5 Tips Menghemat Biaya Transportasi

Kesulitan transportasi memang tak asing lagi bagi negara Indonesia. Kepadatan jalan raya yang tiada henti disebabkan oleh banyaknya penduduk yang menyebabkan bertambahnya kendaraan-kendaraan pribadi, namun transportasi umum kita masih sangat terbatas. Beban tersebut juga ditambah oleh harga BBM yang semakin mahal dan biaya parkir resmi maupun liar yang meningkat. Sehingga akhirnya, bagi para orang yang bekerja, khususnya di kota metropolitan Jakarta, kesulitan transportasi ini tentunya menjadi momok tersendiri. Pada umumnya transportasi merupakan kebutuhan pokok bagi hampir setiap orang. Sekitar gaji kita terpotong 20 persen untuk perihal ini. Maka dari itu, artikel ini membahas bagaimana cara untuk menghemat biaya transportasi.

 

1. Transportasi Umum

 

TransJakarta via upload.wikimedia.org

 

Walaupun masih terbatas dan kualitasnya kurang bagus di Indonesia, namun transportasi umum adalah pilihan pertama jika kita mau menghemat pengeluaran. Mulai dari TransJakarta, bus umum KRL Commuter Line, ojek, taksi, dan sebagainya, adalah pilihan pertama bagi mereka yang ingin pergi bekerja. Memang menggunakan tranpostasi umum kondisinya tidak enak. Kita harus berdesakan dengan penumpang lainnya, berebut bangku, belum kalau tiket terjual habis atau lebih parahnya lagi, angkutan umum tersebut telat sehingga kita juga terlambat ke tempat kerja.

Namun transportasi umum jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi. Konservatif, namun masih menjadi idola. Bandingkan jika kita menggunakan kendaraan pribadi, dimana kita masih harus mengeluarkan biaya BBM, uang tol, dan parkir. Coba saja bayangkan, dengan naik Commuter Line, Anda yang tinggal di Bogor dan harus bolak balik ke Jakarta hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp 15.000,-. Sekarang bandingkan jika Anda harus mengendarai mobil pribadi. Tentu sangat berhemat, kan?

 

2. Promo BBM dari Kartu Kredit

BBM via spacious110.files.wordpress.com

 

Harga BBM yang semakin mahal tergolong dalam permasalahan yang besar bagi pengguna kendaraan pribadi. Namun jika masih terpaksa menggunakan kendaraan pribadi, maka cara yang dapat dilakukan untuk berhemat adalah memanfaatkan promo BBM dari kartu kredit. Sebagian kartu kredit memiliki keunggulan cashback 5% pada setiap pembelian bahan bakar, seperti Citibank Cash Back dan Danamon Platinum.

 

3. Komunitas Nebengers

Nebengers via gracedevs.files.wordpress.com

 

 

Sejak tahun 2011, terdapat komunitas bernama Nebengers, yang menjadi salah satu jalan keluar bagi masyarakat Jakarta yang merasa kesulitan menghadapi mahalnya biaya transportasi. Diperkenalkan melalui akun twitter @nebengers, komunitas ini berfungsi memberikan tumpangan kepada orang lain yang kebetulan memiliki tujuan yang sama, dan kemudian patungan biaya bensin. Tujuannya sederhana: untuk mengurangi jumlah mobil di jalan raya Jakarta. Siapa saja yang hendak berbagi atau membutuhkan tebengan harus memberikan tujuan perjalanan, rute perjalanan, jumlah tempat duduk, keterangan waktu, dan perjanjian timbal balik tebengan. Sehingga Anda tetap memperoleh rasa nyaman dan aman ketika menebeng.

Selain berhemat, kita juga mendapatkan koneksi teman baru. Bahkan terkadang, jika kita menemukan teman tebengan yang pas, bisa sepakat untuk berbagi makanan, minuman, uang bensin, tol, dan sebagainya. Peminat Nebengers sudah banyak, hingga saat ini sudah mencapai 83.000 orang.

 

4. Tempat Tinggal Dekat Kantor

Dekat dengan kantor via soffk7.files.wordpress.com

 

Bagi kalian para pekerja dan ekskutif muda yang masih baru memulai kerja sekaligus mencari tempat tinggal baru, ada baiknya jika memilih yang berjarak dekat dengan kantor. Penghematan biaya transportasi bisa dilakukan dengan mencari kost atau apartemen di area tempat kalian bekerja. Lebih baik Anda menyisihkan penghasilan untuk mencari tempat tinggal berdekatan dengan kantor daripada harus mengeluarkan biaya besar untuk transportasi, karena menyita waktu dan tenaga berjuang melawan kemacetan saat pulang pergi dari rumah ke kantor.

 

5. Komunitas Bersepeda

Bersepeda ke kantor via i.huffpost.com

 

Selain komunitas Nebengers, ada juga komunitas bersepeda yang namanya Bike to Work. Komunitas ini bisa membuat kita berhemat, sekaligus membuat kita menjadi lebih sehat. Anda yang lokasi kantornya berada dalam jarak kurang dari 3 km, bisa menggunakan sepeda. Sehat di badan dan sehat di dompet, kan?

Baca juga: 10 Motor Dengan Harga Termahal di Dunia

Pelajari Suasana Sekitar Kantor Anda

Jadi, itulah 5 cara berhemat biaya transportasi bagi kalian. Pilihlah yang paling sesuai dengan keuangan dan keperluan Anda ke kantor. Semoga tips-tips ini membantu. Ingat, masih banyak lagi cara lainnya untuk berhemat. Seiring waktu dengan lamanya kalian bekerja di kantor, tetunya akan semakin Anda kuasai daerah sekitarnya dan perlahan mempelajari cara untuk berhemat di bagian transportasi. Selamat berhemat!

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Anda Sukses