5 Tempat Wisata Jakarta yang Buka Saat Libur Lebaran 2021

Lebaran merupakan hari raya terbesar yang dirayakan oleh para umat Muslim. Namun sayangnya, tahun ini menjadi tahun ke dua lebaran diselimuti wabah virus Covid-19. Alhasil, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan saat lebaran guna menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19 pada saat lebaran, salah satunya adalah masyarakat dilarang mudik.

Meski begitu, pemerintah masih memberikan kelonggaran bagi masyarakat, khususnya di DKI Jakarta. Selain membolehkan silaturahmi dengan berkunjung ke rumah saudara atau keluarga yang tinggalnya masih satu wilayah atau kota dengan Anda, pemerintah juga membuka beberapa tempat wisata jakarta yang bisa Anda kunjungi selama libur lebaran.

Agar selama libur lebaran di tempat wisata tetap aman, Anda dan keluarga tetap harus mematuhi aturan atau kebijakan yang dibuat oleh setiap pengelola tempat wisata. Berikut beberapa tempat wisata Jakarta yang buka saat libur lebaran di tengah pandemi Covid-19.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Taman Impian Jaya Ancol

Tempat rekreasi ini memang terkenal untuk dikunjungi pada saat Lebaran. Ancol terletak di Jakarta Utara, yang dilengkapi dengan berbagai wahana hiburan, mulai dari jejeran pantai, wahana 4 Dimensi, Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi, Samudera Atlantis, Sea World dan masih banyak wahana baru lainnya.

Berikut aturan yang harus ditaati pengunjung Ancol selama libur lebaran di tengah pandemi Covid-19, antara lain:

  • Reservasi dan pembelian tiket dilakukan secara online
  • Batasan 30 % kuota pengunjung setiap harinya
  • Pengunjung wajib mengecek kesehatan sebelum dan mematuhi protokol kesehatan selama kunjungan
  • Melakukan pengecekan di pintu gerban
  • Melakukan traksasksi pembayaran non tunai
  • Dihimbau kepada pengunjung untuk membawa peralatan makan, minum, dan ibadah dari rumah
  • Memperhatikan segala himbau protokol kesehatan selama berkunjung.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Destinasi wajib yang harus Anda datangi di Jakarta, yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Semua serba-serbi mengenai Indonesia terdapat di taman ini, mulai dari rumah adat, pakaian adat hingga hiburan lainnya. TMII juga mengadakan berbagai event terjadwal yang bisa Anda tonton.

Selama libur lebaran TMII tetap dibuka dengan pembatasan pengunjung 30% dari kapasitas semestinya. Selain itu, masyarakat yang datang juga wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Jika ingin berkunjung, Anda bisa melihat daftar wahana yang buka dan harga tiket setiap wahan, museum, fasilitas yang ada di TMII terlebih dahulu melalui link berikut https://www.tamanmini.com/pesona_indonesia/tiket.php.

Baca Juga: Galau Gak Mudik Lebaran? Lakukan 7 Kegiatan Ini Biar Gak Mati Gaya

3. Kebun Binatang Ragunan

Taman Marga Satwa yang banyak dikenal dengan hanya sebutan Ragunan ini, selalu menjadi salah satu destinasi favorit kalangan keluarga menengah ke bawah. Banyak penyuka fotografi pergi ke sini untuk mengambil banyak gambar binatang dan pemandangan.

Ragunan sangant cocok untuk Anda yang mau berlibur sambil menikmati satu-satunya kawasan hijau terluas di Jakarta. Namun, ada aturan yang harus ditaati selama liburan di Ragunan saat libur lebaran di tahun ini, antara lain:

Peraturan Umum:

  • Buka pada H+1 lebaran
  • Pembatasan pengunjung 30% dari kapasitas semestinya
  • Jam operasional 07.00 - 14.00
  • Pendaftaran pengunjung dilakukan H-1 kunjungan melalui online di bit.ly/PesantiketTMR 

Link hanya berupa pendaftaran untuk transaksi atau pembelian kartu jakcard tetap di loket, jika sudah mendaftar jangan lupa tunjukan bukti pendaftaran yang di kirim ke email Anda ke petugas yang berada di loket.

Baca Juga: 5 Tips Keuangan untuk Merencanakan Liburan Keluarga Muda

4. Pantai Indah Kapuk 2

View this post on Instagram

A post shared by PIK2 (@pik2official)

Bagi Anda dan keluarga atau kerabat yang suka mencicipi jajanan murah meriah, Anda bisa mengunjungi tempat wisata Pantai Indah Kapuk atau PIK 2. Terdapat berbagai jajanan yang bisa Anda cicipi, mulai dari makanan berat, camilan, es krim, dan berbagai minuman segar lainnya. Harga kuliner di PIK 2 juga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 ribuan saja.

Selain bisa menikmati kuliner, di PIK 2 juga bisa menjadi tempat foto-foto kekinian sebab pemandangan dan hamparan pasir putihnya yang Instagramable. Siapkan outfit terbaik, agar tampilan di foto bisa makin bagus.

5. Museum di Jakarta

Suka dengan sejarah-sejarah, tak ada salahnya habiskan libur lebaran dengan mengunjungi berbagai museum yang berada di Jakarta. Pemerintah mempersilahkan museum buka di tengah pandemi, asalkan dengan pembatasan pengunjung 30% dari kapasitas keseluruhan. Selain itu, pengelola juga harus memastikan penerapan protokol kesehatan dengan ketat.

Untuk memastikan jam operasional, Anda bisa menghubungi setiap pengelola museum terlebih dahulu melalui akun media sosial resmi.

Beberapa museum di Jakarta yang dipastikan buka saat libur lebaran 2021, antara:

  • Museum Sejarah Jakarta
  • Museum Joang’45
  • Museum Prasasti
  • Museum M.H. Thamrin

Tetap Utamakan Keselamatan saat Liburan

Menikmati libur lebaran memang sangat mengasyikan. Akan tetapi, Anda dan keluarga jangan sampai terlena oleh suasanya sehingga mengabaikan protokol kesehatan. Hal ini tentunya membuat virus penyakit mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, selama liburan di berbagai tempat wisata Jakarta, tetap memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Jika dirasa tubuh sedang tidak sehat, sebaiknya tetaplah di rumah dan lakukan kegiatan sederhana yang tetap mengasyikan.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2021 Resmi Dilarang, Ini Sanksinya Jika Masih Nekat