6 Tips Memilih Asuransi Kredit Mobil Terbaik

Banyak orang yang berpendapat bahwa memiliki sebuah mobil akan dapat meningkatkan segala aktivitas dan performanya di dunia kerja, hal ini biasanya dilihat dari prestise yang didapatkan seseorang dengan menggunakan mobil sebagai sarana pendukung aktivitas hariannya. Namun pendapat yang demikian tentulah harus didukung oleh kemampuan orang tersebut dalam memiliki dan merawat sebuah mobil yang akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan dalam kegiatan yang dilakukannya.

Meski saat ini memiliki sebuah mobil bukan lagi sebuah hal yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang, barangkali Anda juga, namun pada kenyataannya memiliki sebuah mobil tidak pula sesederhana yang dipikirkan oleh banyak orang. Seperti orang bijak mengatakan, bahwa mendapatkan sesuatu hal akan lebih mudah daripada melakukan perawatan terhadap hal tersebut. Sama halnya dengan mobil, banyak orang yang hanya memikirkan bagaimana cara mendapatkan atau membelinya dan tidak serta merta menyikapi bagaimana cara terbaik untuk merawat dan memeliharanya sepanjang waktu.

Bentuk Investasi

Setiap mobil, baik itu yang dibeli secara tunai maupun melalui pembelian kredit akan selalu membutuhkan perawatan dan perhatian khusus dari pemiliknya. Hal menjadi sangat penting untuk diperhatikan sejak awal pembelian, karena pembelian sebuah mobil kredit sekalipun akan menghabiskan dana yang bisa berjumlah puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah besarnya. Akan sangat disayangkan bila ternyata Anda tidak melakukan perawatan yang maksimal untuk uang ke luar sebesar itu, bukan?

Mobil adalah sebuah investasi dalam jumlah yang sangat besar, karena itu Anda patut memiliki sebuah antisipasi untuk menghindari kerugian yang mungkin saja Anda alami di kemudian hari. Ada banyak risiko yang bisa saja menimbulkan kerugian bagi Anda di kemudian hari, seperti: kecelakaan di jalan raya, pencurian, kerusakan dan berbagai risiko lainnya yang sudah bisa dipastikan akan menimbulkan kerugian dalam jumlah yang cukup besar.

Minimalisir Risiko

Salah satu langkah cerdas yang bisa Anda pilih untuk meminimalisir segala risiko kerugian tersebut adalah dengan cara membeli asuransi. Asuransi akan membantu Anda dalam menanggung berbagai bentuk kerugian yang bisa saja timbul pada mobil yang Anda miliki, di mana dalam hal ini Anda bisa memilih dan menyesuaikan jenis asuransi yang paling tepat bagi Anda.

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan asuransi kendaraan, Anda hanya perlu jeli dalam memilih dan menyesuaikan jenis asuransi yang paling tepat bagi Anda. Pastikan Anda mengetahui semua ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi, hal ini akan mencegah Anda mengalami kesulitan klaim di hari yang akan datang.

Pada dasarnya, pada saat Anda melakukan pembelian mobil, maka pihak leasing akan menawarkan atau merekomendasikan satu atau beberapa perusahaan asuransi yang menjalin kerja sama dengan mereka. Biasanya pihak leasing juga akan memberikan sebuah simulasi yang lengkap beserta dengan besaran asuransi yang mereka tawarkan, Anda hanya perlu mempertimbangkan dan memilih jenis asuransi yang paling tepat untuk Anda gunakan. Penggunaan asuransi ini tentu saja tidak dimaksudkan untuk membebani Anda sengan sejumlah cicilan yang berat, namun hal tersebut akan sangat penting sebagai bentuk perlindungan Anda terhadap aset mobil yang Anda miliki.

Namun, bagaimana bila ternyata pihak leasing tidak memiliki sebuah kerjasama dengan perusahaan asuransi kendaraan? Maka dalam hal ini Anda sendirilah yang harus mencari sebuah perusahaan asuransi yang tepat bagi mobil Anda. Cermati beberapa poin di bawah ini, sebagai pertimbangan Anda dalam memilih asuransi bagi mobil Anda:

1. Pertimbangkan Kredibilitas

Kredibilitas

Kredibilitas via cloudfront.net

 

Saat akan mencari sebuah perusahaan asuransi, maka hal pertama yang patut Anda pertimbangkan adalah memilih sebuah perusahaan asuransi yang benar-benar ahli dan memiliki reputasi yang baik di dalam bisnis yang mereka jalankan selama ini. Pastikan Anda menggunakan sebuah perusahaan yang memiliki kredibilitas dan layanan terbaik, hal ini bisa dilihat dari beberapa hal seperti:

  • Cara mereka menyelesaikan dan menangani klaim yang diajukan oleh nasabah.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah klaim dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran kepada nasabah.

2. Pastikan Layanan yang Diberikan

Layanan

Pastikan Layanan yang Diberikan via northbridgevending.co.uk

 

Hal yang wajib untuk Anda ketahui adalah jenis layanan yang diberikan oleh pihak perusahaan asuransi, di mana Anda harus mengetahui secara detail setiap ganti rugi yang akan Anda terima atas sebuah musibah atau kecelakaan yang Anda alami. Tanyakan dengan jelas setiap hal yang akan berhubungan dengan klaim yang mungkin akan Anda lakukan, seperti: jenis kerusakan apa yang di-cover, proses kecelakaan yang bisa diklaim, ketersediaan layanan derek, lama waktu yang dibutuhkan untuk klaim, syarat-syarat klaim, proses pendaftaran, dan berbagai macam hal lainnya yang berhubungan dengan kecelakaan.

