6 Kisah Haru di Balik Kesuksesan Tokoh Inspiratif Indonesia

Kesuksesan orang lain kerap menjadi hal yang menarik untuk dilihat, apalagi jika yang bersangkutan sudah benar-benar memiliki karir dan kemampuan keuangan yang baik. Namun pada dasarnya, semua kesuksesan ini tentu membutuhkan perjalanan yang panjang dan tidak bisa didapatkan dalam satu malam saja.

Kita tidak pernah tahu, apa saja yang sudah dialami para tokoh sukses ini di dalam perjalanan karir mereka, bukan? 

Tidak selalu mulus, kebanyakan orang sukses justru mengawali kesuksesan mereka dari perjalanan yang sangat sulit. Beberapa orang bahkan harus mencoba puluhan kali usaha terlebih dahulu, hingga akhirnya bisa menemukan pilihan yang paling tepat dan bisa membawa mereka sukses.

Jika selama ini Anda begitu mudah menyerah, maka tidak ada salahnya untuk melihat dan belajar dari kisah haru para tokoh sukses di tanah air.

Berikut ini adalah beberapa tokoh inspiratif Indonesia dengan kisah haru di balik kesuksesan mereka:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Sandiaga Uno

View this post on Instagram

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) on

Sandiaga Salahudin Uno merupakan satu dari segelintir pengusaha muda yang sukses di tanah air. Pria yang akrab dipanggil Sandiaga Uno ini sudah menjadi pengusaha sukses, bahkan jauh sebelum meniti karir politiknya seperti saat ini. Namanya bahkan tercatat menjadi orang terkaya di tanah air di urutan ke-29  tahun 2009 silam dalam majalah Forbes. 

Namun kesuksesan Sandi tentu tidak datang dalam semalam saja. Di tahun 1997 silam saat terjadi krisis di tanah air, Sandi menjadi salah satu karyawan yang kena PHK dari perusahaan tempatnya bekerja. Pria ini mencoba bangkit dan mengajukan lebih dari 25 lamaran kerja, namun tak satupun lamarannya diterima. Kondisi ini sempat membuatnya terpuruk selama beberapa waktu, hingga pada akhirnya Sandi mencoba bangkit kembali. 

Sandiaga Uno memulai karir sebagai konsultan keuangan dan membangun sebuah perusahaan bersama temannya. Namun semua ini tentu membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah, mengingat perusahaan rintisan ini bahkan belum memiliki nama.

Tapi di balik kegigihannya, Sandi bisa bertahan dan membangun PT Saratoga Investama Sedaya hingga sukses seperti sekarang. Bukan hanya itu saja, pria ini juga duduk sebagai direksi dalam beberapa perusahaan berskala besar di tanah air. 

2. Bob Sadino

Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha sukses di tanah air dan sekaligus pemilik dari brand Kemchick dan juga Kemfood. Pria unik dan selalu tampak santai ini kerap terlihat mengenakan kemeja dengan padanan celana pendek di dalam kesehariannya. Penampilan ini bahkan kerap membuat sebagian orang tidak pernah menyangka jika Bob Sadino adalah seorang pengusaha yang sangat sukses.

Di dalam perjalanan karirnya, pria ini pernah mengalami pasang surut yang membuatnya benar-benar berada di dalam keterpurukan. Bob Sadino bahkan harus bekerja sebagai kuli bangunan yang hanya diupah sebesar Rp 100,- per harinya. Kondisi ini membuat dirinya dan keluarga mengalami masa-masa yang sangat sulit.

Namun berkat saran seorang teman, Bob memulai peruntungannya di dunia bisnis. Diawali dengan berbisnis telur ayam negeri, Bob Sadino akhirnya bisa mengembangkan bisnisnya ke bidang peternakan ayam dan mencapai kesuksesan seperti saat ini.

Baca Juga: Perjalanan Karier Jefri Nichol, Aktor Ganteng Tapi Pemalu

3. Joko Widodo

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Nama Joko Widodo tentu sudah sangat familiar bagi kebanyakan orang di tanah air. Presiden Indonesia yang selalu tampil sederhana ini juga memiliki kisah haru di balik kesuksesannya. Sebelum terjun ke dunia politik, Joko Widodo merupakan pengusaha sukses di bidang kayu.

