan kamu tangani. Kondisi seperti ini akan menjadi tantangan tersendiri, sebab seringkali kamu akan dituntut untuk bisa mempelajari dan mengerjakan berbagai hal dengan sendirinya.

Kamu akan belajar dan berupaya keras dalam menyelesaikan berbagai tugasmu dengan baik, dan semua ini tidak akan selalu mudah untuk dilakukan. Namun jika jeli dan mau belajar, maka ini akan menjadi keuntungan tersendiri untukmu, sebab akan terbiasa mandiri dalam menyelesaikan berbagai tugasmu tanpa bantuan orang lain. 

Baca Juga: Tingkatkan 5 Kemampuan Ini untuk Mendukung Kesuksesan Karir

4. Jenjang Karier yang Cepat

karir
Jenjang karier yang cepat

Struktur organisasi di dalam perusahaan besar tentu akan cukup rumit dan memiliki jenjang karier panjang yang kerap sulit untuk dikejar hingga ke level yang tinggi. Namun dalam perusahaan yang kecil, struktur organisasi ini tentu masih sangat terbatas dan mungkin saja hanya beberapa tingkat (level) saja. 

Kamu akan menemukan peluang mengembangkan karier yang lebih mudah di dalam perusahaan kecil, mengingat jenjang kariernya memang terbilang pendek dan terbatas saja. Selain itu, jumlah karyawan yang sedikit akan memungkinkan kamu lebih mudah dilihat dan dipromosikan untuk mengisi jabatan yang lebih tinggi. 

5. Peluang Berinovasi Lebih besar

Perusahaan kecil akan lebih terbuka terhadap berbagai masukan dan inovasi dari para karyawannya. Kamu memiliki kesempatan yang luas untuk mengemukakan berbagai ide dan juga terlibat secara langsung dalam berbagai proyek yang penting, mengingat jumlah karyawannya memang terbatas. Hal ini akan membuat kamu lebih leluasa dan bisa berinovasi di dalam berbagai proyek tersebut.

Manfaatkan Peluang dengan Maksimal

Meniti karier di perusahaan kecil memang banyak keuntungan yang didapat. Namun hal itu juga akan sia-sia jika kamu tidak memanfaatkan peluang karier tersebut dengan maksimal. Meski perusahaan kecil, kamu perlu tingkatkan pengetahuan secara terus menerus yang nantinya bisa menopang kariermu semakin maju. Ini juga bisa menjadi bekal buat kamu, jika kamu ingin meniti karier ke perusahaan yang lebih besar dengan tantangan yang besar juga.

Baca Juga: Tingkatkan Karir dengan Cara Sederhana Ini