7 Cara Tepat Packing Barang, Agar Mudik atau Travelling Makin Nyaman

Mengisi waktu libur dengan travelling merupakan hal yang sangat menyenangkan dan banyak orang yang menjadikan hal itu adalah pilihan yang tepat, terutama bagi yang memiliki hobi tersebut. Tentunya kegiatan ini bisa dilakukan saat liburan panjang yang sebentar lagi akan tiba. Selain bertujuan mudik lebaran untuk bertemu saudara, Anda juga bisa travelling dengan mengeksplor destinasi wisata sekitar.

Beberapa tahun belakangan, aktifitas yang satu ini memang mulai banyak digandrungi banyak orang, mulai dari orang dewasa maupun anak kecil. Apalagi maraknya penggunaan sosial media menjadikan mudik atau travelling bukan hanya sekedar untuk dinikmati, tapi para pengguna sosial media juga bisa sharing ke pengguna yang lainnya dengan upload foto destinasi wisata yang dikunjungi.

Mengingat ketika liburan tidak selalu mudah dan murah, maka mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik penting dilakukan sejak awal. Mulai dari penentuan waktu, pembelian tiket hingga packing.

Nah, saat packing inilah biasanya orang akan mengalami kesulitan menyusun barang yang akan di bawa. Cara yang salah saat packing, bisa menimbulkan berbagai macam masalah, diantaranya akan mengalami kerepotan saat membawa banyak barang dan bisa saja harus merogoh kocek lebih karena kelebihan bagasi. Sebaiknya hindari hal tersebut dengan simak cara tepat saat packing yang bisa diterapkan berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilihlah Tas yang Tepat

tas
Pilihlah Tas yang Tepat

Penentuan tas yang tepat perlu dilakukan sesuai dengan kenyamanan saat perjalanan dan tujuan wisata yang akan dikunjungi. Sebagai contohnya saja, jika mengunjungi ke berbagai tempat atau berpindah-pindah lokasi, maka ada baiknya carrier menjadi pilihan yang tepat. Selain, mudah dibawa, carrier juga memiliki kapasitas menyimpan banyak barang. Namun, jika Anda hanya menetap di satu tempat saja dan hanya mengeksplor destinasi wisata sekitar penginapan, maka tidak ada salahnya menggunakan koper atau jenis tas lainnya.

Selain jenis tas yang perlu ditentukan, pemilihan bahannya juga perlu dicermati dengan baik. Pastikan memilih bahan tas yang memiliki kualitas baik, di mana barang-barang bisa tersimpan dengan aman. Bukan hanya kuat atau tidaknya yang menjadi pertimbangan, tapi tas juga harus tahan terhadap air sehingga tidak perlu ada rasa khawatir barang basah ketika hujan turun. Pilihlah ukuran tas yang sesuai dengan kebutuhan yang dibawa agar tidak mengalami masalah kelebihan bagasi ataupun kerepotan membawa banyak tas.

2. Pilih Barang Bawaan yang Dibutuhkan

barang mudik
Pilih Barang Bawaan yang Dibutuhkan

Jumlah barang uang dibawa akan memperngaruhi kesuksesan Anda saat packing. Jika liburan hanya memerlukan waktu sebentar, pastinya akan membawa sedikit barang sehingga pekerjaan ini tidak akan rumit. Namun sebaliknya, jika akan melakukan perjalanan panjang, tentu akan banyak barang yang harus dibawa. Hal ini perlu mengeluarkan tenaga ekstra agar bisa berhasil packing. Pastikan barang bawaan hanya yang dibutuhkan saja. Sesuaikan kebutuhan pakaian, yang dikenakan selama mudik atau travelling sehingga tidak perlu membawa pakaian lebih.

Baca Juga: Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

3. Pilih Barang yang Tidak Membutuhkan Perawat Ekstra

pilih baju
Pilih Baju yang Tidak Mudah Kusut

Membawa pakaian yang simple adalah pilihan yang tepat saat mudik atau travelling. Pilihlah pakaian yang tidak mudah kusut sehingga tidak perlu kerepotan membawa alat setrika. Hindari juga pakaian atau barang lainnya yang membutuhkan perhatian ekstra, misalnya mudah rusak, terlalu banyak aksesoris, membutuhkan tempat penyimpanan khusus dan sebagainya.

