6 Tips Mengajar Balita Menabung

Usia dini adalah masa di mana si kecil belajar banyak hal. Pada usia inilah banyak pembelajaran yang meresap dan awal dari terbentuknya karakter serta kebiasaan yang akan dibawa hingga dewasa.

Untuk itu, penting sekali mengajarkan sesuatu dengan tepat agar anak Anda mempunyai bekal yang cukup ketika bertumbuh.

Selain mengajarkan mengenai pengetahuan, kecerdasan akademis, dan juga sopan santun, Anda juga perlu mengenalkan mengenai konsep uang dan menabung pada anak sejak dini atau bisa juga saat usia pra sekolah.

Ada banyak manfaat baik yang bisa didapat jika mulai mengenalkan anak menabung. Salah satunya adalah sikap mandiri, tidak tergantung pada orang lain, tanggung jawab, dan belajar memenuhi kebutuhannya sendiri di kemudian hari.

Memberi pemahaman pada anak mengenai menabung juga membuat anak lebih mudah menyadari kerja keras yang Anda lakukan sebagai orangtua untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan demikian, anak akan makin menghargai Anda dan juga meningkatkan keterikatan antara Anda dan si buah hati. Ada beberapa tips untuk mengajarkan anak menabung, berikut beberapa di antaranya.

1. Mengenalkan Konsep Uang

Sebelum mengajarkan anak menabung, ada baiknya Anda mengenalkan terlebih dahulu konsep uang pada anak. Karena pasti anak Anda belum begitu paham apakah itu uang, untuk apa dan berasal dari mana.

Anda dapat mengajarkan dari hal yang sederhana terlebih dahulu. Beritahu juga bahwa nilai setiap uang itu berbeda-beda tiap lembar atau koinnya, sehingga anak dapat membedakan nilai dari uang.

Berikan pula pemahaman bahwa uang merupakan alat pembayaran yang digunakan untuk bisa mendapatkan barang atau jasa tertentu.