5 Poin Kunci di Balik Suksesnya Bisnis Katering Putra Jokowi

Menjadi putra orang nomor satu di negeri ini tidak lantas membuat Gibran Rakabuming Raka menerima berbagai kemudahan dan juga fasilitas dari kedua orang tuanya. Mewarisi darah bisnis dari keluarganya, Gibran memulai bisnis kateringnya sejak masih berusia sangat muda, yaitu pada tahun 2010. Hal ini tentu tidak dilakukan dengan penuh kemudahan, mengingat keluarga mengharapkannya berada pada jalur bisnis furnitur yang telah dirintis sejak lama oleh orang tuanya. Namun, berkat kegigihannya untuk tetap menjalankan bisnis katering, ayah satu orang putra ini bisa meyakinkan kedua orang tuanya dan menetapkan langkahnya untuk menekuni bisnis tersebut hingga sekarang.

Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang tata boga, Gibran tetap optimis akan berpeluang untuk meraih kesuksesan di bidang katering. Perlahan, tetapi pasti, ia memulai bisnisnya dengan menerapkan berbagai cara dan kebijakan yang dianggapnya ampuh untuk mendongkrak kiprahnya di dunia bisnis. Hal ini membuahkan hasil. Sebab dalam waktu yang terbilang cukup singkat, Gibran dapat meraih kesuksesan di bisnis yang dirintisnya secara mandiri. Kemampuannya dalam melihat peluang pasar patut diacungi jempol. Di balik kesuksesannya tersebut, ada beberapa poin yang menjadi kunci berlangsungnya bisnis secara progresif. Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa diterapkan agar berhasil seperti Gibran dalam bisnis katering.

Baca Juga: Kebiasaan Bangun Pagi Bikin Sukses

1. Lakukan Riset dan Selalu Berinovasi

Riset Bisnis

Riset Bisnis adalah Salah Satu Kunci Mengembangkan Bisnis via weinbergpartners.com

 

Apa pun bisnis yang ditekuni, belajar dan belajar adalah hal yang wajib untuk selalu dilakukan agar bisnis berjalan seperti yang diharapkan. Hal ini jugalah yang selalu dijalankan Gibran. Ia tidak pernah bosan untuk selalu melakukan riset pasar dan melihat peluang yang ada di sana untuk bisnis yang sedang dijalankannya. Tentu bukan hal yang mudah untuk mengenal dan mengetahui dengan baik keinginan para konsumen. Riset harus dilakukan secara berkala, termasuk melihat tren kuliner yang sedang diminati banyak orang.

Setelah riset yang akurat, inovasi adalah langkah selanjutnya yang wajib untuk dijalankan. Berbagai temuan di dalam riset bisa dipelajari untuk memenuhi permintaan pasar yang ada. Salah satunya dengan melakukan inovasi pada makanan yang akan disajikan di dalam katering tersebut. Berbagai inovasi dilakukan terhadap rasa dan tampilan makanan. Selama itu tidak membuatnya menjadi tampak aneh dan asing di mata banyak orang. Inovasi ini tentunya harus dilakukan dengan tetap memegang cita rasa awal dan tidak menghilangkannya secara keseluruhan.

Hal inilah yang dilakukan Gibran di dalam bisnisnya. Berbagai konsep awal yang khas tidak dihilangkan olehnya, termasuk tradisi “piring terbang” yang begitu melekat dengan masyarakat Solo dan sekitarnya.

2. Lakukan Promosi yang Tepat kepada Masyarakat

Bisnis tentu harus didukung langkah promosi yang tepat sehingga bisnis tersebut bisa berkembang dengan baik dan pesat. Hal ini yang dilakukan Gibran pada bisnis katering yang dijalankannya, terutama pada masa-masa awal kariernya sebagai pebisnis. Gibran tidak sungkan untuk melakukan promosi sendiri. Ia begitu rajin untuk membuat selebaran dan membagi-bagikannya kepada khalayak ramai secara langsung.

Memang terbilang kurang modern, tetapi langkah promosi yang dilakukannya terbukti sangat efektif untuk pasar di wilayah Solo. Hal ini bisa dilihat dari tingginya jumlah order dari waktu ke waktu yang tentu saja berbanding lurus dengan jumlah keuntungan yang didapatkannya. Strategi promosi ini dijalankan Gibran dengan jadwal yang tetap dan teratur sehingga dampaknya bisa dirasakan secara signifikan.

Langkah promosi tentu akan sangat berbeda-beda, tergantung jenis produk dan tempat promosi yang akan dipilih nantinya. Hal ini patut menjadi perhatian bagi yang menjalankan bisnis. Sebab tidak semua metode promosi tertentu akan sesuai dan cocok dengan bisnis yang dijalankan. Namun, seorang pebisnis memang wajib memiliki kemampuan untuk melihat dan memilih metode promosi yang tepat, terutama menyesuaikannya dengan lokasi promosi dan target (calon konsumen) yang akan dicapainya di dalam bisnis tersebut.