Biasanya ada juga beberapa asuransi yang sudah memiliki bengkel rekanan dalam layanan mereka, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan klaim dan perbaikan di bengkel tersebut.

3. Cek Berbagai Macam Keluhan Nasabah Lain

Keluhan Pelanggan

Keluhan Pelanggan via michiganautolaw.com

 

Anda juga sangat perlu untuk memeriksa dan mencermati rasio pengaduan terhadap perusahaan asuransi yang akan Anda gunakan. Hal ini akan menentukan bagaimana kinerja perusahaan tersebut dalam mengatasi berbagai macam keluhan yang datang dari para nasabahnya. Bandingkan jumlah keluhan yang diterima dengan jumlah keluhan yang diselesaikan oleh perusahaan asuransi tersebut, jika ternyata rasio keluhan yang diterima lebih besar daripada keluhan yang diselesaikan oleh mereka, maka berarti perusahaan asuransi tersebut tidak bisa diandalkan dan dijadikan sebagai pilihan.

Jangan mengambil risiko dengan memilih sebuah perusahaan asuransi yang tidak memiliki kinerja yang mumpuni, karena besar kemungkinan Anda akan mengalami kerepotan untuk melakukan klaim dan bahkan kerugian karena klaim tersebut tidak ditanggapi dengan baik oleh mereka.

4. Minta Rekomendasi Dealer

  Minta Rekomendasi Dealer

Minta Rekomendasi Dealer via apustudentgov.com

 

Anda juga bisa meminta rekomendasi sebuah perusahaan asuransi kepada dealer mobil, biasanya mereka akan memiliki sejumlah referensi yang bisa diandalkan. Datangi beberapa dealer dan simak informasi yang mereka katakan mengenai hal tersebut. Jika ternyata beberapa dealer sekaligus memiliki informasi yang positif terhadap salah satu perusahaan asuransi, maka artinya Anda bisa menjadikan perusahaan asuransi tersebut sebagai pilihan yang tepat.

5. Pilih Jenis Asuransi yang Paling Tepat

Pilih Jenis Asuransi

Pilih Jenis Asuransi via bbci.co.uk

 

Hal yang tak kalah penting untuk Anda pikirkan adalah mengenai jenis asuransi yang akan Anda gunakan. Pilih yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda, hal ini akan lebih efektif dan tidak menimbulkan banyak kerugian dalam keuangan Anda.

Pada umumnya perusahaan asuransi akan memberikan 3 layanan asuransi kendaraan, yakni:

Total Lost Only (TLO)

Jenis asuransi ini hanya akan menanggung kerugian yang Anda alami akibat kehilangan (pencurian) atau kerusakan yang kondisinya lebih dari 75%, dengan kata lain bisa dijelaskan bahwa kerusakan ringan yang dialami mobil Anda tidak akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

All Risk

Jenis asuransi ini akan menanggung semua risiko kerugian yang mungkin akan Anda alami karena adanya kecelakaan yang terjadi pada mobil Anda. Dengan begitu bisa dipastikan bahwa, All Risk adalah jenis asuransi yang paling banyak menerima klaim dari para nasabahnya, di mana kecelakaan sekecil apapun bisa diajukan sebagai klaim.

Asuransi Gabungan

Jenis asuransi ini adalah gabungan dari asuransi Total Lost Only dan All Risk.

Baca Juga : Asuransi Mobil All Risk atau TLO: Pilih yang Mana?

6. Jumlah Biaya Asuransi

Biaya Asuransi

Biaya Asuransi via wp.com

 

Pertimbangkan untuk memilih jenis asuransi yang tidak membebani keuangan Anda dan menjadi masalah baru dalam pengelolaan keuangan tersebut. Setiap perusahaan asuransi akan mengenakan tarif premi yang beragam dan sesuai dengan kebijakan yang mereka terapkan dalam perusahaan. Namun hal tersebut tentu saja telah disesuaikan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertugas untuk menetapkan batasan dalam jumlah premi asuransi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya perang tarif di antara para perusahaan asuransi yang menyediakan layanan yang sama. Namun pada kenyataannya tarif yang dikenakan pada mobil Anda akan disesuaikan dengan kondisi mobil itu sendiri.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Saat Klaim Asuransi

Pelajari dan Pilih yang Terbaik

Bukan sebuah perkara mudah saat Anda dihadapkan pada beberapa pilihan perusahaan asuransi, karena pada dasarnya setiap perusahaan akan memiliki penawaran menarik dan menggiurkan. Sebagai seorang calon nasabah asuransi, maka sudah wajib hukumnya bagi Anda untuk mempelajari dan mencari tahu mana perusahaan asuransi yang terbaik bagi mobil Anda. Di cermati.com Anda bisa membandingkan produk-produk asuransi mobil terbaik dari berbagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia untuk mendapatkan asuransi mobil dengan premi termurah dengan cepat. Jangan sampai Anda rugi, pastikan memilih jenis asuransi yang paling tepat.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Baca Juga : Pentingnya Asuransi Kendaraan Untuk Anda