6 Tips Belanja Hemat di PRJ

Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau yang dikenal juga dengan Jakarta Fair Kemayoran adalah salah satu acara yang digelar untuk setiap tahunnya dalam rangka merayakan hari ulang tahun Jakarta. Event tahunan warga Jakarta ini biasa digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat dan tahun ini diadakan dari tanggal 08 Juni sampai dengan 16 Juli 2017.

PRJ menyuguhkan berbagai macam promo, diskon hingga berbagai hiburan menarik bagi pengunjungnya. Tak ayal banyak yang datang ke PRJ untuk berburu barang-barang dengan harga miring. Akan tetapi, banyaknya diskon yang ditawarkan dapat menjadikan Anda kalap dalam berbelanja dan pengeluaran pun membengkak. Untuk itu, simaklah tips berikut agar bisa tetap hemat dalam berbelanja di PRJ.  

1. Tentukan Budget Pengeluaran

budget pengeluaran
Tentukan budget via shutterstock.com

Sebelum pergi ke PRJ, ada baiknya untuk menentukan budget yang akan digunakan untuk berbelanja di sana. Misalnya, batas uang yang digunakan untuk berbelanja tidak boleh lebih dari Rp700.000. Hal ini akan sangat membantu untuk menahan hasrat belanja karena melihat berbagai macam potongan harga menarik yang ditawarkan.

Selain itu, memiliki budget sangat penting bagi Anda yang pergi bersama anak kecil. Perlu diketahui bahwa dalam PRJ terdapat banyak wahana permainan anak dan untuk bisa memainkannya, diperlukan untuk membeli tiket tambahan. Setiap permainan memiliki harga yang berbeda-beda. Jika tidak menganggarkan budget, pengeluaran bisa membengkak karena hal ini.

Baca Juga: Hidup di Jakarta dengan 2 Juta Rupiah, Apa Bisa?

2. Datang di Hari Kerja

Antrian Loket Lebih Sepi via blogspot.com
Antrian Loket Lebih Sepi via blogspot.com

Harga tiket masuk PRJ berbeda-beda tergantung pada hari apa Anda datang. Di PRJ 2017 ini, harga tiket termurah dapat ditemukan pada hari Senin, yaitu sebesar Rp20.000. Sedangkan pada hari kerja lainnya (Selasa-Kamis), Anda akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp25.000. Pada akhir pekan (Jumat-Minggu) tiket PRJ dijual lebih mahal, yakni sebesar Rp30.000 yang berlaku juga pada hari libur. Oleh karena itu, usahakan untuk datang pada hari kerja, kalau bisa datang pada hari senin biar tambah hemat.

3. Datang Sepagi Mungkin

Datang Pagi Masih Sepi via wordpress.com
Datang Pagi Masih Sepi via wordpress.com

Biaya parkir di dalam area kompleks PRJ tidak dihitung per jam, tapi per sekali masuk. Tarif parkir untuk mobil Rp20.000 dan untuk motor Rp10.000. Jadi kenapa harus datang sepagi mungkin? Karena orang yang datang kesana sangat banyak, dikhawatirkan Anda akan kesulitan mencari parkir bila datang lebih siang, bahkan bisa jadi terpaksa parkir kendaraan di luar komplek PRJ. Tentu saja tingkat keamanan parkir di luar lebih rendah dan biaya parkirnya pun biasanya lebih mahal. Jadi datanglah sepagi mungkin. Kendaraan lebih aman, Anda lebih untung, dan waktu bersenang-senang lebih lama

4. Jangan Datang Saat Lapar

saat lapar
lapar via shutterstock.com

Usahakan untuk makan dulu sampai kenyang sebelum datang berkunjung ke PRJ. Dengan begitu, Anda dapat memangkas anggaran untuk makan di sana. Hal ini juga bermanfaat karena harga makanan di PRJ tergolong tidak murah. Selanjutnya, uang yang tadi seharusnya dipakai untuk membeli makanan bisa menjadi biaya tambahan untuk berbelanja atau untuk disimpan.

Baca Juga: 7 Restoran All You Can Eat Murah di Jakarta

5. Bawa Minuman Sendiri

Bawa Minuman Dari Rumah via arlenepellicane.com
Bawa Minuman Dari Rumah via arlenepellicane.com

Lokasi PRJ ada yang di dalam ruangan dan di luar ruangan. Jika mengunjunginya saat hari sedang panas terik, Anda akan cepat lelah dan haus bila harus mengunjungi stand-stand yang berada di luar ruangan. Dengan membawa minuman sendiri, anggaran untuk membeli minumpun dapat dialihkan ke anggaran belanja. Hal ini tentunya membuat Anda menjadi lebih hemat.

6. Mulai Belanja Saat Hampir Tutup

Hari Kerja Lebih Murah via bijaks.net
Hari Kerja Lebih Murah via bijaks.net

Bila Anda ingin membeli barang dengan harga yang lebih murah dari harga yang sudah di diskon, sabarlah menunggu hingga larut malam, saat stand-stand di PRJ sudah hampir tutup. Biasanya tips ini akan berlaku bagi pedagang Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Mereka akan rela ‘membanting’ harga untuk mengejar omzet harian. Akan tetapi, hal ini juga memiliki resiko, bisa jadi barang yang kamu inginkan bisa jadi sudah keburu dibeli orang lain sebelum malam tiba.

Mau Hemat Mesti Jeli

Di PRJ Anda akan melihat setiap toko memberikan potongan harga, jadi orang merasa bahwa barang yang dijual di PRJ lebih murah daripada di luar. Hal ini memang tidaklah sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Terkadang ada beberapa barang yang malah lebih murah jika kamu beli di supermarket. Barang-barang itu biasanya produk rumah tangga. Jadi kalau mau hemat, kamu mesti lebih jeli dalam melihat harganya. Jika mudah terpancing potongan harga, bisa-bisa kamu malah jadi boros.

Baca Juga : Nikmati Kemeriahan Ulang Tahun Jakarta Sambil Belanja Pintar