7 Pekerjaan ini Akan Digantikan Robot, Pertahankan Karir dengan Kembangkan Skill ini!

Kian kemari teknologi berkembang begitu pesat. Bahkan bisa dibilang beberapa tahun kedepan teknologi akan mendominasi di banyak sektor, termasuk pada bidang pekerjaan. Saat ini saja, sudah mulai banyak teknologi canggih berupa robot yang bisa mengoperasikan suatu pekerjaan, khususnya di beberapa negara asing.

Seperti jepang yang menghadirkan robot untuk mencuci rambut di salon bagi para manual dan disabilitas, Paris terdapat robot Buddy yang menjadi asisten pribadi dan masih banyak lagi.

Menurut World Economic Forum, perubahan teknologi akan terjadi selama empat tahun kedepan. Ungkapan ini didapatkan berdasarkan data laporan “Future of Fobs Report 2018”. Artinya, kemungkinan besar bila tahunnya tiba sumber daya manusia tidak lagi dibutuhkan sebab penyelesaian pekerjaan akan digantikan oleh robot.

Hal ini tentunya bisa menggoyangkan perjalanan karier seseorang. Namun tak perlu khawatir, Anda masih bisa mempertahankan karier di era teknologi yang semakin canggih dengan baik asalkan memiliki dan mengembangkan beberapa keahlian dasar yang dapat menunjang karier Anda.

Berikut terdapat tujuh pekerjaan yang akan hilang dan digantikan oleh robot, serta beberapa keahlian dasar yang perlu dimiliki dan dikembangkan untuk menunjang karier.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Telemarketing

tele
Telemarketing

Telemarketing merupakan salah satu cara efektif melakukan promosi sebuah produk atau jasa melalui telepon. Sayangnya, pekerjaan ini mulai menurun lambatnya waktu. Hal ini disebabkan, selain banyaknya masyarakat yang mulai merasa terganggu dengan adanya telepon hingga kasus penipuan, penurunan ini juga karena kehadiran teknologi yang menggunakan sistem pemasaran jarak jauh. Namun, belum ada kabar menyoal pekerjaan telemarketing ini diganti menjadi robot.

2. Agen travel

Bukan hanya penawaran paket wisata yang menarik saja, agen travel ini juga sangat mudah diakses. Bahkan hanya menggunakan ponsel saja. Bisa dilihat, 70% masyarakat akan melakukan search and share secara digital, sementara sisanya booking secara online. Hal ini tentunya bisa menjadi memperburuk kondisi pada agen travel analog, jika perubahan tersebut tidak dilakukan dengn segera maka bisa saja agen travel yang masih dilakukan secara manual akan mengilang berjalannya waktu.

3. Pegawai Resto Cepat Saji

Saat ini, setiap restoran cepat saji masih memberdayakan pegawai dalam melayani pelanggannya mulai deri pemesanan menu makanan hingga pembayaran. Tapi ini tentunya tidak akan berlangsung lama lagi. Beberapa tahun yang akan datang, di seluruh restoran cepat saji tidak membutuhkan pegawai lagi dalam pelayanannya, melainkan hanya menggunakan sebuah aplikasi yang terdapat pada layar sentuh yang telah disediakan di dalam restoran jika ingin memesan menu. Selain itu, pada pembayarannya juga hanya melalui aplikasi restoran dan smartphone pengunjung saja.

4. Pegawai Perpustakaan dan Toko Buku

Sebelumnya, ketika seseorang baik itu pelajar, mahasiswa, para peneliti atau pekerja lainnya sedang membutuhkan buku bacaan, pastinya mereka akan segera mengunjungi toko buku konvesional dan perpustakaan. Tapi berjalannya waktu, kedua tempat tersebut sudah mulai ditinggalkan. Ini dikarenakan masyarakat lebih memanfaatkan internet untuk mencari e-book. Selain mudah dan cepat diaksesnya, e-book juga dibandrol dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan buku fisiknya.

Baca Juga: 6 Kiat Sukses Meningkatkan Personal Branding di 2019 Tahun Babi Tanah

5. Kasir

kasir
Kasir

Sudah tidak lumrah lagi jika berbelanja di ritel swalayan pastinya membayar belanjaan di kasir, bukan? Percaya atau tidak, dalam 10 tahun ke depan sebanyak 6 – 7,5 juta pekerja ritel tidak lagi akan tergantikan oleh robot dan teknologi. Artinya, sekitar 16 juta orang yang bekerja sebagai kasir akan terancam.

