5 Tips Memilih Leasing Kredit Motor Terbaik

Motor merupakan salah moda transportasi yang banyak dipilih dan digunakan di Indonesia, hal ini terjadi karena motor dianggap sebagai salah satu kendaraan yang paling efisien serta paling mudah untuk dimiliki. Bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan dan rentan dengan kemacetan, maka motor adalah salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi kendala tersebut. Sebagian besar orang memilih menggunakan motor sebagai kendaraan utama, mengingat moda transportasi umum masih sangat jauh dari kata layak dan bisa diandalkan dalam aktivitas sehari-hari.

Saat ini memiliki sebuah motor bukan lagi hal yang sangat sulit untuk dilakukan, hal ini karena adanya dukungan dari produsen serta lembaga keuangan yang memberi kemudahan untuk memiliki kendaraan roda dua ini. Bahkan jika Anda tidak memiliki sejumlah dana tunai yang cukup untuk membeli motor, Anda bisa tetap memilikinya, sebab ada banyak perusahaan leasing yang bisa Anda jadikan sebagai sumber dana dalam pembelian tersebut. Dengan bantuan leasing, maka Anda bisa membeli sebuah motor dengan cara kredit.

Membeli motor secara kredit melalui leasing akan memberi Anda kemudahan serta manfaat yang bisa segera digunakan, meskipun dana yang Anda miliki cukup terbatas. Dengan hanya membayar sejumlah uang muka saja, maka Anda sudah bisa membawa pulang sebuah sepeda motor dan bisa menggunakannya untuk berbagai aktivitas Anda dan keluarga. Namun, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam pembelian yang akan Anda lakukan, seperti:

Jenis dan Tipe motor yang Benar-benar Anda Butuhkan

Hal ini patut menjadi pertimbangan utama bagi anda, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pembelian motor yang Anda lakukan. Jika Anda berniat membeli sebuah motor yang bisa dipakai oleh semua anggota keluarga, maka Anda sebaiknya membeli motor jenis bebek atau matic saja.

Besar Cicilan dan Kemampuan Bayar Anda

Sebelum melakukan pembelian, maka sangat penting untuk membuat sebuah simulasi dan menghitung besaran cicilan yang akan Anda bayarkan setiap bulannya. Jangan mengambil cicilan di luar kemampuan anda, karena hal tersebut akan membebani keuangan Anda dan keluarga dalam masa cicilan yang cukup lama. Namun jika ternyata Anda memiliki kemampuan yang cukup untuk membayarnya dalam masa cicilan yang singkat saja, maka tidak ada salahnya melakukannya, karena semakin lama masa cicilan yang Anda pilih maka akan semakin besar jumlah bunga cicilan yang akan dibayarkan.

Saat ini, ada banyak leasing yang memberikan penawaran menarik terkait dengan kredit motor. Namun Anda tetap harus mempertimbangkan dan memilih leasing terbaik serta memberi keuntungan maksimal dalam pembelian yang akan Anda lakukan. Simak beberapa poin di bawah ini, sebelum Anda memilih leasing yang akan digunakan dalam pembelian kredit motor:

1. Kenali Dengan Baik

  Kenali Dengan Baik

Leasing Kredit Motor via econocom.com

 

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memilih leasing adalah mengenal dengan baik perusahaan leasing yang akan Anda gunakan. Dalam hal ini Anda harus mempertimbangkan mengenai kredibilitas serta keuntungan yang akan Anda dapatkan dari pengajuan kredit yang akan dilakukan. Jangan terburu-buru menerima saran atau rekomendasi dari pihak dealer, sebagai calon konsumen Anda bisa mencari tahu sendiri mengenai kinerja sebuah leasing serta sepak terjang mereka dalam bisnis yang mereka jalankan. Pastikan Anda memilih perusahaan leasing yang benar-benar bisa dipercaya, agar Anda bisa menghindari berbagai macam risiko kerugian yang mungkin muncul di kemudian hari.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Motor

2. Temukan Perusahaan Leasing Terbaik

Temukan Perusahaan Leasing Terbaik

Temukan Perusahaan Leasing Terbaik via legalplanit.co.nz

 

Setelah mempertimbangkan poin pertama di atas, maka Anda akan menemukan sebuah perusahaan leasing terbaik dengan reputasi yang baik pula. Hal ini bisa dilihat dari jumlah konsumen yang menggunakan jasa mereka, serta jumlah sebaran kantor cabang yang mereka miliki juga. Sebuah leasing yang sepi konsumen tidak akan memiliki banyak kantor cabang yang mudah ditemukan.

Sebuah perusahaan leasing yang baik, akan memberi Anda kemudahan dalam melakukan akad kredit yang Anda ajukan. Hal ini tentu menguntungkan bagi anda, di mana berbagai urusan ke depannya akan menjadi mudah dan tidak berbelit-belit serta memakan banyak waktu dan tenaga anda.   

