5 Kota Pusat Pencarian Kuliner yang Lezat di 5 Kota Besar Indonesia

Ketika berwisata, tentunya selain alam atau pemandangan, Anda pun pastinya mencari keunikan kuliner yang ditawarkan. Wisata kuliner sudah merupakan bagian dari budaya suatu daerah. Jika Anda adalah pencinta kuliner, dan bingung ingin mengunjungi daerah mana, ada 5 pilihan kota yang dapat Anda jadikan destinasi kuliner yang lezat.

Baca Juga : 10 Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Sukses

1. Bandung

bandung

Bandung via wikimedia.org

 

Bandung merupakan kota dengan julukan kota kembang karena wisata alamnya yang indah. Selain tempat wisata alam, Bandung ternyata juga menyembunyikan kuliner lezat yang dapat Anda coba dengan harga yang bersahabat, beberapa di antaranya adalah:

  • Sapu Lidi

Sapu lidi merupakan tempat makan yang unik karena restoran ini menawarkan Anda pengalaman untuk menyantap makanan di tempat makan berupa saung yang mana sekelilingnya merupakan sawah. Selain makanan Sunda, Sapu Lidi juga menawarkan makanan Western.

  • Rumah Sosis

Konsep “eat, swim, play” yang ditawarkan oleh Rumah Sosis menjadikan restoran tersebut sebagai tujuan para wisatawan keluarga. Terdapat banyak varian sosis yang ditawarkan seperti sosis yang terbuat dari daging ayam, sapi, ikan. Jika Anda bosan, Anda juga dapat menikmati pilihan makanan khas nusantara lainnya.

2. Jakarta

jakarta

Jakarta via jktgo.com

 

Sebagai ibukota Indonesia, tentunya Anda dapat merasakan keragaman kuliner serta kelezatan kuliner mancanegara. Beberapa tempat kuliner yang layak Anda coba adalah:

  • Jalan Pecenongan

Jalanan ini merupakan surga kuliner karena pada malam hari, seluruh jalanan ini akan diramaikan oleh tenda-tenda kecil dengan harga makanan yang murah sampai mahal dan varian makanan yang beragam.

  • Bandar Djakarta

Bandar Djakarta adalah salah satu restoran penyedia hidangan laut yang sangat terkenal di Jakarta. Selain cabangnya yang dimana-mana, pengunjung juga dapat memilih secara langsung hidangan laut yang mereka inginkan. Bonusnya, jika pengunjung sedang berulang tahun, Bandar Djakarta menyediakan fasilitas perayaan gratis.

  • Kemang Food Festival

Kemang Food Festival memiliki konsep food court yang mana terdapat pilihan makanan dari setiap negara. Tempat ini mulai beroperasi pada pukul 5 sore dan pada akhir pekan, akan ada penampilan live music.

3. Jogjakarta

jogjakarta

Jogjakarta via javaexplorers.com

 

Siapa yang tidak tahu kelezatan gudeg? Tetapi apakah Anda tahu bahwa gudeg merupakan makanan yang berasal dari kota Jogjakarta? Selain gudeg, tentunya ada makanan lainnya yang dapat Anda nikmati di Jogjakarta, yaitu:

  • Kalimilk Jogjakarta

Seperti namanya, kafe Kalimilk Jogjakarta menyediakan minuman andalan berupa susu, tetapi uniknya, susu yang ditawarkan oleh Kalimilk tersedia dalam berbagai macam rasa, seperti durian, coklat, stroberi, dan pisang.

  • Nasi Goreng Beringharjo

Tidak ada satu pun warga Jogjakarta yang tidak mengetahui kelezatan nasi goreng Beringharjo ini. Kedai nasi goreng ini merupakan salah satu kedai makanan tertua yang ada di Jogjakarta. Jika sedang mengunjungi kota ini, jangan ragu untuk mampir dan mencoba kelezatan nasi goreng ini.

Baca Juga : Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan

  • Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong berbeda dari warung sate lainnya di Jogjakarta karena rasa bumbu satenya yang unik. Sudah tidak asing lagi jika Sate Klathak Pak Pong dijadikan destinasi para pencinta sate.

4. Semarang

semarang

Semarang via seputarsemarang.com

 

Kota Semarang merupakan kota metropolitan terbesar ke-5 di Indonesia dan terletak di Pulau Jawa. Semarang dikenal dengan sebutan “Kota Lumpia” karena lumpianya yang unik yang merupakan hasil dari 2 budaya, Jawa dan China. Beberapa pusat kuliner yang dapat Anda kunjungi di Semarang adalah:

  • Mangut Welut Warung Bu Nasima

Warung nasi menyediakan sajian khas ikan manyung atau belut yang dibumbui dengan sangat pedas tetapi lezat. Karena kelezatannya, warung ini pun pernah diliput oleh salah satu stasiun TV dan dijadikan rekomendasi pakar kuliner.

  • Toko Oen

Tempat makan di Semarang ini terkenal dengan menu es krim buatan sendiri dan telah berdiri sejak tahun 1936. Bahkan menu-menu yang ditawarkan ditulis dalam bahasa Belanda. Harga yang dibanderol oleh Toko Oen juga sangat bersahabat.

5. Surabaya

surabaya

Surabaya via kyriad.com

 

Surabaya dijuluki sebagai “Kota Pahlawan” karena perjuangan para pemuda Surabaya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Selain sejarahnya yang kental, Surabaya juga menawarkan wisata kuliner yang tidak kalah hebatnya, beberapa di antaranya:

  • Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Rujak cingur bukanlah sembarang rujak. Rujak ini menawarkan rujak yang dicampur dengan cingur atau hidung sapi. Selain hidung sapi yang dimasak dengan empuk, bumbu dari rujak ini juga sangat spesial. Jangan sampai Anda melewatkannya.

  • Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Didirikan sejak tahun 1956, Lontong Balap Garuda Pak Gendut merupakan salah satu destinasi wisata kuliner malam hari oleh para warga Surabaya dan juga wisatawan. Lontong ini disajikan dengan sayuran tauge dan bumbu petis dan dilengkapi dengan bawang goreng.

Indonesia Pusat Kuliner

Selain keragaman bahasa, budaya dan alam, Indonesia juga merupakan salah satu pusat kuliner yang sangat beragam. Tidak hanya di pulau Jawa, keragaman tersebut juga dapat Anda lihat di berbagai pulau besar lainnya. Jangan lupa untuk selalu mencoba kuliner khas masing-masing daerah yang Anda kunjungi.

Baca Juga : 10 Ide Bisnis Makanan Ringan untuk Pemula