7 Alasan Perjalanan Bisnis Menghemat Keuangan Anda

Bagi sebagian orang, melakukan perjalanan bisnis merupakan aktivitas yang menjemukan sekaligus menyenangkan. Di satu sisi, kita bisa mengunjungi kota-kota baru dan dibiayai perusahaan. Namun di sisi lain Anda harus sementara waktu meninggalkan keluarga dan teman-teman karena urusan kerja. Meskipun begitu, coba pertimbangkan ulang betapa sebenarnya perjalanan bisnis itu menyenangkan dari sisi ekonomi karena bisa menghemat keuangan dengan nilai cukup signifikan.

Bagaimana bisa? Ingat, pada dasarnya, dalam kurun waktu tertentu, Anda tidak perlu mengalokasikan dana untuk kebutuhan perjalanan seperti transportasi, makan, dan kebutuhan lainnya saat sedang melakukan perjalanan bisnis. Karena, semua pengeluaran yang dikeluarkan selama perjalanan bisnis ditanggung oleh perusahaan. Nah berikut adalah penghematan yang telah berhasil Anda lakukan jika sedang melakukan perjalanan bisnis.

1. Hemat Pengeluaran Bensin

Hemat BBM

Hemat BBM via yantekbansel.files.wordpress.com

 

Pengeluaran bensin tentunya cukup menyedot dana bulanan Anda karena harganya terus naik seiring dengan perubahan kebijakan pemerintah ataupun pengaruh harga minyak dunia. Selama sedang dalam perjalanan bisnis, tentunya kita tak perlu khawatir harus mengeluarkan dana tambahan untuk bensin. Karena itu semua tentunya ditanggung oleh perusahaan yang menugaskan Anda.

 

Baca Juga: 6 Cara Hemat Liburan Ke Luar Negeri

2. Mobil Anda Bisa ‘Beristirahat’

Mobil Bisa Istirahat

Mobil Bisa Istirahat via customsuperhomes.com

 

Jika bisa berbicara, mobil tentu akan sangat berterima kasih jika Anda melakukan perjalanan bisnis. Kok bisa? Karena dia tidak perlu capek-capek dibawa kita mengarungi jalanan yang panas dan macet serta kendala lain ketika berangkat maupun pulang kerja. Bagaimanapun juga, penggunaan mobil dala kehidupan sehari-hari di jalanan yang macet kedepannya akan memperngaruhi performa mesin dan elemen lainnya.

3. Bisa Mengumpulkan Miles dan Reward Kartu Kredit

Manfaatkan Mileage

Manfaatkan Mileage via otiket.info

 

Karena sering bepergian melakukan perjalanan bisnis, maka ini kesempatan bagi Anda untuk menghasilkan ribuan point miles pada kartu kredit Anda. Karena, kini banyak kartu kredit yang sudah menawarkan fitur mileage produk maskapai penerbangan tertentu. Point miles tersebut dapat ditukarkan dengan reward atau hadiah tertentu, misalnya tiket pesawat gratis?

Selain itu, jika Anda bepergian dan menginap di hotel yang sama berulang kali. Bisa juga berkesempatan untuk mendapatkan point jika membayarnya dengan kartu kredit. Tertarik?

Baca juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

4. Mengurangi Biaya Belanja Makanan

Makan di Restoran

Makan di Restoran via ask-jansen.com

 

Karena perusahaan sudah menanggung semua pengeluaran Anda termasuk makan ketika sedang melakukan perjalanan bisnis. Maka tentunya budget Anda untuk pengeluaran yang satu ini dapat berkurang bukan? Selain itu, kita juga bisa dapat makanan gratis selama perjalanan bisnis jika menghadiri seminar, konferensi ataupun meeting dengan partner bisnis dan perusahaan.

5. Mengurangi Biaya Listrik di Rumah

Tagihan Listrik

Tagihan Listrik Murah via energitoday.com

 

Keuntungan ini tentunya hanya didapat bagi Anda yang masih lajang. Dengan kerap bepergian dalam perjalanan bisnis, maka tagihan listrik mungkin saja dapat berkurang karena semua alat elektronik di rumah menjadi jarang digunakan. Hal yang sama juga berlaku untuk tagihan lainnya seperti air PAM atupun kuota internet.

6. Mengurangi Belanja Hura-Hura

Mengurangi Belanja

Mengurangi Belanja via beritatrans.com

 

Apa yang biasanya Anda lakukan ketika pulang kerja?. Belanja, pergi ke bisokop, dan menghabiskan uang untuk kegiatan lainnya. Saat sedang melakukan perjalanan bisnis, kita tentu tak perlu menyiapkan pengeluaran untuk hal-hal tersebut. Lebih beruntungnya lagi, justru Anda-lah yang akan dijamu sebagai tamu oleh rekan bisnis dari sisi akomodasi bahkan hiburan. Lebih menyenangkan dan hemat bukan?

7. Memperbanyak Jaringan Kerja

Perluas Jaringan Bisnis

Perluas Jaringan Bisnis via blogspot.com

 

Satu hal yang sering tidak terpikirkan oleh orang-orang ketika melakukan perjalanan bisnis adalah kita akan menemui orang-orang baru. Apa keuntungannya? Satu hal yang paling utama adalah jaringan kita akan semakin luas dan usaha kita akan semakin besar. Rekan bisnis yang kita temui itulah yang akan memberi kita pintu untuk meraih kesuksesan yang lebih besar. Apalagi kalau rencana kerja yang disiapkan dari perjalanan itu berhasil.

 

Baca Juga: 6 Cara Hemat Dengan Belanja Pintar

Siapa Bilang Perjalanan Bisnis Itu Membosankan?

Nah, karena Anda telah berhasil mengurangi biaya-biaya untuk kebutuhan sehari-hari saat melakukan perjalanan bisnis. Ini saat yang tepat untuk menabung uang hasil penghematan tersebut.