3. Pertimbangkan Leasing yang Dekat dengan Lokasi Anda

Leasing Dekat Dengan Lokasi Anda

Pertimbangkan Leasing yang  Dekat Dengan Lokasi Anda via theresabradleybanta.com

 

Hal ini juga patut menjadi pertimbangan bagi anda, karena dalam mengajukan kredit motor akan ada banyak hal yang perlu Anda ketahui sebelumnya. Jika lokasi kantor atau tempat tinggal Anda dekat dengan salah satu kantor cabang leasing yang akan Anda gunakan, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan berbagai informasi mengenai kredit yang akan Anda ajukan. Bahkan Anda juga dengan mudah bisa mendatangi kantor cabang tersebut, jika setelah masa kredit berjalan, Anda menemukan masalah atau berbagai hal yang harus diurus di kantor leasing.

Lokasi kantor cabang perusahaan leasing yang dekat dan mudah dijangkau juga akan sangat berguna di akhir masa kredit Anda nanti, di mana Anda bisa dengan mudah mengambil BPKB setelah masa kredit Anda berakhir.

4. Sesuaikan Kondisi Keuangan Anda

Sesuaikan Kondisi Keuangan Anda

Sesuaikan Dengan Kondisi Keuangan Anda via autobytel.com

 

Ada banyak strategi pemasaran  yang akan dijalankan oleh pihak leasing kepada para calon konsumennya, salah satunya adalah dengan memberi berbagai penawaran menarik dalam pembelian kredit yang akan diajukan. Namun jangan mudah tergiur dengan hal ini, terutama jika mereka menawarkan kredit dengan uang muka yang ringan atau bisa dicicil. Hal ini mungkin terdengar menarik, sangat membantu dan cukup menguntungkan anda.

Namun sebenarnya, pengajuan kredit motor dengan uang muka yang ringan atau bisa dicicil, hanya akan membuat Anda rugi dan menambah hutang serta bunga kredit dari pembelian motor tersebut. Selalu ingat, bahwa semakin besar uang muka yang Anda bayarkan, maka akan semakin kecil nilai hutang dan bunga yang harus Anda cicilkan setiap bulannya. Hal ini juga berlaku sebaliknya, di mana semakin kecil nilai uang muka yang Anda bayarkan, maka akan semakin besar nilai utang serta bunga yang wajib Anda cicil setiap bulannya.

Selain masalah uang muka, Anda juga wajib mengukur kemampuan bayar Anda terhadap cicilan yang menjadi kewajiban Anda setiap bulannya. Hindari memaksakan diri untuk mengambil cicilan kredit dalam jumlah yang besar, karena hal ini hanya akan membuat keuangan Anda terbebani serta mengganggu pos pengeluaran lainnya di dalam keuangan Anda. Namun jika ternyata Anda memiliki kemampuan untuk membayar cicilan dalam jumlah besar, maka ada baiknya Anda melakukannya, karena semakin besar nilai cicilan Anda tiap bulannya, semakin singkat masa ciiclan dan semakin ringan bunga yang harus Anda bayarkan.

5. Pahami Metode Pembayaran yang Diterapkan

Pilih Metode Pembayaran

Pahami Metode Pembayaran yang Diterapkan via autobytel.com

 

Ini juga merupakan hal yang perlu untuk Anda pertimbangkan, karena membeli motor dengan cara kredit akan membuat Anda berhubungan dengan pihak leasing dalam waktu yang cukup lama. Anda tentu tidak ingin mengalami kesulitan pada saat melakukan pembayaran setiap bulannya, bukan?

Pastikan sistem pembayaran yang diterapkan oleh pihak leasing dapat Anda lakukan dengan mudah, di mana hal tersebut tidak menyita banyak waktu serta tenaga anda, sehingga kemungkinan keterlambatan pembayaran bisa dihindarkan. Saat ini banyak leasing yang memberi kemudahan pembayaran melalui layanan perbankan, baik itu lewat ATM, internet banking, dan yang lainnya. Ini akan mempermudah Anda dalam melakukan pembayaran, di mana Anda bisa memilih sistem yang paling tepat dan sesuai dengan anda.

Baca Juga : Perusahaan Leasing Dilarang Menarik Paksa Kendaraan Nasabah

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Pilih dan Gunakan Jasa Leasing Terbaik

Banyaknya perusahaan leasing yang memberikan jasa kredit motor, membuat Anda memiliki banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan, sehingga Anda bisa memilih sebuah perusahaan leasing terbaik yang akan Anda gunakan. Jangan mudah tergiur dengan berbagai penawaran atau diskon menarik yang ditawarkan oleh pihak leasing, karena hal tersebut belum tentu benar-benar menguntungkan bagi anda. Pertimbangkan untuk selalu melakukan perbandingan sebelum menentukan pilihan, hal ini akan membantu Anda menemukan sebuah layanan leasing terbaik dan paling menguntungkan dalam pembelian kredit motor yang akan Anda lakukan.

Baca Juga : Mau Kredit Motor Bekas? Ini Untung Dan Ruginya