6 Hal Ini Wajib Diketahui Sebelum Mengambil Polis Asuransi Jiwa

Banyak orang yang selalu beranggapan bahwa isi polis asuransi begitu rumit dan sulit dipahami sehingga mereka memilih untuk tidak membacanya secara detail saat membeli asuransi. Ini tentu sebuah kesalahan sebab di dalam polis asuransi berbagai hal penting mengenai layanan tersebut akan tertera di sana. Lalu, jika Anda memilih untuk tidak membacanya dengan baik, bagaimana mungkin bisa memahami isinya dengan benar?

Ketidakpahaman terhadap polis asuransi yang Anda pilih bisa saja menimbulkan masalah nantinya. Dalam kasus seperti ini, bisa saja suatu hari Anda mengalami kerugian di dalam penggunaan produk tersebut. Hal seperti ini bahkan telah sangat sering terjadi dan sepatutnya bisa dijadikan sebagai bahan pelajaran bagi Anda yang baru akan membeli produk asuransi.

Polis menjadi hal yang wajib untuk Anda baca dan pahami dengan baik. Sebab berbagai hak dan kewajiban akan dimuat di dalamnya. Jangan sampai Anda mengalami gagal klaim atau masalah lainnya atas asuransi yang Anda gunakan. Kejadian tersebut tentu akan menimbulkan kerugian terhadap keuangan Anda. Di bawah ini beberapa poin yang harus Anda ketahui dari polis asuransi.

Baca Juga: 10 Asuransi Paling Aneh Di Dunia

1. Pelajari dan Pahami Isi Polis Asuransi

Isi Polis Asuransi Jiwa

Mengetahui Isi Polis Asuransi Itu Perlu dan Penting via spiible.com

Tidak hanya sekadar menjual produk, sebenarnya perusahaan asuransi memberikan waktu yang cukup bagi Anda untuk memahami dan mempelajari isi polis yang Anda beli. Dalam hal ini, Anda akan diberikan waktu sekitar 14 hari untuk bisa memahami secara detail polis asuransi. Dan jika merasa keberatan atas isi polis tersebut, Anda bisa membatalkan pembelian polis asuransi tersebut. Anda pun tidak akan dirugikan perusahaan asuransi. Sebab semua premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan tanpa potongan.

Jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan dan segera memiliki polis tanpa membaca serta memahaminya. Hal ini bisa sangat merugikan Anda. Gunakan kesempatan ini dengan baik sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat polis secara maksimal.

2. Data Mengenai Pemegang Polis dan Tertanggung

Polis merupakan dokumen legal yang penting di dalam layanan asuransi yang Anda gunakan. Selalu pastikan bahwa Anda melakukan pengisian data awal dengan teliti dan benar. Ini akan sangat penting untuk berbagai urusan ke depannya nanti, termasuk saat akan melakukan klaim ke pihak perusahaan asuransi.

Kesalahan pengisian data akan menyulitkan Anda dalam mengurus berbagai hal terkait dengan asuransi Anda. Karena itu, sangat penting untuk mengisinya dengan benar dan sesuai dengan data yang seharusnya. Lakukan pengecekan ulang sesudah pengisian data tersebut sehingga Anda bisa memastikan bahwa data yang tercantum sudah benar dan tepat.

3. Manfaat Perlindungan Asuransi

Manfaat Asuransi

Asuransi Bermanfaat Tak Hanya untuk Anda, Tapi Juga Keluarga via dealer.com

Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua manfaat yang ada di dalam asuransi yang Anda beli telah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jangan sampai Anda dirugikan atas hal tersebut. Setidaknya, cermati beberapa poin di bawah ini terkait dengan manfaat asuransi tersebut.

  • Jumlah uang pertanggungan yang akan diterima ahli waris apabila sewaktu-waktu tertanggung mengalami musibah semisal kecelakaan.
  • Jangka waktu pertanggungan yang akan diberikan perusahaan asuransi terhadap tertanggung.
  • Fasilitas rawat inap yang akan didapatkan, termasuk berbagai layanan di dalamnya.
  • Manfaat yang akan didapatkan dari layanan asuransi tambahan yang digunakan.
  • Prosedur pengajuan klaim.

4. Ketentuan Terkait Premi

Premi juga menjadi hal yang sangat penting untuk Anda pahami secara detail. Bisa saja perusahaan asuransi menerapkan sejumlah aturan terkait dengan hal tersebut. Beberapa poin di bawah ini menjadi hal penting yang wajib Anda cermati terkait dengan premi asuransi.

  • Jumlah premi yang harus dibayarkan, jangka waktu pembayaran, cara pembayaran, dan berbagai ketentuan lainnya terkait dengan pembayaran tersebut.
  • Ketentuan yang terkait dengan keterlambatan pembayaran premi. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan menerapkan kebijakan tertentu yang sangat mungkin akan berpengaruh pada keefektifan layanan asuransi yang Anda miliki tersebut.
  • Pemulihan kembali polis yang sudah lapse (tidak aktif) kalau sewaktu-waktu Anda mengalami tunggakan premi yang mengakibatkan polis tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

5. Ketentuan Perkecualian

Ketentuan Asuransi Jiwa

Ketahui Ketentuan dalam Asuransi via focus7shot.com

Berbagai ketentuan ini merupakan poin-poin yang dapat menimbulkan sebuah klaim mengalami penolakan oleh perusahaan asuransi. Beberapa di antaranya seperti:

  • Di dalam asuransi jiwa, pertanggungan akan dinyatakan batal, apabila tertanggung meninggal dunia akibat beberapa hal seperti:
  • Meninggal akibat bunuh diri yang terjadi dalam kurun waktu 2 tahun setelah polis diterbitkan.
  • Tertanggung meninggal ketika sedang melakukan aksi kejahatan.
  • Tertanggung dieksekusi mati oleh pengadilan
  • Tertanggung meninggal akibat tindak kejahatan atau pembunuhan yang dilakukan oleh pihak yang berkepentingan di dalam pertanggungan tersebut.
  • Di dalam asuransi kecelakaan, polis akan dinyatakan tidak berlaku apabila:
  • Terjadi peperangan atau kondisi darurat perang di wilayah Indonesia.
  • Terjadi pemogokan, kerusuhan, huru-hara, pemberontakan, perang saudara, dan juga pengambil alihan kekuasaan.
  • Tugas kemiliteran atau kepolisian yang sedang dijalankan oleh tertanggung, kecuali menggunakan premi tambahan.
  • Tindakan bunuh diri atau melukai diri sendiri (baik sadar ataupun tidak sadar), menjalani hukuman eksekusi mati oleh pengadilan, tertanggung melakukan aksi kejahatan, meninggal akibat kejahatan atau pembunuhan oleh orang yang berkepentingan terhadap pertanggungan.
  • Bertugas sebagai awak pesawat, kecuali menggunakan premi tambahan.
  • Melakukan berbagai aktivitas olah raga yang berisiko, kecuali membayar premi tambahan.
  • Meninggal akibat minuman yang mengandung alkohol, zat-zat terlarang, racun, gas dan sejenisnya.
  • Meninggal akibat menderita penyakit atau infeksi, kecuali yang diakibatkan oleh pemotongan bagian tubuh akibat kecelakaan.

6. Ketentuan Pemotongan Biaya

Sejumlah biaya yang diterapkan di dalam layanan asuransi Anda tentu menjadi hal yang wajib untuk dipahami sejak awal. Sebab ini akan mengurangi manfaat yang Anda dapatkan. Simak beberapa biaya yang patut dicermati, terutama bila mengambil asuransi unit link.

  • Biaya Pemeliharaan
  • Biaya Pertanggungan Dasar
  • Biaya Perubahan Alokasi Dana Investasi (Switching)
  • Biaya Administrasi Bulanan
  • Biaya Pengelolaan Dana (per tahun)

Baca Juga: Asuransi JNE: Perlukah Kita Menggunakannya?

Jangan Sepelekan Sebab Ini Bisa Berakibat Fatal

Polis asuransi merupakan hal yang sangat penting untuk Anda pahami dengan baik dan benar. Sebab ini akan sangat berpengaruh terhadap layanan yang Anda dapatkan di dalam produk asuransi tersebut. Baca dan pahami secara detail polis yang Anda miliki sehingga Anda bisa melihat dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Pastikan Anda memiliki polis yang tepat sehingga manfaatnya bisa terasa maksimal.

Baca Juga: Mengenal Jenis Asuransi Berdasarkan Aspek Dasarnya