7 Hal Ini adalah Sumber Pengeluaran Tak Terduga

Seringkali di awal bulan, kita melakukan perencanaan pengeluaran selama sebulan untuk membantu kita agar dapat hidup hemat. Daftar tersebut di cek berulang kali hingga kita sangat yakin bahwa kita akan dapat menabung sekian besar. Tetapi ketika di akhir bulan kita meninjau kembali daftar rencana dengan pengeluaran kita sebenarnya. Dan hasilnya selalu saja pengeluarannya lebih besar dari yang direncanakan. Mengapa ini terjadi? Karena selalu ada sumber pengeluaran tak terduga setiap bulannya.

Pengeluaran tak terduga dapat berbentuk apa saja. Setiap orang memiliki bebannya masing-masing, oleh karena itu pengeluaran tak terduga tidak dapat disamakan. Namun ada beberapa hal yang umumnya menjadi sumber pengeluaran tak terduga.

7 hal yang menjadi sumber pengeluaran tak terduga :

1. Sakit

Tidak ada orang yang tidak pernah sakit dan tidak ada juga orang yang dapat memprediksi kapan ia akan jatuh sakit. Penyakit bisa datang kapan saja, baik ketika kita sedang banyak uang ataupun kurang uang. Pengobatan pun tidak selalu murah. Oleh karena itu, kita harus berjaga-jaga dengan uang kita. Dan yang terpenting, selalu gembira ya, karena hati yang gembira adalah obat yang paling manjur.

2. Musibah

Sama halnya seperti penyakit, musibah datang tanpa ada perencanaan. Ketika bencana datang, pengeluaran yang harus dikeluarkan menjadi besar. Masalah akan semakin runyam ketika kamu tidak memiliki uang untuk menyelesaikannya. Musibah yang dimaksud adalah seperti kebakaran rumah, kendaraan rusak, kebanjiran, dll.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Dalam Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

3. Barang Diskon

Potongan harga sungguh sangat menggoda, apalagi jika barang itu sudah lama kita incar. Saat itulah kita harus mengambil keputusan yang berat, yaitu untuk tetap menahan diri karena itu bukan kebutuhan, atau beli saja karena kesempatan tidak datang dua kali. Apapun pilihan kamu, pikir dahulu sebelum membeli. Ingat bagaimana kondisi keuanganmu, dan seberapa butuh kamu akan barang tersebut. Jangan sampai menyesal setelah membeli.

4. Pulsa Telepon Seluler

Biaya untuk pulsa seringkali membengkak karena terkadang secara tidak sadar kita memakainya untuk hal-hal yang tidak berguna. Pulsa biasanya dianggap sepele sehingga kita tidak berpikir sebelum menggunakannya. Hal ini yang membuat pulsa membengkak. Pakailah pulsa untuk hal-hal yang perlu, missal untuk menelepon orang tua, membicarakan hal-hal penting, dan jika tidak penting gunakan cara komunikasi yang lebih murah, bahkan gratis.

Baca Juga: 5 Aplikasi Yang Mempermudah Kamu Mengelola Pengeluaran

5. Traktiran

Pengeluaran untuk hal ini biasanya terjadi di bulan ulang tahun kamu. Ketika momen bahagia itu datang biasanya kita ingin merayakannya bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Tentunya untuk melakukan perayaan harus ada uang yang dibayarkan. Tapi ingat, traktiran itu tidak harus mahal, carilah tempat yang sesuai kantong, atau jika kamu tidak punya uang, sekedar ngumpul bareng juga bisa kok. Kebersamaan itu yang paling penting, kan?

6. Hobi

Ini dia pengeluaran yang biasanya suka kebablasan. Melakukan hobi memang sangat menyenangkan, saking menyenangkannya, hal ini bisa membuat kita lupa tentang bagaimana kondisi kantong kita. Sifat yang ingin terus memuaskan hasrat kita ini dapat berdampak buruk pada hidup kita nantinya. Ketika uang sudah habis karena semua terpakai untuk menyalurkan hobi. Lebih baik, anggarkan sebagian uang untuk disalurkan ke hobi kamu setiap bulannya, sehingga pengeluaran dapat lebih dikontrol.

7. Memberikan Hadiah dan Sumbangan

Sebagai manusia, tentu sifat berbagi sangat perlu. Hal ini juga merupakan sumber pengeluaran tak terduga setiap bulannya. Ketika diundang ke pesta pernikahan teman, memberikan hadiah merupakan hal yang sangat lazim. Memang kita harus memberikan hadiah, tetapi hadiah itu harus yang sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan berkaca pada orang yang lebih tinggi status sosialnya dari kamu dengan alasan gengsi karena hal itu hanya membuat uang kamu habis. Ingat, selalu memberi dari apa yang kamu miliki.

 

Sesuai dengan namanya, pengeluaran tak terduga memang datang tiba-tiba. Ketika hal itu datang dan kamu tidak memiliki uang, maka hidup kamu akan menjadi sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

3 Cara untuk mengatasi pengeluaran tak terduga

1. Miliki Dana Siap Siaga

Sisihkan sebagian dari uang kamu untuk dana siap siaga. Dana ini berguna untuk menjaga kita dari kehabisan uang ketika hal-hal diatas terjadi. Selain itu, dengan memiliki dana siap siaga, kita akan selalu merasa aman dengan hidup kita karena kita tahu bahwa selalu ada uang yang dapat dipakai saat dibutuhkan.

2. Hati-hati dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kecenderungan orang menjadi boros ketika berbelanja dengan kartu kredit. Hal ini karena kamu tidak menyadari berapa uang yang sebenarnya kamu miliki dan berapa banyak yang mampu kamu bayarkan. Itulah keburukan dari kartu kredit. Namun, bukan berarti kamu tidak usah menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit akan menguntungkan jika kamu bijak dalam menggunakannya. Dengan menggunakan kartu kredit, uang tunai yang kamu siap pakai lebih banyak. Jadi, kuncinya adalah bersikap bijak dalam memakai kartu kredit.

3. Daftarkan Diri ke Asuransi

Ada beberapa hal yang bisa di atasi dengan asuransi. Jenis asuransi bermacam-macam, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi kendaraan, dll. Dengan kamu mendaftarkan diri ke asuransi, hal-hal seperti sakit dan musibah dapat teratasi lebih baik. Kamu dapat merasa lebih aman karena ada asuransi. Selain itu, dengan kamu mengikuti asuransi, kamu memiliki investasi untuk masa depan.

 Baca Juga: 6 Cara Menghemat Pengeluaran Untuk Keperluan Bayi

Selalu waspadai sumber-sumber pengeluaran tak terduga, karena tanpa disadari, itu dapat menggerogoti uang kamu. Jadi, ingat dan lakukan tips untuk menanggulanginya agar semua masalah menjadi lebih mudah untuk dilalui. Seperti pepatah, “Sedia payung sebelum hujan.”