5 Manfaat KTA yang Membuatnya Banyak Digunakan Orang

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Dengan begitu, tidak adanya jaminan yang harus diberikan Anda untuk menjamin pinjaman tersebut. Dalam hal ini bank hanya mengambil keputusan pemberian kredit berdasarkan pada riwayat kredit dari pemohon kredit secara pribadi. Dalam pengunaannya, ada beberapa manfaat yang sering dimanfaatkan dari KTA. Salah satunya adalah untuk kebutuhan konsumsi. Itu pun masih bersifat luas dan bermacam-macam. Dalam hal ini, kemampuan dari nasabah untuk melaksanakan kewajiban pembayaran kembali atau melunasi pinjaman adalah pengganti jaminan.

Apa Saja Manfaat Dari Kredit Tanpa Agunan?

Ada beberapa manfaat atau kegunaan dari Kredit Tanpa Agunan. Tinggal Anda sendiri menentukan mau diapakan dana tersebut jika nanti mengajukannya kepada bank.

1. Kurang Modal Usaha, KTA Bisa Jadi Solusi

KTA Bisa Jadi Modal Usaha

KTA Bisa Jadi Modal Usaha

 

Karena tidak membutuhkan aset untuk dijadikan jaminan. Tidak sedikit pengusaha yang berusaha memanfaatkan pinjaman ini sebagai tambahan modal usaha. Tentunya ini sangat cocok bagi Anda yang baru merintis usaha. Namun, pastikan bahwa hasil usaha yang mungkin didapat sebanding untuk melunasi cicilan KTA dan bunga setiap bulan.

Karena itu, pastikan kedisiplinan Anda tidak kendur dalam hal ini. Karena bila disiplin dalam melunasi hutahg, Anda tidak perlu terjerat utang dan dikejar-kejar debt collector, bukan?

2. Membeli Perabotan Rumah Tangga yang Masih Kurang

Membeli Perabotan Rumah

Membeli Perabotan Rumah

 

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis, sebenarnya Kredit Tanpa Agunan juga dapat dijadikan alternatif sumber pembiayaan untuk pembelian alat rumah tangga. Tidak hanya itu, bila Anda mau, dananya juga bisa dipakai untuk membeli gadget terkini yang harganya mahal.

 

Meskipun begitu, kami tidak menyarankan Anda untuk memakai KTA dengan tujuan ini. Karena, tidak sebanding rasanya kalau sampai berutang hanya untuk membeli keperluan pribadi yang sebenarnya bisa dinanti-nantinkan. Kalau masih tetap bersikeras, coba pikirkan juga berapa bunga yang perlu dibayar dan kemampuan untuk membayar.

3. Karena Pencairannya Cepat, KTA Bisa Dijadikan Dana Darurat

Bisa Jadi Dana Darurat

Bisa Jadi Dana Darurat

 

Bayangkan kalau suatu waktu anggota keluarga Anda ada yang harus dirawat di Rumah Sakit. Atau, rumah Anda rusak diterjang badai sehingga perlu segera diperbaiki agar bisa kembali dijadikan tempat berteduh. Disinilah KTA mengambil peran lebih, karena dia memiliki keunggulan proses pencairan yang cepat.

Seperti yang pernah disebutkan sebelumnya, proses pencairan dana KTA biasanya berlangsung tidak sampai seminggu. Berbeda dengan Kredit Multiguna yang proses pencairannya biasanya memakan waktu sampai 2 minggu. Karena bank membutuhkan waktu untuk menilai aset yang mau diagunankan.

Baca Juga: Sedang Cari Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Perhatikan Plus Minusnya

4. Mau Liburan Tapi Tidak Punya Uang? Ambil KTA Saja

Bisa Untuk Biaya Liburan

Bisa Untuk Biaya Liburan

 

Anda ingin berwisata ke negara tertentu? Boleh saja, asal ada uangnya. Karena liburan ke luar negeri biasanya selalu memakan pengeluaran yang tidak sedikit. Lagi-lagi, disinilah KTA memiliki peran lebih untuk itu. Namun, kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan Kredit Tanpa Agunan sebagai solusi pendanaan kegiatan liburan Anda.

Kenapa? Alasannya sama, apakah sebanding utang Anda dibayar dengan liburan yang hanya beberapa hari itu? Rasanya tidak. Tapi, kalau masih memaksa juga, cobalah untuk disiplin membayar tagihan bulanannya. Pastikan rencana Anda untuk membayar tagihan ini sudah dirancang sebelumnya. Kedisiplinan melunasi tagihan tentu akan memberi manfaat pada Anda sendiri.

5. Biaya Nikah Semakin Mahal, Tambah Modal Saja Dengan KTA

Untuk Biaya Nikah

Untuk Biaya Nikah

 

Berapa biaya nikah masyarakat Indonesia saat ini? Rasanya sudah lumrah kalau kita menyebut angka Rp50-100 juta per acara. Besar ya?! Memang, makanya tidak sedikit masyarakat kita gagal menikah karena satu hal, kurangnya dana. Bagi sebagian besar masyarakat kota, terutama keluarga besar, pernikahan adalah suatu hal yang sakral. Satu tidak diundang, yang lain komplain. Dengan begitu, biaya nikah jadi membesar.

Jika Anda berniat memanfaatkan KTA sebagai biaya pesta pernikahan, silahkan saja. Tapi pastikan cicilannya sebagai anggaran prioritas utama ketika sudah berumah tangga.

Baca juga: Mengenal KTA, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?

KTA Sangat Membantu Kalau Digunakan Dengan Tepat

Kalau dilihat dari manfaat yang sudah disebutkan di atas, KTA sebenarnya dapat memenuhi tujuan keuangan apa saja di berbagai situasi dan kondisi sesuai kebutuhan Anda. Walaupun demikian, kami tidak menyarankan Anda mengambil KTA jika kebutuhan yang harus Anda biayai tersebut masih bisa dicukupi dengan dana Anda saat ini, seperti yang ada di nomor 2, 4, dan 5.

Meskipun begitu KTA memang memberi Anda keleluasaan dalam mengelola keuangan. Namun, tetap tidak bisa digunakan sembarangan. Karena ada kondisi, persyaratan, dan sanksi yang menyertainya bila melanggar perjanjian dengan bank. Karena itu, agar KTA yang Anda pinjam sesuai dengan fungsi yang diinginkan, gunakan dia sesuai kebutuhan yang sudah direncanakan. Jadi, pertimbangkan sematang mungkin ya sebelum mengajukannya.

Baca juga: 5 Manfaat KTA yang Membuatnya Banyak Digunakan Orang

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik!