7 Aturan Belanja Saat Liburan Agar Tidak Boros

Bulan Mei mendatang, ada beberapa tanggal merah di awal bulan yang bisa anda jadikan waktu untuk liburan keluarga. Sah-sah saja bukan jika anda mempersiapkannya dari sekarang?

Nah, saat musim liburan tiba, akan sangat menyenangkan untuk keluarga dan kerabat bisa pergi bersama-sama ke suatu tempat favorit, hanya untuk menghabiskan waktu bersama.

Di satu sisi, hal ini memang sangat menyenangkan, namun di sisi lain, pernahkah anda memperhitungkan berapa biaya yang harus anda habiskan?

Katakanlah, budget liburan anda tidak terlalu besar. Masalahnya, anda perlu untuk membeli oleh-oleh titipan keluarga dan lain sebagainya.

Berdasarkan survey National Retail Federation di 2015, rata-rata orang menghabiskan budget dalam jumlah besar selama musim liburan  untuk membeli hadiah bagi keluarganya.

Padahal, hal tersebut bisa diminimalisir. Oleh karena itu anda harus mulai memperhitungkan pengeluaran belanja anda. Berikut ini ada 7 hal yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan saat berbelanja di saat liburan:

1. Menentukan Budget

Lakukan hal ini, sebelum anda memutuskan untuk belanja di mal, atau belanja online sekalipun saat musim liburan.

Buatlah daftar orang-orang yang merupakan kerabat anda yang biasanya wajib diberikan hadiah oleh-oleh liburan.

Tulis budget maksimal untuk kado mereka tiap orangnya, kemudian jumlah dan pastikan saat anda berbelanja nanti, anda hanya mengeluarkan budget sesuai dengan daftar tersebut.