6 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Pindah Kerja

Salah satu solusi untuk meningkatkan karir biasanya pindah kerja ke tempat lain. Di tempat yang baru kamu bisa mendapatkan posisi yang lebih baik dan juga gaji yang lebih tinggi dibanding tempat semula. Meskipun demikian, pindah kerja butuh banyak pertimbangan. Tawaran gaji tinggi atau posisi yang baik tidak menjamin kamu bisa hepi di tempat kerja yang baru.

Berikut ini adalah enam hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan pindah kerja:

1. Lokasi Tempat Kerja

Lokasi Kerja

Perhatikan Lokasi Tempat Kerja via scbd.com

 

Location does matter. Pastikan tempat kerjamu yang baru berlokasi mudah dijangkau baik dengan moda transportasi mau pun kendaraan pribadi. Terkadang lokasi tempat kerja yang jauh dan sulit diakses menyebabkan kamu sering terlambat dan buntut-buntutnya malas ke kantor. Kalau sudah begini, bagaimana mungkin kamu bisa meningkatkan karir?

2. Posisi di Tempat Baru

Tingkatkan Karirmu

Tingkatkan Posisi di Tempat Baru via improntalaquila.org

 

Kamu pindah kerja karena ingin meningkatkan karir dan juga gaji kan? Maka pastikan kamu mendapatkan dua hal tadi di tempat baru. Jangan sampai kamu pindah kerja, tetapi gaji kamu lebih kecil dibanding sebelumnya, atau menduduki posisi yang lebih rendah.

Baca Juga: Tips Bekerja Bagi Para Freshgraduate

Itu namanya sia-sia alias tidak berkembang. Ingat, dalam banyak hal, semua orang pasti ingin meningkatkan karir mereka.

3. Status Pegawai

Karyawan Tetap

Jadilah Karyawan Tetap via patch.com

 

Ini hampir sama dengan poin di atas, tetapi lebih spesifik yaitu status kamu saat diterima kerja. Beberapa perusahaan menerapkan sistem kontrak selama beberapa bulan, kemudian mengangkat karyawan tadi menjadi karyawan tetap. Namun ada juga yang menerapkan sistem karyawan kontrak dan memperbaharui kontrak hingga jangka waktu tertentu.

Status karyawan ini sangat penting untuk mengetahui apakah kamu bisa mengandalkan perusahaan tadi untuk karirmu ke depan. Biasanya karir yang baik hanya bisa didapatkan bila karyawan berstatus karyawan tetap. Di samping itu, ada satu keuntungan lain bila menjadi karyawan tetap. Yaitu proses pengajuan pinjaman seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan menjadi lebih mudah. Karena bank sering memberikan syarat calon debitur untuk menjadi karyawan tetap kalau ingin mengajukan pinjaman.

4. Kondisi Perusahaan Baru

Pusing Bangkrut

Jangan Sampai Gabung Perusahaan Bangkrut via duniaprofesional.com

 

Sebelum tanda tangan kontrak, kamu harus memastikan bagaimana keadaan tempat kerja baru tersebut. Jangan sampai baru beberapa bulan kamu bekerja di sana, perusahaan tersebut bangkrut. Kamu bisa mengecek tempat bekerja baru dari teman-temanmu atau website perusahaan.

Selain itu disarankan untuk pindah kerja ke perusahaan yang sudah memiliki kredibilitas dan cukup prominent dibanding perusahaan sebelumnya. Ini juga jadi tanda peningkatan karir dan kamu tidak perlu risau kalau perusahaan itu akan bermasalah. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang lain apakah perusahaan itu bagus atau tidak.

Baca Juga: Atasi Stres Kamu Ditempat Kerja Dengan Cara Ini

5. Fasilitas yang Diterima

Fasilitas Kantor yang Lengkap

Dapatkan Fasilitas yang Mumpuni via officesnapshots.com

 

Sebagai pegawai, kamu pasti mendapatkan beberapa fasilitas seperti tunjangan transportasi, tunjangan uang makan, tunjangan cuti dan lain-lain. Nah, pastikan kamu mendapatkan aneka fasilitas yang menguntungkan itu di tempat baru. Kalau bisa fasilitas itu lebih banyak dan bagus dibanding tempat kerja yang lama.

Tidak cuma fasilitas tunjangan saja, di kantor tersebut Anda seharusnya mendapat fasilitas yang bisa mendukung pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah laptop atau komputer dengan spesifikasi sesuai yang dibutuhkan. Kalau sampai hal itu harus disiapkan sendiri, maka kamu lah yang akan disulitkan i lain hari.

6. Lingkungan Bekerja

Lingkungan Kerja

Jangan Sampai Ada yang Tidak Beres via freestockphotos.name

 

Tempat bekerja yang memiliki turn-over terlalu tinggi biasanya sudah menunjukkan kalau ada yang tidak beres dengan perusahaan tersebut. Jadi sebelum bergabung kamu harus mendapatkan informasi tentang situasi lingkungan bekerja. Termasuk menjawab beberapa pertanyaan seperti apakah karyawannya diperlakukan dengan baik oleh atasan?

Jangan sampai kamu masuk ke tempat kerja baru tetapi lingkungannya tidak menyenangkan. Bisa-bisa kamu tidak betah dan harus mencari pekerjaan baru lagi.

Baca juga: 5 Hal Ini Bisa Membuat Wawancara Kerja Anda Lancar

Pikirkan Masak-Masak

Sebelum pindah kerja, baiknya pikirkan masak-masak kelebihan dan kekurangan tempat kerja baru dibanding tempat kerja lama. Alasan pindah kerja karena kamu emosi atau sedang kesal dengan bos bukan alasan terbaik. Lebih baik fokuskan diri kamu pada rencana karir ke depan yang lebih baik. Kalau berpikir dengan emosi, salah-salah kamu akan menyesal karena tempat kerja baru tidak seindah yang kamu bayangkan.