5 Transaksi Menguntungkan Hanya dengan Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan alat yang memudahkan setiap transaksi pembayaran. Selain memudahkan cara membayar, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan secara lebih mudah dengan kartu kredit, misalnya booking hotel online, pembelian tiket pesawat atau transaksi online lainnya. Hal ini tentu saja memberi banyak keuntungan buat nasabah. Banyak manfaat yang didapat nasabah mulai dari kemudahan pembayaran, bunga yang rendah, hingga diskon dan promo yang ditawarkan.

Namun demikian, saat ini masih saja banyak orang yang masih ragu menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya karena masing-masing orang mempunyai prinsip ekonomi atau pengetahuan tentang kartu kredit yang berbeda. Ternyata tidak semua pemegang kartu kredit mengetahui cara menggunakan kartu kredit yang aman dan tidak membuat utang semakin menumpuk. Jika Anda pintar dan jeli maka akan dapat promo menarik keuntungan secara maksimal dari kartu kredit.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa transaksi yang menguntungkan jika memakai kartu kredit dalam pembayarannya:

1. Belanja Hemat dengan Kartu Kredit di Supermarket

Belanja di Supermarket Dengan Kartu Kredit

Belanja Dengan Kartu Kredit via kiplinger.com

 

Pada zaman modern seperti sekarang ini, supermarket atau hypermarket sudah menjadi tempat pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang mudah dan lengkap, mulai dari sayuran sampai dengan smartphone terbaru. Ketika orang lain sibuk membawa uang tunai, pemegang kartu kredit tidak perlu susah-susah membawa uang tunai ketika berbelanja.

Bagi pengunjung supermarket yang menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, biasanya mereka akan mendapatkan beragam keuntungan yang sering ditawarkan, salah satunya adalah potongan harga/diskon yang cukup besar. Saat ini ada banyak supermarket yang bekerjasama dengan kartu kredit tertentu, bahkan menjadi co brand beberapa bank penerbit kartu kredit. Sehingga beberapa fasilitas, seperti: diskon, promo, hingga cashback akan diberikan kepada pemegang kartu kredit. Beberapa kartu kredit co-brand juga sering menawarkan cicilan tanpa bunga atau 0%, dan menawarkan cashback untuk seluruh pembelanjaan, atau diskon 5% saat membeli barang-barang berlabel khusus.

Saya ambil contoh, misalnya Anda akan mendapatkan diskon 5%-10% jika menggunakan Kartu Kredit bank X untuk berbelanja di supermarket Y. Hal ini biasanya terjadi, karena supermarket Y sudah menjalin hubungan bisnis dengan pihak bank X. Dari kerja sama tersebut mereka akan memberikan banyak sekali penawaran yang menguntungkan, seperti: cicilan barang tanpa bunga, diskon, voucher, atau gratis barang tertentu, dan lainnya. Belum lagi promo besar-besaran maupun opsi cashback kepada pemegang kartu kredit dari bank penerbit. Cashback berlaku untuk beberapa produk yang dibeli, atau bahkan untuk semua produk yang dibeli, sehingga akan menghemat uang belanja bulanan hingga ratusan ribu rupiah.

Baca Juga : 4 Manfaat Kartu Kredit Untuk Transaksi Belanja Bulanan

2. Pesan Kamar Hotel Lebih Mudah dan Murah dengan Kartu Kredit

Booking Kamar Hotel

Booking Kamar Hotel via otrams.com

 

Barangkali Anda sering melihat beberapa iklan penawaran harga khusus untuk pemesanan kamar hotel dan penginapan di televisi yang memberikan promo dan diskon kepada pemegang kartu kredit dari bank tertentu. Penawaran khusus tersebut dapat dimanfaatkan saat melakukan pemesanan kamar hotel, terutama bila kamar yang dipesan masuk kategori hotel berbintang. Dengan adanya potongan harga dan diskon khusus menginap di hotel tersebut, maka liburan Anda dan keluarga akan lebih hemat hingga jutaan rupiah tergantung berapa besar promonya.

Pada umumnya, diskon diberikan jika pemesanan hotel dengan kartu kredit tersebut dilakukan secara online lewat internet. Misal tarif menginap 1 kamar per malam sebesar Rp400 ribu, dan Anda mendapatkan diskon 20%, maka Anda akan berhemat hingga Rp80 ribu per malam. Jika menginap seminggu ketika sedang liburan, maka penghematan yang dilakukan mencapai Rp560 ribu, sehingga biaya traveling semakin ringan di kantong.

