5 Tips Jitu Terhindar Dari Jeratan Utang Kartu Kredit

Memutuskan menggunakan kartu kredit? Berarti Anda harus siap berutang dengan beban bunga setiap bulan. Kalau disiplin membayar tagihan sih aman-aman saja. Yang bahaya, jika kurang disiplin, maka utang itu akan terus bertumpuk karena terus berbunga dan akhirnya membengkak. Siapa yang repot? Anda juga kan.

Memang sih, ada keuntungan dari kartu kredit jika dimanfaatkan dengan benar. Tapi yang namanya utang, tetap saja harus dibayar supaya Anda tidak berurusan dengan debt collector dan harta benda disita tak bersisa.

Oleh karena itu, jangan main asal gesek kartu kredit tanpa sesuai kebutuhan jika tidak mau menambah beban pada kondisi keuangan Anda. Agar terhindar dari jeratan utang kartu kredit, maka Anda perlu tahu caranya berikut ini:

Baca Juga: Tips Penggunaan Kartu Kredit bagi Para Pemula

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Alokasikan Dana Tagihan Kartu Kredit dan Atur Penggunaan

loader
Alokasikan Dana Tagihan Kartu Kredit

Apakah Anda sudah membuat daftar anggaran bulanan? Lalu sudahkah memasukan pembayaran tagihan kartu kredit di dalam anggaran tersebut? Jika belum, mulai sekarang segera buat alokasi anggaran pembayaran kartu kredit dan rencana yang matang. Jangan lagi mengabaikannya kalau tidak mau kondisi keuangan Anda terancam.

Tagihan kartu kredit ini termasuk dalam kewajiban. Jadi jangan dulu senang menerima gaji, lalu melupakan tagihan kartu kredit. Kartu kredit kan digunakan untuk mendukung transaksi keuangan, di mana dananya merupakan pinjaman dari bank. Jadi tidak diberikan cuma-cuma. Kalau tidak dilunasi, konsekuensi menanti.

Atur rencana anggaran bulanan secara terperinci, termasuk berapa alokasi dana untuk membayar tagihan kartu kredit. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol pemakaiannya. Tentunya untuk kebutuhan terpenting atau mendesak. Ketika sudah memenuhi kuota anggaran, maka stop menggunakannya.

2. Bayar Tagihan Satu per Satu

Beban tagihan pemakaian kartu kredit sangat tergantung pada sedikit banyaknya transaksi yang dilakukan, sekaligus berapa banyak kartu yang digunakan. Inilah mengapa menggesek banyak kartu kredit sama saja dengan menambah utang.

Untuk mengatasinya, cobalah bayar tagihan kartu kredit secara berkala. Tetapkan prioritas tagihan kartu kredit mana dulu yang mau dibayar. Lunasi dulu tagihan yang memiliki bunga paling besar. Lalu bayar minimum payment, selanjutnya baru ke tagihan kartu lain yang berbunga lebih rendah.

Lebih baik lagi sih, semua tagihan bisa dibayar penuh. Beban jadi plong, dan kalaupun suatu saat menggesek kartu kredit lagi, tagihan itu seperti utang baru. Bukan utang lama yang terus menumpuk.

Sebagai saran, hindari mengoleksi banyak kartu kredit karena perilaku tersebut hanya akan membuat Anda makin kalap menggunakannya.

Baca Juga: Lunasi Utang Kartu Kredit Pakai KTA? Pertimbangkan 5 Hal Berikut Ini

3. Bayar Di Atas Minimun Payment

  loader
Bayar Di Atas Minimum Payment

Jika Anda membayar 10% dari total tagihan karena tak mampu membayar tagihan kartu kredit secara penuh, sebetulnya tidak masalah. Tetapi yang pelu diketahui, hal ini justru membuat Anda sulit lepas dari utang kartu kredit, sebab tagihannya lama kelamaan akan terus membengkak.

Jadi sebaiknya, cicil lah tagihan kartu kredit di atas angka 50%. Utang berkurang, beban bunga tak terlalu melilit, dan kondisi keuangan pun bisa lebih sehat. Selain itu, ingat juga kapan tanggal jatuh tempo pembayaran supaya Anda tidak menanggung beban denda keterlambatan.

4. Buat Perbandingan dan Pilih yang Paling Sesuai

Sebelum membuka kartu kredit, sebaiknya ketahui dulu detail tentang fasilitas, bunga, biaya denda, maupun iuran lain yang akan dibebankan pada Anda. Cari informasi dari banyak penerbit kartu kredit, jangan hanya satu supaya Anda bisa membandingkan antara produk satu dengan lainnya. Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan, keuangan Anda, dan penggunaannya lebih maksimal.

5. Manfaatkan Cicilan Bunga 0%

loader

Ketika melakukan transaksi, selalu perhatikan berapa persen bunga yang akan dibebankan kepada Anda. Saat ini, ada banyak merchant yang memberikan keringanan cicilan dengan bunga hampir 0%, jadi mengapa tak dimanfaatkan dengan baik?

Ini bisa jadi trik jitu menggunakan kartu kredit yang dapat membantu Anda mengatasi masalah keuangan bulanan. Jadi pergunakan kesempatan itu sebaik mungkin.

Disiplinkan Diri Agar Utang Tak Membengkak

Kunci utama untuk terhindar dari lilitan utang kartu kredit, adalah disiplin membayar tagihan setiap bulan. Berani menggesek kartu kredit, berarti berani pula dengan segala risikonya. Bila Anda bijak menggunakan kartu kredit, dan memenuhi kewajiban atas utang tersebut dengan penuh tanggung jawab, maka hidup akan tenang tanpa terjebak di pusaran utang. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Punya Kartu Kredit Lebih Dari Satu? Ini Cara mengaturnya