6 Tips Jitu Mengatur Keuangan Buat Pasangan Baru Menikah

Melangsungkan pernikahan membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya tersebut tidak berhenti sampai di situ saja karena pengantin baru juga perlu melanjutkan kehidupan sebagai pasangan suami istri. Berbagai tantangan mungkin akan dihadapi pasangan baru, khususnya yang berkaitan dengan keuangan. Sebab yang diatur bukan lagi keuangan satu orang, melainkan dua orang.

Mengawali hidup yang baru dengan perencanaan yang matang perlu dilakukan supaya masa depan keuangan tetap sehat. Jangan biarkan perasaan egois menyelimuti Anda beserta pasangan. Agar pengaturan keuangan memberikan hasil yang baik, mulailah terapkan 6 tips berikut dalam rumah tangga.

1. Buat Anggaran Keuangan

Jika dulunya Anda terbiasa menyusun anggaran keuangan sendiri, kini saatnya untuk menyusun anggaran keuangan bersama pasangan. Perbedaan pendapat saat menyusun anggaran keuangan keluarga itu wajar, mengingat daftar kebutuhan Anda dan pasangan memang berbeda.

Namun, Anda dan pasangan dilatih untuk menghilangkan ego masing-masing supaya anggaran tersusun dengan baik, rapi, dan tepat sasaran. Diskusikan daftar pemasukan dan pengeluaran. Lalu, hitunglah selisih antara kedua elemen tersebut untuk mengetahui sisa penghasilan setiap bulan. Agar keuangan keluarga tetap sehat, sebagian dari gaji suami istri sebaiknya ditabung untuk masa depan.