Namun jauh sebelum kesuksesan itu datang, Pria yang kerap dipanggil Jokowi ini sudah mengalami banyak masa-masa yang sulit, bahkan sejak usianya terbilang masih kecil.

Lahir sebagai putra seorang tukang kayu sederhana, Jokowi kecil bahkan sudah terbiasa berusaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan uang jajannya. Banyak cara yang dilakukannya untuk mendapatkan uang, mulai dari berdagang, jadi ojek payung, bahkan menjadi seorang tukang panggul. Namun kerja kerasnya ini bisa menjadi modal yang akhirnya membawa kesuksesan untuknya.

4. Martha Tilaar

Martha Tilaar menjadi salah satu tokoh wanita paling inspiratif di tanah air. Tidak hanya sukses sebagai pebisnis kosmetik, wanita ini juga sukses membangun Prama Pratiwi Martha Gallery, sebuah pusat kerajinan di Sentolo, Yogyakarta.

Mengawali karirnya dengan membuka sebuah salon kecil di garasi, Marta Tilaar memang sudah membuat berbagai produk kecantikan berbahan alami yang terbilang mudah diterima para pelanggannya. Namun saat akan memperluas jaringan bisnisnya ke beberapa mall di Jakarta, wanita ini justru ditolak dan produknya dianggap kurang berkelas. 

Penolakan ini tidak membuat niatnya surut, Marta Tilaar mulai membangun gerai jamu serta kosmetik Sariayu di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Kegigihannya membuat perusahaan berkembang pesat, bahkan bisa memiliki cabang hingga ke beberapa kota besar di tanah air. Dengan brand Martha Tilaar Group, perusahaan ini bahkan sudah punya 11 anak perusahaan.

Baca Juga: Kisah Sukses Si Cantik Bae Suzy, Terus Bersinar Meski Miss A Telah Bubar

5. Anne Avantie

View this post on Instagram

A post shared by Anne Avantie Heart (@anneavantieheart) on

Anne Avantie menjadi salah satu desainer ternama di tanah air, karyanya bahkan sangat disukai oleh para tokoh ternama Indonesia hingga mancanegara. Lahir di tengah-tengah keluarga yang sangat sederhana, pada awalnya Anna kecil bahkan tidak berani bermimpi untuk menjadi seorang desainer. 

Ibunya yang ahli dalam bidang menjahit mewariskan bakat tersebut kepada Anna, sehingga wanita ini pada akhirnya memberanikan diri untuk memulai usaha menjahit di rumah sewaannya yang sederhana.

Usaha ini dinamai Griya Busana Permatasari dan pada awalnya hanya memiliki 2 buah mesin jahit saja. Namun dari usaha yang kecil tersebut, Anna akhirnya bisa mendirikan 2 buah butik di tahun 2010 silam.

6. Susi Pudjiastusi

Nama Susi Pudjiastuti semakin dikenal luas setelah menjadi Menteri Kelautan beberapa waktu yang lalu. Bagaimana tidak, wanita enerjik ini bahkan hanya punya ijazah SMP saja, namun bisa sukses merintis karir dengan gemilang. Bukan hanya di pemerintahan saja, pada awalnya Susi memang sudah menjadi seorang pengusaha sukses sejak lama. 

Memulai bisnis di daerah Pangandaran sebagai pengepul ikan, Susi pada awalnya hanya memiliki modal yang sangat terbatas. Namun berkat kegigihannya, usaha tersebut berkembang dan akhirnya bisa menjadi perusahaan pengolahan ikan dalam skala yang cukup lumayan.

Bukan hanya itu saja,wanita sukses ini juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan kemanusiaan.

Belajar dari Kisah Sukses Orang Lain

Melihat kesuksesan orang memang tampak menyenangkan dan sepertinya mudah untuk dilakukan. Namun pada kenyataannya, setiap orang tentu akan mengalami proses yang panjang, bahkan terbilang sulit, hingga akhirnya bisa sukses seperti sekarang. Mulailah belajar dari kesuksesan orang lain, sehingga Anda juga bisa membangun kesuksesan Anda dan meraihnya dengan segera.

Baca Juga: Andal Berakting dan Senang Berbisnis, Begini Kisah Citra Kirana Sukses Berkarier di Dunia Hiburan