6. Teller Bank

Saat ingin menyetorkan uang tabungan ke rekenening atau ingin melakukan transfer, tentunya harus melalui teller bank yang berada di kantor cabang. Hadirnya teknologi yang semakin canggih, kini setiap bank mulai menghadirkan mesin ATM yang lebih maju. Selain bisa tarik tunai, transfer uang, dan segala macam pembayaran tagihan, ATM juga menghadirkan setor tunai. Kemanjuan ini membuat peran teller mengalami penurunan hampir 8% dan akan menghilang di 10 tahun kedepan.

7. Pegawai Pos

Coba Anda jawab, Apakah sekarang ini sering melihat pegawai pos mengantarkan surat ke rumah? Jika masih melihat tentunya sudah jarang, bukan?

Pekerjaan sebagai pengantar surat atau biasa dikenal dengan pegawai pos memang sekarang ini sudah mulai jarang terlihat. Sekarang ini, kebanyakan orang atau perusahaan lebih memilih menginrim surat dengan menggunakan email. Hal ini dinilai lebih efisien dan efektif, tak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan sebuah surat atau dokumen penting lainnya.

Keahlian yang Perlu Dimiliki dan Dikembangkan

Mengingat, perkembangan teknologi semakin maju dan mulai menggeser tenaga manusi, maka diperlukan adanya keahlian yang perlu dimiliki dan dikembangkan agar jenjang karier tetap berjalan dengan baik. Menurut Forbes, terdapat enam keahlian yang perlu dipersiapkan, antara lain:

1. Kritis dalam Berpikir

Berpikir memang menjadi hal utama yang dilakukan setiap manusia, terutama dalam berkarier. Tapi hanya berpikir secara sederhana saja tidak membuat karier seseorang menjadi cemerlang, justru menjadi biasa saja. Beda halnya dengan seseorang yang berpikir secara kritis dalam memecahkan setiap persoalan pada pekerjaan. Ini tentunya akan membuat karier semakin sukses.

Baca Juga: Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Meningkatkan Kreativitas tanpa Batas

2. Kreatif

kreatif
Kreatif

Masuknya teknologi yang canggih, bukan berarti para pekerja nyerah begitu saja pada perjalanan karier. Pertahankan reputasi karier dengan selalu berpikir kreatif mengikuti perkembangan zaman. Jangan pernah ragu untuk terus mengasah kreativitas, mulailah dari yang sederhana kemudian berikan sentuhan hal-hal yang baru.

3. Cerdas Membuat Keputusan

Setiap pekerjaan yang diselesaikan baik di perusahaan ataupun bisnis, pastinya tak akan pernah luput dari suatu masalah. Agar masalah bisa terselesaikan, maka sangat diperlukan keputusan yang cerdas dalam menyusus strategi yang dijadikan sebagai solusinya.

4. Fleksibel

Masalah dalam perjalanan karier memang tidak ada habisnya, sebab masalah akan terus datang silir berganti. Namun, janganlah takut atau merasa putus asa. Tetaplah tenang untuk menemukan solusi yang datangnya tidak terduga asalkan Anda fleksibel atau mudah dan cepat menyesuaikan diri pada masalah tersebut.

5. Bernegosiasi dengan Baik

nego
Bernegosiasi dengan baik

Dalam beberapa tahun kedepan, negosiasi ini masih dibutuhkan dalam hal apapun untuk mendapatkan hasil keputusan yang terrbaik. Untuk itu, tingkatkan kempuan Anda dalam bernegosiasi dengan baik agar keinginan atau tujuan bisa tercapai dengan baik.

6. Mampu Koordinasi dengan Rekan Kerja

Sukses di berbagai tingkatan karier tidak hanya dilihat dari kecerdasan dalam menyelesaikan pekerjaan atau suatu masalah saja, tapi juga dilihat dari kemampuan seseorang dalam berkoordinasi dengan rekan kerja.

Semangat Kembangkan Keahlian

Tak bisa dipungkiri, adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih ini secara perlahan akan menggeserkan kedudukan para pekerja di beberapa tahun kedepan. Tetaplah semangat dalam meniti karier yang sukses dan cemerlang dengan memiliki dan mengembangkan banyak keahlian yang tentunya bisa menunjang perjalanan karier Anda.

Baca Juga: 10 Langkah Perencanaan Karir Agar Masa Depan Sukses