5 Sosok Wanita Inspiratif di Balik Kesuksesan Perusahaan Teknologi Dunia

inspiratif

Jika pada umumnya wanita inspiratif identik dengan dunia kecantikan atau bahkan fashion, lain halnya dengan beberapa sosok wanita yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Seperti yang kamu ketahui, industri teknologi seringkali dikaitkan dengan sosok pria. Namun untuk saat ini, wanita pun juga banyak yang bergelut di bidang teknologi, baik itu menjadi engineer, designer, bahkan developer sekali pun.

Hal ini terbukti dengan beberapa sosok wanita yang berkontribusi dalam proses pembangunan serta pengembangan perusahaan teknologi yang bahkan banyak digunakan oleh jutaan masyarakat di dunia. Siapa sajakah sosok-sosok wanita yang mampu menginspirasi tersebut?

1. Anjali Joshi

Joshi telah bekerja lebih dari sepuluh tahun di Google. Tak heran kalau kini ia pun menjabat sebagai salah satu Vice President of Product. Beberapa produk yang dihasilkan oleh Google adalah hasil dari proses pemikiran serta karya tangan yang dilakukannya. Seperti product search, image search, maps, health search, translation, atau bahkan localization, terdapat campur tangan Joshi di situ. Sebelum dirinya bergabung dengan Google, Joshi mengawali kariernya di salah satu perusahaan AT & T Bell Labs, dan kemudian berpindah ke Google. Setelah itu, ia pun dikenal sebagai sosok wanita yang menginspirasi dalam dunia teknologi.

2. Isabel Mahe

Bagi kamu para pengguna produk Apple tentunya sudah tidak asing dengan beragam fitur canggih yang dimilikinya. Seperti halnya fitur GPS, kemudian Wi-Fi, atau bahkan NFC Chip yang tentunya terdapat di dalam produk iPhone. Setiap fitur canggih tersebut dikenal sebagai hasil karya Mahe. Ia dikenal sebagai pemimpin tim engineer dan juga bertanggung jawab pada beragam fitur dengan penggunaan teknologi wireless yang dimiliki oleh produk Apple. Wanita satu ini juga menjabat sebagai Vice President dari Wireless Technology yang masih berada di bawah naungan Apple.

Bahkan lebih hebatnya lagi, Mahe direkrut secara langsung oleh Steve Jobs di tahun 2008, dan tentunya memiliki karier cemerlang di Apple. Selain berkarier di Apple, Mahe kemudian juga dikenal sebagai penasihat industri perusahaan UC Berkeley, dan juga Silicon Valley China Wireless Technology Association.

3. Aparna Ramani

Aparna Ramani merupakan Director of Engineering dari Facebook. Ramani bertanggung jawab akan timnya dalam hal pemrosesan analisis, yang dilakukan secara real time pada aplikasi Facebook. Hal yang dikerjakannya merupakan faktor utama dalam penentuan tampilan news feed yang pada beranda Facebook-mu. Selain hasil tersebut, proses data serta analisis yang dilakukan oleh Ramani serta timnya pun juga digunakan oleh Facebook untuk mengembangkan beragam fitur terbaru yang dimilikinya. Karena kehebatannya inilah, Ramani dikenal sebagai sosok wanita yang menginspirasi dalam bidang teknologi.

4. Anne Aaron

Wanita berdarah Amerika-Filipina ini merupakan salah satu Director of Video Algorithms yang berada di perusahaan Netflix. Netflix sendiri dikenal dengan pengguna aktif yang jumlahnya mencapai 137 juta orang, di berbagai belahan dunia. Setiap pengguna tersebut dapat menonton beragam tayangan kesayangan yang dimilikinya. Selain itu tayangan tersebut pun umumnya dapat disesuaikan dengan kualitas terbaik yang kamu inginkan. Anne dan tim bertugas untuk memastikan 137 juta pemirsa bisa menonton tanpa frustasi akibat gambar yang berombak. Tentu hal ini merupakan sebuah tantangan besar, terutama untuk negara-negara di mana yang memiliki bandwidth terbatas.

5. Surabhi Gupta

Surabhi Gupta memimpin lebih dari 100 engineer di perusahaan Airbnb. Ia adalah sosok yang bertanggung jawab dalam setiap journey pencari penginapan sekaligus pemilik penginapan. Mulai fitur pencarian, penentuan harga, hingga pemesanan, itulah yang dikerjakan oleh Gupta. Alih-alih hanya mengerjakan tugasnya, Gupta memilih untuk aktif memberdayakan pekerja wanita lainnya di Airbnb. Ia menginisiasi komunitas dari Women in Tech yang ada di Airbnb, serta mengadakan beragam event yang ditujukan bagi para engineer wanita. Ia juga dikenal sebagai sosok yang telah memperjuangan hak ibu hamil dengan lebih baik di perusahaan Airbnb. Sebelum menjadi sosok Engineer Manager di Airbnb, Gupta juga pernah bekerja sebagai software engineer dari Google.

Itu dia 5 wanita inspiratif yang menjadi sosok penting di balik perusahaan teknologi yang mendunia. Nah, ladies, semoga kamu bisa terinspirasi ya dengan 5 sosok di atas!

 

Artikel ini merupakan kerja sama Kredivo dan Cermati.com