5 Tawaran Mudik Gratis di Tahun 2015

Lebaran dan Mudik. Dua hal yang sepertinya tidak dapat terpisahkan. Inilah kesempatan yang sangat dinantikan untuk berkumpul dengan orang tua sanak saudara yang tersebar di peraturan.  Momen seperti ini tentu saja dimanfaatkan dengan baik oleh mereka yang hanya pulang setahun sekali atau bahkan lebih, untuk pulang ke kampung halaman mereka. Di Indonesia sendiri tradisi mudik adalah momen yang selalu ditunggu setiap tahunnya saat lebaran.

Berbicara tentang mudik, tentu saja tidak lepas dari besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh para pemudik yang tidak sedikit. Sayangnya kebijakan pemerintah mengenai pembiayaan tiket yang meningkat hingga mencapai 100%. Diikuti dengan kenaikan harga BBM. Serta keterbatasan angkutan umum untuk mudik, tidak berpihak pada para pemudik yang mempunyai pendapatan terbatas. Hal inilah yang disadari oleh para perusahaan dan Institusi yang mengadakan program mudik gratis setiap tahunnya.

Berikut daftar perusahaan dan Institusi yang mengadakan mudik gratis :

1. Jasa Raharja

Mudik Bareng Jasaraharja via 3.bp.blogspot.com 

Salah satu perusahaan yang tidak pernah absen memberikan mudik gratis adalah Jasa Raharja. Seperti tahun ini Jasa Raharja kembali mengadakan mudik gratis bagi para pengendara motor dari Jakarta kebeberapa kota tujuan di Jawa dan Sumatra. Program mudik gratis ini dilakukan dalam rangka menekan jumlah angka kecelakaan yang hampir tiap tahun terjadi pada setiap mudik Lebaran Idul Fitri.

Mudik gratis yang dikhususkan bagi para pemotor ini, bahkan pernah masuk dalam Museum Rekor Indonesia pada tahun 2014, untuk kategori pengalihan pemudik sepeda motor menggunakan bis dengan jumlah dan kota terbanyak.  

Berikut syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti mudik gratis ini :

  • Pendaftar harus memiliki sepeda motor dan SIM C
  • Satu orang pendaftar hanya boleh mendaftar satu kali
  • Satu orang pendaftar hanya boleh membawa maksimal 3 orag peserta dewasa (di atas 3 tahun dan dua orang peserta infant di bawah 3 tahun)
  • Pendaftaran tidak boleh diwakilkan kecuali oleh istri/suami atau anak yang sudah dewasa
  • Pendaftar dan peserta harus memiliki ikatan keluarga satu sama lain yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga/Surat Nikah/Akte Lahir

Dan mengenai cara pendaftarannya sendiri dilakukan via online dan sms dari tanggal 4 sampai 30 Mei 2015,  atau bisa mendaftar langsung ke Gedung Nyai Ageng Serang Jl. HR. Rasuna Said, Kav C22, Kuningan, Jakarta Selatan (Dekat pasar festival) dari tanggal 24 sampai dengan 28 Juli 2015.

 

2. Sido Muncul

Mudik Gratis Bareng Sido Muncul via beritadaerah.co.id

Untuk ke-26 kalinya Sido muncul perusahaan jamu ternama kembali mengadakan mudik gratis bagi para penjual jamu atau masyarakat umum. Rencananya tahun ini perusahaan akan menyediakan 320 unit bus untuk mengangkut pemudik.

Sejak digelar pertama kalinya mudik gratis ini telah diikuti 280 ribu pemudik. Seperti yang dilansir dari situs resminya, Ide mudik gratis ini sendiri berawal dari bagaimana cara mengungkapkan rasa terima kasih kepada para penjual jamu. Yang lebih menyentuh kepada substansi masalah yang mereka hadapi pada saat menjelang lebaran salah satunya yaitu keinginan untuk dapat mudik secara nyaman dan aman bersama teman-teman sesama penjual jamu. Untuk mekanismenya PT. Sido Muncul sendiri belum menentukan apakah masih sama seperti tahun lalu yakni penjual jamu atau masyarakat umum. 

