5 Tips dan Trik Dalam Memilih Investasi Lahan Kosong

Selain membuka usaha, investasi juga merupakan salah satu solusi cerdas untuk memperoleh penghasilan dengan jumlah yang cukup besar.

Investasi yang cerdas, salah satunya ialah investasi lahan kosong yakni membeli lahan tanpa bangunan di atasnya dan akan dijual kembali ketika harganya naik.

Saat ini tanah menjadi objek investasi yang cukup populer di masyarakat. Banyak orang memilih jenis investasi ini karena harganya yang dirasa terus naik dari tahun ke tahun.

Pertumbuhan properti yang terus meningkat akan membuat lahan mengalami kelangkaan secara perlahan.

Permintaan tanah pun kian meningkat dibandingkan persediaan yang ada. Sebelum memutuskan untuk investasi lahan kosong, simaklah tips berinvestasi di lahan kosong berikut ini.

1. Periksa Legalitas Tanah

Legalitas merupakan faktor yang sangat vital ketika membeli tanah. Lahan kosong yang Anda beli harus berlegalitas free, clean and clear.

Maksud dari free yaitu lahan tersebut bebas sengketa. Legalitas kepemilikan tanah harus dibuktikan dengan sertifikat resmi/asli yang tertera atas nama pemilik.

Notaris setempat bisa membantu Anda untuk mengecek aspek legalitas tanah tersebut. Selanjutnya, clean yakni tanah tersebut sedang tidak berpenghuni atau digunakan untuk kegiatan lain, atau tidak diduduki oleh orang-orang yang tidak berhak.

Sedangkan clear adalah ukuran tanah tersebut tepat, seperti yang tertera di sertifikat, serta cocok batas-batasnya.