3. Pesan Tiket Pesawat Aman dan Nyaman dengan Kartu Kredit

Pesan Tiket Pesawat

Pesan Tiket Pesawat via trav.co.in

 

Bagi orang yang sering naik pesawat terbang dan melakukan perjalanan jarak jauh untuk berbagai tujuan, mereka bisa menggunakan kartu kredit, sehingga mendapatkan berbagai keuntungan seperti pemesanan hotel, pembelian tiket pesawat dan sebagainya. Anda akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah dengan bertransaksi menggunakan kartu kredit pada beberapa maskapai penerbangan tersebut.

Saat ini banyak maskapai penerbangan yang gencar melakukan promosi dan potongan harga bagi pengguna kartu kredit dari bank tertentu, karena maskapai penerbangan tersebut sudah menjalin kerja sama bisnis dengan bank penerbit kartu kredit tersebut. Selain itu, biasanya Anda juga akan mendapatkan asuransi perjalanan yang terdapat dalam 1 paket yang disediakan penerbit kartu kredit tersebut. Bahkan beberapa penerbit kartu kredit sudah menerbitkan kartu kredit co brand, sehingga  Anda  akan mendapatkan poin mileage atau frequent flyer yang dapat ditukar dengan tiket terbang gratis.

4. Belanja Online Aman dan Mudah dengan Kartu Kredit

  Belanja Online

Belanja Online via observationbaltimore.com

 

Tumbuh seperti jamur merupakan gambaran pertumbuhan pasar online di negeri ini. Karena semakin banyak perusahaan besar hingga usaha kecil menengah (UKM) yang terjun ke bisnis online agar bisa meraih omset dan mendapatkan keuntungan yang besar. Potensi bisnis online ini sangat besar di Indonesia, karena pengguna internet lebih dari 70 juta penduduk, bahkan berdasarkan data dari Menkominfo pada tahun 2013 dinyatakan bahwa besaran nilai transaksi bisnis online telah melebihi Rp130 triliun.

Saat ini hampir semua situs belanja menempatkan pembayaran lewat kartu kredit sebagai prioritas. Bahkan, bagi pemegang kartu kredit ada penawaran khusus seperti: diskon, bunga rendah, cicilan tanpa bunga atau cicilan 0% dan promo lain dari beberapa situs. Syaratnya adalah semua transaksi dilakukan online dan menggunakan kartu kredit. Sehingga bank penerbit terus memberikan promo terbaik dan makin gencar menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan bisnis online besar di Indonesia.

5. Memborong Gadget Lebih Hemat dan Nyaman dengan Kartu Kredit

Belanja Gadget

Belanja Gadget via gadgetadda.com

 

Apabila ingin mendapatkan diskon besar pada saat membeli gadget, seperti: tablet atau smartphone, sebaiknya gunakan kartu kredit. Sebab ada banyak ritel yang memberikan keuntungan bila membeli gadget dengan menggunakan kartu kredit. Seperti: promo menarik, diskon besar-besaran, cashback, dan cicilan tanpa bunga atau 0%. Bahkan penawaran khusus tersebut tidak hanya berlaku bila  Anda  belanja secara online, sebab beberapa ritel elektonik besar pun memberikan penawaran yang sama menggiurkannya.

Baca Juga : Jenis Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

Manfaatkan Dengan Baik

Dengan memanfaatkan berbagai keuntungan yang ditawarkan, maka kartu kredit akan menjadi sebuah alat yang memberikan banyak manfaat dan dapat menghemat biaya belanja bulanan. Bila Anda belanja secara tunai, belum tentu akan mendapat semua keuntungan tersebut, karena penawaran hanya berlaku untuk pemegang kartu kredit. Namun tetaplah bijaksana dalam menggunakan kartu kredit, jangan terlena dengan banyaknya keuntungan yang akan didapat, sehingga membuat jadi sembarangan dalam menggunakan kartu kredit. Ingatlah ada beban bunga yang harus dibayar untuk penggunaan kartu kredit. Jangan sampai membuat hutang Anda menjadi menumpuk.

Baca Juga : Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri dan Biayanya