3. Astra Honda Motor

Mudik Bareng AHM via otofinance.co.id

Tidak jauh berbeda dengan program mudik gratis yang diadakan oleh Jasa Raharja. Program mudik gratis  ini juga ditujukkan untuk para pengguna sepeda motor. Mode transportasi yang digunakan pun terbagi dua cara, yaitu Bus dan Kereta Api.

Untuk mode transportasi bus diberangkatkan pada tanggal 12 Juli 2015 dari AHM Sunter, sedangkan untuk transportasi Kereta Api diberangkatkan pada tanggal 13 Juli 2015 dari Stasiun Senen.

Apa saja syaratnya :

  • Maksimal peserta per motor maksimal 2 orang
  • Motor yang digunakan dalam kedaan standart/tidak dimodifikasi
  • Wajib membawa STNK, SIM C dan KTP (Asli dan foto copy) pada saat mendaftar
  • Peserta wajib memiliki KTP Jabodetabek
  • Peserta wajib dalam kondisi sehat

Untuk cara pendaftarannya sendiri terbagi dalam beberapa wilayah

Jakarta

  • Wahan Gunung Sahari – Gn. Sahari
  • Astra Motor Jakarta - Cawang
  • Tunas Dwipa Matra – Saharjo Tebet
  • Nusantara Surya Sakti – Slipi
  • Bintang Raya – Buaran Klender

Bekasi

  • Cv mitra Jaya – kranji

Tanggerang

  • Maju Gemilang Makmur – Pasar Kemis, Tanggerang

Pendaftaran dibuka mulai 4 Juni 2015, dan akan ditutup jika kuota telah terpenuhi. Nah untuk Anda yang ada di wilayah tersebut tidak ada salahnya mencoba mendaftar. Pendaftaran sendiri dibuka mulai 4 Juni 2015, dan akan ditutup jika kuota telah terpenuhi.  

 Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling

4. Indofood

Mudik Bareng Indofood via krjogja.com

Di momentum Lebaran tahun ini, perusahaan Indofood Sukses Makmur TBK Divisi Noodle Semarang juga ikut menyiapkan 42 bus untuk kegiatan mudik gratis bagi para pedagang Warung indomie (Warmindo) yang tersebar di Jateng – DIY. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 39 unit bus.

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Harus Diketahui

Dalam program mudik gratisnya tahun ini, ada dua titik mudik yakni di kota Yogyakarta dan kota Semarang. Untuk Kota Yogja disiapkan 33 armada bus bagi 1.650 pedagang dan 9 armada bagi 500 pedagang di Kota Semarang. Tidak hanya itu bagi Anda yang mengikuti mudik gratis ini dapat menikmati berbagai fasilitas di posko mudik seperti pijat gratis, area istirahat dan tempat bermain anak, dan lain sebagainya.   

Syaratnya? Anda harus merupakan anggota pedagang Warmindo (Warung Indomie).

5. XL Axiata

Mudik Gratis XL via panel.mustangcorps.com

Sama seperti Indofood yang menyediakan mudik gratis bagi para Pedagang Warung Indomie. Program mudik gratis yang diadakan oleh perusahaan PT. XL Axiata ini diberikan kepada seluruh, mitra penjualan XL/Frontliner. Untuk tahun ini PT. XL Axiata menyediakan mudik gratis untuk 1000 frontliner-nya atau mitra XL di seluruh ndonesia. Selain mudik gratis XL juga memberikan hadiah atau pun THR untuk frontliner sebesar satu hingga dua juta rupiah.

Syaratnya? Tentu saja Anda harus menjadi mitra penjual XL terlebih dahulu.

Baca Juga : 5 Pengeluaran yang Harus Anda Persiapkan Menjelang Lebaran

Yuk Ikut Mudik Gratis!

Bagi Anda yang mempunyai budget terbatas, ada baiknya jika mencoba mengikuti mudik gratis diatas. Namun sebelumnya pastikan Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Dan pastikan Anda mempersiapkan semua dokumen dan semua yang dibutuhkan untuk mudik dari jauh-jauh hari, agar tidak merepotkan nantinya pada saat menjelang hari - H.