6 Persiapan Penting sebelum Berobat ke Luar Negeri

Menjalani perawatan di luar negeri menjadi pilihan banyak orang, terutama mereka yang memiliki budget memadai untuk urusan yang satu ini. Meski pengobatan di dalam negeri juga telah berkembang dan mengalami banyak kemajuan selama bertahun-tahun belakangan, namun keinginan masyarakat untuk berobat ke luar negeri masih terbilang cukup tinggi.

Jika berniat untuk berobat ke luar negeri, pastikan telah memiliki pertimbangan yang matang terkait dengan hal ini. Selain budget yang besar, berobat ke luar negeri tentu akan membutuhkan waktu khusus yang cukup panjang, tergantung pada masalah kesehatan yang Anda alami.

Semua ini tentu membutuhkan persiapan yang matang sejak awal, agar semua kegiatan (tindakan pengobatan) yang akan Anda jalani bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Simak 6 persiapan penting berikut ini, yang perlu Anda lakukan sebelum berobat ke luar negeri:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Kumpulkan Informasi yang Akurat

Mendapatkan Informasi Selengkap-Lengkapnya  
Mendapatkan Informasi Selengkap-Lengkapnya

Di mana Anda akan berobat dan bagaimana akan ditangani nantinya? Hal ini tentu menjadi pertanyaan mendasar yang wajib Anda dapatkan jawabannya. Pastikan mendapatkan pengobatan yang tepat, di mana Anda memang mendatangi rumah sakit atau dokter yang ahli pada penyakit yang diderita. Hal ini sangat penting, untuk menjamin bahwa kelak Anda akan ditangani oleh orang yang tepat.

Untuk urusan yang satu ini, cari dan kumpulkanlah informasi yang akurat terlebih dahulu, sebelum akhirnya Anda mempersiapkan hal lainnya. Informasi ini mencakup banyak hal, seperti: rumah sakit yang akan didatangi, layanan apa saja yang akan Anda dapatkan, besaran biaya perawatan yang akan dikeluarkan, dan yang lainnya.

Baca Juga: 6 Cara Melindungi Keuangan Dari Biaya Medis Tak Terduga

 

2. Cek Layanan Asuransi Kesehatan

Periksa Layanan Asuransi Kesehatan
Periksa Layanan Asuransi Kesehatan 

Akan sangat baik jika memiliki layanan asuransi kesehatan yang menjamin pengobatan yang akan Anda lakukan di luar negeri. Untuk itu, hubungi perusahaan asuransi dan carilah informasi yang lengkap terkait dengan hal ini.

Anda juga bisa meminta penjelasan mengenai pertanggungan apa saja yang bisa  didapatkan selama berobat nanti, sehingga paham benar berapa biaya yang wajib Anda sediakan untuk semua kebutuhan pengobatan.

3. Lengkapi dan Bawa Dokumen Perjalanan Lengkap

Persiapkan Dokumen dengan Lengkap  
Persiapkan Dokumen dengan Lengkap

Jangan lupa untuk segera mempersiapkan dokumen perjalanan secara lengkap, termasuk surat rujukan dari dokter Anda di Indonesia. Untuk penyakit tertentu, Anda juga mungkin akan membutuhkan surat keterangan izin terbang dari pihak rumah sakit atau dokter yang menangani Anda selama ini.

Jangan lupa untuk menghubungi rumah sakit (dokter) yang akan Anda kunjungi di luar negeri dan tanyakan secara detail dokumen apa saja yang Anda butuhkan untuk pengobatan tersebut.

4. Jangan Lupakan Rekam Medis

Jangan Lupa Membawa Rekam Medis
Jangan Lupa Membawa Rekam Medis 

Riwayat kesehatan tentu menjadi salah satu panduan dokter dalam menangani pengobatan di luar negeri dan hal ini bisa dilihat dari rekam medis selama ini. Jangan lupa untuk membawa serta rekam medis ini, termasuk surat keterangan dokter yang selama ini menangani Anda di dalam negeri.

5. Siapkan Dana yang Cukup

Siapkan Dana yang Cukup
Dana yang Cukup

Untuk proses pengobatan di luar negeri, Anda tentu membutuhkan sejumlah dana berobat, meskipun menggunakan layanan asuransi. Ada banyak pengeluaran lainnya yang harus Anda pertimbangkan, termasuk biaya perjalanan serta akomodasi lainnya jika ternyata dirawat jalan. Pastikan Anda memperhitungkan dan mempersiapkan biaya ini dengan baik, agar semua rencana bisa berjalan lancar.

6. Hubungi Maskapai Penerbangan

Hubungi Langsung Maskapai untuk Informasi Lebih Lengkap
Hubungi Langsung Maskapai untuk Informasi Lebih Lengkap

Jika semua poin di atas telah siap, maka Anda bisa mempersiapkan maskapai penerbangan yang tepat untuk perjalanan ini. Masing-masing maskapai penerbangan akan memiliki kebijakan serta aturan tersendiri mengenai penumpang yang sakit, sehingga penting untuk mengetahui hal ini sejak awal. Pilih maskapai yang tepat, agar perjalanan bisa berjalan lancar.

Baca Juga: Asuransi Tipe Hospital Cash Plan, Manfaat dan Cara Kerjanya

Persiapkan Secara Detail

Bagi yang berencana berobat ke luar negeri, pastikan merencanakan hal ini dengan detail dan baik sejak awal. Lengkapi semua dokumen dan kebutuhan selama berobat dengan baik, sehingga proses ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan hasil positif bagi kesehatan Anda.

Baca Juga: Ini yang Sangat Penting Diketahui dari Sistem Rujukan BPJS Kesehatan