4. Gulung Pakaian Agar Hemat Tempat

gulung baju
Gulung Pakaian

Menempatkan pakaian dengan cara menumpuk tidak akan membuat barang lainnya bisa masuk ke dalam tas. Maka tidak ada salahnya jika Anda menggulung pakaiannya satu per satu. Banyak keuntungan yang bisa didapat, diantaranya bisa hemat tempat, mudah disusun, kerapian dan kebersihan pakaian tetap terjaga, serta akan lebih mudah diambil jika diperlukan. Cara ini tentu bisa dilakukan di berbagai macam tas, mulai dari koper, carrier ataupun jenis tas lainnya.

5. Kenakan Alas Kaki yang Tepat dan Bawa Cadangan

sepatu dalam koper
Siapkan Satu Alas Kaki Cadangan

Tidak perlu membawa banyak alas kaki karena akan membuat Anda semakin repot dan pastinya akan menghabiskan banyak tepat di dalam tas. Pilihlah alas kaki yang nyaman dan bisa digunakan di medan lokasi yang berbeda. Selain itu, siapkan satu alas kaki cadangan jika sewaktu-waktu alas yang digunakan kotor atau rusak sehingga tidak perlu membeli alas kaki baru sebagai pengganti. Misalnya saja, kenakan sepatu satu saat perjalanan, bawa satu sepatu sebagai cadangan dan manfaatkan sendal yang termasuk fasilitas penginapan jika ingin keluar disekitar penginapan.

Baca Juga: 9 Benda Murah yang Wajib Dibawa Saat Jalan-Jalan

6. Simpan Barang dengan Aman

perlengkapan travelling
Simpan Barang dengan Aman

Pastikan simpan semua barang dengan tepat, dimana setiap barang sejenis berada pada wadah yang sama. Selain memudahkan Anda ketika ingin mengambilnya, hal ini juga akan membuat isi tas tetap aman dan tidak akan berantakan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Masukan semua kabel charger, earphone dan lainnya ke satu kotak kecil. Tujuannya, mencegah kusut dan kabel tidak mudah rusak atau terkena cairan.
  • Tutup semua botol yang berisi cairan dengan plastik, hal ini akan mencegah cairan tumpah yang bisa mengotori barang lainnya.
  • Bawa sepatu yang simpel, kemudian masukan ke kantong plastik sehingga tidak mengotori barang lain yang ada pada tas.
  • Amankan barang berbentuk kaca ke dalam kaus kaki, kemudian tempatkan di dalam sepatu cadangan.
  • Tempatkan juga aksesoris yang dibawa ke satu kotak kecil agar tidak rusak

7. Susun Semua Barang dengan Tepat

smart packing
Susun Barang dengan Tepat

Jangan sampai barang yang dibawa menjadi rusak karena salah menyusun barang. Lakukan beberapa tahapan ini agar barang tetap aman.

  • Mulailah susun barang dengan barang yang paling berat terlebih dahulu.
  • Tempatkan barang yang rapuh atau mudah rusak pada bagian atas agar tidak tertindih dengan barang yang lainnya.
  • Pastikan semua area dalam tas terisi dengan sempurna
  • Jangan lupa untuk selalu gunakan kunci tas ketika mudik atau travelling agar barang aman dan terhindar dari orang-orang yang ingin melakukan pencurian.

Pastikan Packing dengan Tepat

Packing menjadi hal yang penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja, sebab hal ini akan mempengharuhi kenyamanan selama liburan. Sebaiknya, buat list barang kebutuhan yang diperlukan selama perjalanan terlebih dahulu, mulai dari barang yang kecil hingga besar. Berhati-hatilah saat menyusun barang bawaan ke dalam tas. Jika packing sudah dilakukan dengan benar dan tepat, maka Anda bisa menikmati perjalanan mudik atau travelling dengan nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: Hindari Berhutang saat Travelling, Ini Dia Cara Menghemat Pengeluarannya