6 Destinasi Wisata Paling Ramai di Daerah Bandung Selatan

Selain dikenal sebagai Kota Fashion Indonesia, Bandung juga banyak memiliki tempat wisata yang menarik dan eksotis. Kawasan Bandung yang terletak di dataran tinggi membuat wilayah ini memang bercuaca khas pegunungan yang dingin atau sejuk. Tak ayal jika Badung menjadi tempat favorit bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya untuk pergi refreshing.

Salah satu kawasan yang punya beberapa destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis adalah Bandung Selatan. Wilayah yang memiliki geografi pegunungan ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan kawan-kawan sejawat. Seperti yang dikutip oleh Cermati.com dari berbagai sumber, ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi jika ke Bandung Selatan, berikut ini

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Situ Patenggang

situ patenggang
Situ Patenggang

Harga tiket masuk: Rp10.000 - Rp20.000
Alamat: Jln. Ciwidey Ranca Bali, Desa Patengan, Ranca Bali, Bandung, Jawa Barat, 40973. Bandung

Destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Bandung Selatan yakni Situ atau Danau Patenggang. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan danau yang luas lengkap dengan beragam flora maupun fauna yang unik. Selain itu, terdapat pula fasilitas lain yang ada di dalamnya, seperti toko oleh-oleh, penginapan, lahan parkir, pemandian air panas, outbond, dan masih banyak lagi yang lain.

Keunikan dari destinasi wisata ini yakni adanya “Batu Cinta”. Benda ini dijadikan oleh para penduduk sekitar dan wisatawan sebagai bentuk kasih sayang antara dua pasangan. Jadi tidak heran di Bulan Februari bertepatan dengan hari Valentine, kawasan ini sangat ramai dikunjungi oleh para turis.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

2. Kawah Putih

kawah putih
Kawah Putih

Harga tiket masuk individu: Rp15.000 - Rp20.000
Harga tiket masuk per mobil: Rp150.000
Harga tiket masuk per motor: Rp35.000
Alamat: Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973

Sebagian besar wisatawan mungkin tidak asing dengan kawasan wisata Kawah Putih, sebab sudah terkenal hingga mancanegara. Kawah Putih merupakan danau yang terbentuk dari Patuha yang berwarna putih dan memiliki bau belerang yang sangat menyengat. Untuk sampai ke tempat ini, dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari pusat Kota Bandung menggunakan kendaraan pribadi atau umum. 

Pada saat musim liburan, Kawah Putih sudah bisa dipastikan akan ramai dan padat. Karena tempat ini memang merupakan ikon pariwisata daerah Bandung Selatan. Untuk menjaga keselamatan pengunjung, pihak pengelola menerapkan kebijakan wisatawan tidak boleh berada di daerah danau atau kawah lebih dari 30 menit. Disarankan bagi Anda yang datang ke tempat ini untuk menggunakan masker. 

3. Pemandian Air Panas Cimanggu

air panas cimanggu
Pemandian air panas Cimanggu via ayobandung.com

Harga Tiket Masuk Week Day/ Hari Biasa:

  1. Wisatawan Lokal    : Rp 16.000/orang
  2. Wisatawan Asing    : Rp 100.000/orang
  3. Parkir Roda 2          : Rp. 6.000
  4. Parkir Roda 4          : Rp. 13.500
  5. Parkir Roda 6          : Rp. 67.500

Harga Tiket Masuk Week End/ Hari Libur :

  1. Wisatawan Lokal    : Rp 23.500/ orang
  2. Wisatawan Asing    : Rp 100.000/ orang
  3. Parkir Roda 2          : Rp. 8.500
  4. Parkir Roda 4          : Rp. 18.500
  5. Parkir Roda 6          : Rp. 92.500

Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

Selain dapat menikmati pesona alam Kawah Putih, di daerah Ciwidey Anda juga bisa mengunjungi wisata lainnya yang dikenal dengan nama pemandian air panas Cimanggu. Wisata alam yang lebih aman ini dikelilingi pohon-pohon besar serta aneka satwa liar. Terdapat pula pohon langka di sekitar pemandian seperti pohon Rasamala dan Baros.

Tempat wisata ini cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat dari kegiatan rutin sehari-hari. Dengan mandi di air panas ini, Anda akan merasakan relax dan pegal-pegal di badan jadi hilang. Usahakan datang lebih awal agar dapat menikmati suasana hening khas pegunungnan.

4. Ranca Upas

ranca upas
Ranca Upas

Harga tiket masuk: Rp10.000
Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

Jika ingin berlibur bersama keluarga di daerah Bandung Selatan, Ranca Upas bisa jadi objek wisata yang patut dikunjungi. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah, beragam flora dan fauna, serta tempat penginapan yang unik dan nyaman. Saking indahnya pemandangan di sekitar Ranca Upas, sering kali tempat ini laris manis bagi pasangan yang ingin melangsungkan foto prewedding.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati ragam wahana wisata seperti pemandian, outbond, toko oleh-oleh, hingga warung makan yang menyediakan menu tradisional khas Sunda. Jika ingin menikmati suasana alam, Anda juga diperbolehkan membangun tenda. Terdapat pula penyewaan tenda di sekitaran Ranca Upas yang bisa Anda pakai. 

5. Kebun Stroberi Ciwidey

strawberi

Harga tiket masuk: Rp10.000
Alamat: Jalan Ciwidey, Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat 40973

Karena terletak di daerah pegunungan, tak heran jika wilayah Bandung Selatan didominasi perkebunan. Salah satunya yakni Kebun Stroberi Ciwidey. Tempat wisata ini juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan. 

Selain Anda juga bisa belajar langsung dari petani mulai bercocok tanam, merawat kebun stroberi, Anda juga bisa memetik buah stroberi langsung dan membelinya untuk dijadikan buah tangan keluarga di rumah atau teman-teman. Satu kilonya dipatok mulai dari harga Rp.50.000 - Rp75.000. 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Petik Buah Paling Seru di Jawa Timur

6. Bukit Jamur

bukit jamur
Bukit Jamur via dakatour.com

Harga tiket masuk: Rp5.000/orang
Alamat: Jalan desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Indonesia.

Tempat wisata di daerah Bandung Selatan terakhir yang juga ramai dikunjungi para wisatawan adalah Bukit Jamur. Terletak di Ciwidey, destinasi wisata yang termasuk baru ini memiliki keunikan dari spot-spot foto yang instagramable. Kawasan ini juga biasanya dijadikan tempat swafoto seperti prewed untuk para pasangan yang ingin menikah.

Keunikan lainnya dari tempat wisata ini memang terletak pada pohon-pohon besar yang banyak tersebar. Jika diamati, pohon-pohon tersebut sepintas memang mirip dengan bentuk jamur yang besar atau raksasa. Itulah yang membuat banyak para pengunjung memanfaatkan spot tersebut untuk mengambil foto.

Atur Jadwal Liburan dengan Tepat

Kawasan Bandung Selatan yang cukup ramai terutama di hari libur, akan membuat tempat wisata menjadi padat dan jalanan akan macet. Untuk itu, sebaiknya atur jadwal liburan agar tidak bertabrakan dengan hari libur. Jika terpaksa, pastikan berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan. 

Selain itu, siapkan juga segala kebutuhan selama perjalanan ke tempat wisata yang berada di Bandung Selatan, mulai dari uang yang cukup, makanan dan minuman ringan, serta pakaian ganti jika memang berencana menginap di hotel-hotel sekitar tempat wisata.

Baca Juga: Tempat Makan di Bandung yang Wajib Dikunjungi