7 Jenis Tawaran Kontrak Kerja yang Harus Ditolak bagi Para Fresh Graduate

Sulitnya mencari pekerjaan telah menjadi fenomena yang terjadi selama belasan tahun belakangan. Ada banyak tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan, sementara lowongan pekerjaan yang tersedia sangat terbatas, bahkan sulit sekali untuk didapatkan. Bukan hanya di beberapa wilayah saja, namun hal seperti ini terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Lalu, jika pekerjaan begitu langka, haruskan kita menerima pekerjaan apa saja yang ada?

Meski pekerjaan begitu sulit untuk didapatkan, kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih dan menyeleksi pekerjaan. Jangan sampai mengalami masalah atau bahkan kerugian, hanya karena menerima pekerjaan yang tidak sesuai dan tidak wajar.

Di luar sana ada banyak lowongan pekerjaan yang pada dasarnya tidak layak, di mana mereka (perusahaan) memang tidak menerapkan sejumlah kebijakan yang baik, tepat dan dapat menjamin kesejahteraan serta hak-hak para pekerjanya. Artinya, jangan sampai masuk dan bekerja pada sebuah perusahaan yang tidak memperlakukan kamu dengan baik dan layak, sebagaimana seorang pekerja profesional. Semua ini bisa dicermati dalam kontrak kerja yang mereka sodorkan, termasuk profil perusahaan itu sendiri.

Bahkan meski hanya seorang fresh graduate, kamu bisa memilih yang terbaik untuk pekerjaan. Simak 7 jenis tawaran kontrak kerja yang sebaiknya ditolak berikut ini:

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Pekerjaan Impian? Lakukan Tips Ini

1. Perusahaan Tidak Profesional Sejak Awal

Perusahaan Tidak Memiliki Etika yang Profesional  
Perusahaan Tidak Memiliki Etika yang Profesional

Bukan setelah bekerja atau bahkan saat telah berada di dalam sebuah perusahaan untuk menghadiri wawancara, namun sikap tidak profesional ini bahkan bisa saja kamu terima lebih awal dari kedua momen tersebut di atas. Ada banyak sikap tidak profesional yang bisa saja diterima dari perusahaan, misalnya: mengirimkan undangan wawancara di luar jam kantor, menggunakan bahasa yang tidak layak dan profesional ketika menghubungi, atau bahkan menelepon kamu di luar jam kantor.

Beberapa sikap di atas, jelas menunjukkan betapa perusahaan yang akan didatangi memang tidak profesional sejak awal, dan hal ini patut untuk dihindari. Etika kerja sangat penting, bahkan untuk sebuah perusahaan skala kecil sekalipun.

2. Perusahaan Bermasalah

 Perusahaan Bermasalah  
Perusahaan Bermasalah

Kecil atau besarnya sebuah perusahaan tentu bukanlah selalu menjadi ukuran dalam mencari sebuah pekerjaan, sebab akan selalu ada proses yang panjang hingga sebuah perusahaan tumbuh menjadi besar. Namun meski demikian, berbeda halnya dengan perusahaan yang tidak “sehat”, yang mana perkembangannya memang tidak jelas atau bahkan sedang mengalami kemunduran.

Hindari untuk bergabung dengan perusahaan seperti ini, sebab karir kamu hanya akan berakhir pada tempat yang salah saja. Perusahaan yang bermasalah, hanya akan membawa ke dalam masalah juga, sebab kamu tidak akan bisa berkarir dengan baik di sana. Daripada membuang-buang waktu yang berharga di sana, lebih baik mencari perusahaan lain yang lebih menjanjikan.

3. Deskripsi Pekerjaan yang Tidak Jelas Sejak Awal

Deskripsi Pekerjaan Tidak Jelas  
Deskripsi Pekerjaan Tidak Jelas

Hal lainnya yang sangat penting untuk kamu pahami sejak awal adalah mengenai deskripsi pekerjaan yang akan ditangani di perusahaan tersebut. Jangan sampai menandatangani sembarangan sebuah kontrak kerja, sementara kamu tidak paham apa saja yang harus dikerjakan dan menjadi tanggung jawab di dalam perusahaan.

