6 Cara Menghemat Pengeluaran Untuk Keperluan Bayi

Mempunyai anak adalah hal yang dinantikan banyak orang setelah menikah. Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga akan membawa kebahagiaan tersendiri yang tidak ternilai harganya. Keinginan orang tua untuk selalu memberikan yang terbaik bagi sang anak adalah hal yang lumrah, namun hal ini akan mendorong Anda untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang semakin besar. Padahal seharusnya pada saat itu, yang harus Anda lakukan adalah menghemat pengeluaran Anda karena banyak dana yang akan dibutuhkan

Harga keperluan bayi itu tidak murah sehingga Anda harus benar-benar mempersiapkan diri untuk menghadapi tahapan ini. Menghemat keperluan bayi bukan berarti memberikan kualitas yang buruk pada anak, tapi Anda hanya perlu lebih cerdas sebelum mengeluarkan uang. Jadi, bagaimana cara menghemat pengeluaran untuk keperluan bayi? Ini dia caranya.

1. Beli Barang Bekas

Beli Barang Bekas via ebayimg.com

Beli Barang Bekas via ebayimg.com

 

Pertumbuhan bayi dapat terlihat dengan sangat jelas, karena memang pada usia ini mereka bertumbuh dengan cepat baik dalam perkembangan kepintaran dan juga fisik. Pertumbuhan fisik yang cepat berdampak pada banyaknya pakaian yang tiba-tiba saja sudah tidak muat. Nah, karena keadaannya seperti ini, maka lebih baik Anda membeli barang bekas saja. Dengan membeli barang bekas, harganya pasti lebih murah daripada baju baru, sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Tidak hanya pakaian, terkadang banyak juga produk-produk keperluan bayi yang bisa dibeli bekasnya, seperti alat sterilizer, stroller, car seat untuk bayi, dan masih banyak lagi. Barang-barang itu harganya bisa sangat tinggi jika dibeli dalam kondisi baru. Pokoknya, jangan gengsi saat membeli barang bekas, karena justru ini akan menguntungkan Anda. Namun sebelum membeli, pastikan bahwa barang itu memiliki kualitas yang baik supaya bayi Anda juga nyaman saat menggunakannya.

2. Meminjam atau Menerima Hibah

Terima Hibah Dari Orang Lain via nydailynews.com

Terima Hibah Dari Orang Lain via nydailynews.com

 

Meminjam atau menerima hibah dari teman atau saudara bukanlah hal yang memalukan, melainkan itu adalah bentuk dari kepedulian. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang yang anaknya sudah lebih besar dari anak Anda. Karena usianya sudah lebih besar, maka banyak barang yang akhirnya sudah tidak dibutuhkan lagi dan malah jadi rusah jika didiamkan saja. Maka itu, lebih baik Anda bersedia menerima barang tersebut dengan senang hati. Lagipula dengan menerima hibah, tujuan Anda untuk menghemat pengeluaran juga jadi bisa dilakukan loh.

Baca Juga: 6 Strategi Menyimpan Uang Untuk Pendidikan Anak

3. Utamakan ASI

Utamakan Beri ASI via myrtlebeachbirthservices.com

Utamakan Beri ASI via myrtlebeachbirthservices.com

 

Sepertinya hampir semua orang setuju bahwa memberikan ASI kepada bayi adalah hal yang lebih baik daripada memberikan susu formula. Namun dalam prakteknya, memberikan ASI tidak semudah yang dipikirkan banyak orang, memerlukan kesabaran ekstra dan prosesnya juga menyakitkan bagi para ibu. Itulah yang menyebabkan banyak ibu yang akhirnya memberikan susu formula kepada bayinya.

Menggunakan susu formula memang lebih mudah karena tinggal di seduh saja, susu sudah tersedia, namun harga susu formula saat ini sudah sangat mahal dan jika Anda hanya menggunakan susu formula saja, pengeluaran akan sangat membengkak. Jadi selama masih bisa menggunakan ASI, utamakan ASI saja, toh lebih baik juga kan bagi perkembangan sang bayi.

4. Buat Makanan Bayi Sendiri

Buat Makanan Bayi Sendiri via upwardonward.com

Buat Makanan Bayi Sendiri via upwardonward.com

 

Produk-produk makanan instan yang tersedia di toko-toko membuat banyak orang jadi malas melakukan hal yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Contohnya adalah makanan bayi. Makanan bayi sebenarnya sangat sederhana dan sangat mungkin untuk dibuat sendiri, tapi karena dirasa merepotkan, akhirnya banyak orang yang lebih memilih menggunakan makanan bayi siap saji yang pastinya harganya lebih mahal. Padahal jika membuat makanan bayi sendiri, modalnya kecil, prosesnya mudah, dan bayi juga terhindar dari bahan pengawet serta bahan-bahan lain yang mungkin berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya.

5. Langsung Beli Banyak Popok atau Pakai Popok Kain

Beli Popok Grosiran atau Pakai Popok Kain via pgh-casa.org

Beli Popok Grosiran atau Pakai Popok Kain via pgh-casa.org 

 

Salah satu keperluan bayi yang menguras banyak uang adalah popok. Setiap bayi pasti membutuhkan popok, jadi kamu harus mencari cara untuk menghemat pengeluaran di pos ini. Cara pertama adalah dengan langsung beli popok dalam jumlah banyak. Prinsipnya sama dengan barang grosir, jika kamu membeli dalam jumlah banyak, kamu bisa mendapat harga yang lebih murah di toko tertentu. Mengingat popok pasti akan selalu dibutuhkan, maka tidak ada salahnya jika Anda langsung membeli dalam jumlah banyak.

Cara kedua, gunakan popok kain saja. Menggunakan popok kain memang akan menambah pekerjaan Anda, karena setiap kali sang anak buang air, Anda harus mengganti popok bayi dan juga harus mencuci popok kotor tadi. Tapi cara ini sangat ampuh untuk menghemat pengeluaran.

6. Beli Sesuai Kemampuan 

Beli Sesuai Kemampuan via wonderwear.ca

Beli Sesuai Kemampuan via wonderwear.ca

 

Hampir semua orang setuju bahwa dengan harga yang lebih mahal, kualitas barang tersebut pasti semakin bagus. Tapi dalam hal ini, Anda harus mengukur kemampuan keuangan Anda. Jika Anda merasa berat dalam memenuhi keperluan sang bayi, maka jangan membeli barang yang terlalu mahal. Ingat, yang diutamakan adalah fungsinya bukan harganya. Jadi belilah barang yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda dan tidak terlalu mahal. Lakukan banyak perbandingan sebelum membeli barang.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tabungan Untuk Anak

Pandai Atur Keuangan, Masa Depan Cerah

Setiap orang pasti ingin memiliki masa depan yang cerah, termasuk Anda. Tapi apakah Anda sudah pandai mengatur keuangan? Menghemat pengeluaran merupakan salah satu bentuk pengaturan keuangan yang perlu Anda lakukan sedini mungkin karena hal ini adalah masalah kebiasaan. Jika Anda sudah terbiasa maka akan lebih mudah melakukannya. Mengatur keuangan menjadi semakin penting ketika Anda sudah memiliki bayi. Menghemat pengeluaran untuk keperluan bayi adalah hal yang perlu Anda lakukan supaya masa depan keluarga Anda cerah. Jadilah pandai dalam mengatur keuangan, dan sambutlah masa depan yang cerah.

Baca Juga: 6 Strategi Menyimpan Uang Untuk Pendidikan Anak