3. Libatkan Lingkungan Sekitar Lokasi Bisnis

Lingkungan Bisnis

Lingkungan Sekitar Punya Nilai Potensial untuk Bisnis via shareyouressays.com

 

Melibatkan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya untuk bisa bersama-sama menjalankan bisnis katering miliknya adalah langkah yang dilakukan Gibran untuk memberdayakan mereka. Hal ini cukup membantu berkembangnya usaha tersebut. Di sisi lain, ini juga membantu masyarakat di sekitarnya yang membutuhkan pekerjaan dan penghasilan. Kedua pihak mendapatkan keuntungan masing-masing. Gibran tidak kesulitan menemukan tenaga kerja, sedangkan masyarakat di sana merasa terbantu dengan adanya lapangan pekerjaan bagi mereka.

Hal seperti ini sangat positif dan bisa dijadikan sebagai anutan di dalam menjalankan bisnis agar orang-orang di sekitar juga turut berperan dan merasakan bagaimana berlangsungnya bisnis. Gibran begitu tenang dalam menjalankan bisnisnya. Ia selalu terbuka pada berbagai peluang dan kesempatan yang ada. Bahkan, ia tidak merasa risih meskipun harus mengajukan sejumlah pinjaman bank untuk menjalankan bisnis kateringnya tersebut. Gibran ingin masyarakat di sekitarnya turut merasakan denyut nadi bisnis yang dijalankannya. Karena itu, ia melibatkan mereka dalam bisnis tersebut.

4. Terjun Langsung ke Lapangan

Pada saat sejumlah pemimpin perusahaan lebih memilih duduk manis dan menerima laporan di atas meja kerjanya, Gibran justru begitu gemar untuk selalu menghabiskan waktunya dengan cara turun langsung ke lapangan dan mengurus bisnisnya dari dekat. Gibran tidak akan sungkan-sungkan untuk mendatangi pasar serta melihat langsung kualitas dan harga bahan-bahan di sana. Hal ini membuatnya begitu paham, apa saja langkah dan cara yang bisa diterapkan untuk membuat bisnisnya tetap berjalan dan berkembang.

Berbagai urusan di dalam bisnisnya dijalankannya sendiri. Mulai dari belanja hingga perekrutan karyawan. Dengan begitu, ia bisa menghitung dan memperkirakan berapa biaya dan keuntungan yang bisa diraihnya dari bisnis katering yang dijalankannya. Gibran tidak ingin menjalankan bisnisnya dari belakang meja. Ia ingin terlibat secara langsung dan mengurus berbagai hal di dalam bisnis tersebut dengan baik. Ini menjadi sebuah nilai kepemimpinan yang tidak dimiliki semua orang. Sebab kebanyakan dari kita hanya akan melakukannya dari belakang meja saja.

5. Ketepatan Waktu dan Penyajian

Cara Mengatur Waktu Orang Sukses

Atur Sebaik Mungkin agar Segalanya Tepat Waktu via iritech.com

 

Dalam bisnis katering yang dijalankannya, Gibran selalu berupaya keras untuk mengatur waktu sebaik mungkin. Hal ini membuatnya selalu menjalankan segala sesuatunya dengan tepat waktu sehingga pekerjaan berjalan dengan baik dan lancar. Katering menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah acara. Itulah mengapa dibutuhkan disiplin yang cukup tinggi untuk menekuni bisnis ini. Sebab makanan menjadi poin penting dalam acara apa pun. Karena itu, melakukan yang terbaik untuk bidang ini adalah hal yang wajib dilakukan.

Keterlambatan penyajian makanan dalam acara bisa saja menjadi cela/“cacat” bagi acara tersebut. Hal ini tentu akan menjadi kesan buruk yang akan diingat banyak orang dan menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pemilik acara yang bersangkutan. Bukan hanya sesaat saja, melainkan ini bisa menjadi kenangan buruk untuk selamanya. Gibran sangat mengerti hal ini sehingga ia merasa perlu untuk selalu berkoordinasi dengan seksi acara dan yang lainnya di dalam setiap proyek yang ditanganinya. Ini membuatnya tetap bisa menjalankan bisnisnya dengan profesional dan tidak mengecewakan para pelanggan.

Baca Juga: 5 Cara Sukses Menjadi Mompreneur

Selalu Pilih yang Sesuai dengan Minat

Dalam menjalankan bisnis, sering kali kita akan dihadapkan pada berbagai pilihan bisnis yang ada. Belajar dari cara Gibran berbisnis, sangat penting bagi kita untuk memilih dan menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat dan yang tentunya diyakini sejak awal. Terapkan berbagai kebijakan dan aturan dalam bisnis yang kita jalankan sehingga bisnis tersebut bisa berjalan dan berkembang sesuai dengan harapan. Tidak ada salahnya mencoba bidang yang baru. Selama itu dijalani dengan keyakinan dan kemampuan yang mumpuni. Niscaya, harapan menjadi pengusaha sukses akan terwujud.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Adalah Pengusaha Sukses