Hal seperti ini sangat berpotensi menimbulkan kerugian, terutama jika ternyata di masa yang akan datang kamu dihadapkan dengan sejumlah pekerjaan yang berat atau bahkan tidak beraturan. Tinggalkan perusahaan seperti ini, sebab akan sangat merugikan di masa yang akan datang.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

4. Gaji yang Tidak Sesuai dengan Porsi Tanggung Jawab

 Beban Kerja Tidak Sesuai dengan Gaji yang Diberikan  
Beban Kerja Tidak Sesuai dengan Gaji yang Diberikan

Siapapun tentu tidak ingin kerja rodi dan hanya menerima gaji kecil yang tidak sesuai. Ada banyak perusahaan yang seperti ini, di mana mereka memberikan beban kerja yang berat kepada karyawannya, namun tidak memberikan gaji serta kompensasi sepadan untuk hal tersebut.

Meski mencari pekerjaan sangat sulit, namun selalu hindari untuk bergabung dengan perusahaan seperti ini. Kamu bisa mendapatkan yang lebih baik dan layak, atau setidaknya yang dapat memberikan kamu gaji standar yang layak untuk fresh graduate.

5. Kontrak Kerja yang Tak Jelas Sejak Awal

Kontrak Karyawan yang Tidak Jelas  
Kontrak Karyawan yang Tidak Jelas

Mengabdi pada perusahaan yang tidak memberikan jaminan hak serta kewajiban yang jelas melalui sebuah kontrak kerja hanya akan membuang-buang waktu kamu yang berharga di sana. Jangan biarkan masa depan digantung oleh sebuah perusahaan yang tidak layak, di mana kamu bekerja keras tanpa kejelasan karir dan juga gaji di masa yang akan datang.

6. Jenjang Karir yang Tidak Jelas

 Cari Perusahaan yang Menjamin Jenjang Karir yang Jelas
Cari Perusahaan yang Menjamin Jenjang Karir yang Jelas 

Bagaimana kamu akan berkembang dan menjadi lebih besar, jika perusahaan tempat bekerja tidak memiliki ruang yang cukup untuk berkembang? Hal seperti ini perlu dipahami sejak awal, sebab bisa saja menjebak kamu di dalam sebuah kondisi yang menyedihkan. Jika perusahaan tidak memberikan ruang yang cukup untuk mengembangkan karir dan juga kemampuan di dalam pekerjaan, maka tinggalkan saja perusahaan tersebut dan temukan yang lebih baik lagi untuk masa depan.

7. Lingkungan Kerja yang Tidak Ramah dan Nyaman

 Lingkungan Kerja yang Tidak Nyaman  
Lingkungan Kerja yang Tidak Nyaman

Penting untuk menemukan sebuah lingkungan kerja yang ramah dan nyaman, agar bisa bekerja dengan maksimal dan tenang. Meski sulit, namun pada dasarnya perusahaan seperti ini bisa ditemukan, atau setidaknya perlahan mudah untuk menyesuaikan diri. Namun jika ternyata kamu memang menemui lingkungan kerja yang tidak ramah dan memiliki budaya kerja yang kurang baik, maka sebaiknya kamu menghindari untuk bergabung dengan perusahaan seperti ini.

Kamu bukan robot yang dapat bekerja tanpa dukungan lingkungan serta orang-orang yang ramah di sekitar, sebab kondisi seperti ini hanya akan menimbulkan perasaan tertekan atau bahkan stres.

Baca Juga: 4 Tips Mencari Pekerjaan Sampingan Tanpa Mengganggu Pekerjaan Utama

Cermati yang Terbaik Sejak Awal

Mencari pekerjaan mungkin bukan sebuah hal mudah yang bisa dilakukan dalam waktu yang cepat. Namun meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati dan selektif dalam memilih pekerjaan serta perusahaan yang akan ditempati nanti. Cermati sejak awal pekerjaan dan juga perusahaan yang kamu datangi, agar bisa memilih yang terbaik untuk masa depan.

Baca Juga: Jangan Coba-Coba Kerja di Kota Besar Jika Memiliki Tipe Ini