5 Trik Pintar untuk Membeli Smartphone Baru

trik membeli smartphone

Makin canggih teknologi, makin cepat pula perubahan fitur smartphone dengan spesifikasi tinggi. Dulu, saat era smartphone baru dimulai, butuh dua hingga tiga tahun untuk produsen gadget meluncurkan jenis smartphone baru. Namun kini, hampir setiap tahun bisa muncul jenis smartphone baru dengan berbagai fitur yang semakin memudahkan kehidupan sehari-hari. Buat kamu yang merasa fitur-fitur di HP-mu sudah cukup “jadul”, dan butuh meng-upgradenya segera, kamu bisa kredit hp online, atau memanfaatkan cara pintar lainnya seperti di bawah ini!

1. Berburu gadget murah saat promo

Selain memudahkan masyarakat dalam membeli barang, e-commerce juga sering menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan toko konvensional. Belum lagi  sejumlah e-commerce kerap bekerja sama dengan vendor gadget untuk memberikan promo dan diskon. Supaya pengeluaran tetap hemat, rajin-rajinlah memantau promo yang sedang diadakan.

Biar makin untung pas beli gadget, gunakan saja kartu kredit. Sebagai informasi, kartu kredit telah menjalin kerjasama dengan sejumlah e-commerce dalam memberikan potongan harga langsung maupun cashback khusus pembelian gadget. Buat kamu yang belum punya kartu kredit, melalui cermati.com kamu bisa menemukan kartu kredit yang sesuai, cek promo yang berlaku sekaligus melakukan pengajuan kartu. Semuanya itu bisa diakses online dan gratis.

Selain itu, manfaatkan momen besar seperti Hari Kemerdekaan, atau Hari Belanja Online Nasional juga efektif untuk mendapat diskon besar. Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan diskon hingga setengah harga, lho.

2. Beli smartphone garansi distributor

Kalau kamu terbatas dana untuk membeli smartphone baru tapi tak sabar menunggu promo, membeli smartphone dengan garansi distributor bisa jadi solusi. Smartphone garansi distributor umumnya dibanderol di bawah harga pasaran. Namun kekurangannya, garansi distributor adalah garansi tidak resmi, karena produsen smartphone tersebut tidak bekerja sama secara eksklusif dengan suatu vendor untuk menjadi service center. Namun, bukan berarti barang yang dijual adalah barang palsu. Yang membedakannya hanyalah kamu tidak bisa mengklaim garansi pada service center resmi.

3. Tukar tambah dengan smartphone lama

Daripada smartphone lama terbengkalai begitu saja saat ada yang baru, lebih baik kamu menjualnya. Jika smartphone lamamu belum jadul-jadul amat, dan masih dalam kondisi baik, tak menutup kemungkinan masih ditaksir dengan harga tinggi. Kamu bisa menjualnya terlebih dahulu di aplikasi yang fokus pada jual beli barang secondhand. Saat ini juga sudah banyak program trade in dari sejumlah vendor smartphone maupun provider telekomunikasi sehingga kamu tak perlu repot-repot lagi kalau mau ganti smartphone dengan merek yang sama.

4. Pilih smartphone bekas

Dibandingkan smartphone di kelas entry level atau middle class, smartphone kelas flagship biasanya paling sering mengalami pembaharuan. Sebut saja Samsung dengan seri Galaxy S, atau LG dengan seri G-nya. Hampir tiap tahun produsen smartphone meluncurkan seri terbaru dari kelas flagship mereka, sehingga fitur-fitur di dalamnya juga tak banyak yang diperbaharui. Namun, mereka kerap membanderol seri flagship dengan harga paling mahal dibandingkan kelas lainnya. Untuk itu, coba pertimbangkan membeli smartphone flagship “bekas” yang belum begitu lawas. Dibandingkan membeli Samsung Galaxy S9, kamu bisa memilih S8 yang harganya jauh lebih murah. Toh, fitur di dalamnya masih terbilang mumpuni, dan desainnya juga masih sangat menarik.

5. Manfaatkan fasilitas cicilan

Semurah-murahnya, harga sebuah perangkat smartphone pasti berada di kisaran jutaan rupiah. Apalagi untuk yang spesifikasinya tinggi, harganya bahkan bisa mencapai belasan juta. Untuk itu, sebutuh apapun kamu, jangan sampai arus kas-mu terganggu karena membeli sebuah smartphone baru. Manfaatkan fasilitas kredit hp online supaya kamu membayarnya dengan lebih ringan, salah satunya, melalui Kredivo. Limit kredit yang diberikan Kredivo mencapai Rp 20 juta, sehingga kamu bukan cuma bisa kredit hp online, tapi juga kredit barang lainnya, mulai dari kebutuhan sehari-hari, hingga tiket pesawat. Bunga di Kredivo paling rendah hingga 50% dibandingkan perusahaan sejenis, dan masa cicilannya juga beragam, hingga 12 bulan tanpa uang muka. 

Membeli smartphone baru: pastikan kalau kamu benar-benar butuh

Apapun cara yang dipilih, satu hal yang harus dilakukan sebelum membeli smartphone baru adalah bertanya pada dirimu: Apakah kamu benar-benar membutuhkan sebuah smartphone baru? Apakah kebutuhan lain yang sifatnya lebih penting sudah terpenuhi? Mulailah bijak dalam mengatur keuangan, jangan sampai kamu hanya memenuhi keinginan semata, dan malah mengorbankan kebutuhan pokokmu.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Kredivo dan Cermati.