7 Persiapan untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Luar Negeri

Berniat untuk melanjutkan pendidikan dan kuliah di luar negeri, kamu tentu sangat bersemangat untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Hal ini sangat wajar, terutama jika ternyata ini akan menjadi rencana perjalanan kamu yang pertama kalinya ke luar negeri.

Berbeda dengan ketika kamu kuliah di Indonesia, untuk kuliah di luar negeri kamu tentu akan membutuhkan persiapan yang lebih banyak lagi. Lingkungan dan budaya yang berbeda, biaya hidup yang tinggi, sistem belajar yang tidak sama dengan di Indonesia, dan berbagai hal lainnya sangat patut untuk kamu jadikan sebagai pertimbangan.

Jangan sampai kamu menyesal atau bahkan merasa tidak nyaman selama menjalani kuliahmu nanti, hanya karena kamu tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk kuliah di luar negeri:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Alasan yang Jelas dan Motivasi yang Kuat

Alasan yang Jelas dan Motivasi yang Kuat

Ada banyak anak muda yang pada akhirnya memutuskan untuk kuliah ke luar negeri, barangkali teman-temanmu juga. Tak bisa dipungkiri jika minat untuk kuliah di luar negeri memang terbilang tinggi, namun hal ini tentu tidak cukup untuk kamu jadikan alasan melakukan hal yang sama.

Sangat penting untuk memiliki alasan yang kuat, sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Selain itu, proses penyesuaian diri dan juga belajar di sana bisa saja tidak mudah, sehingga kau juga perlu memiliki motivasi yang kuat dalam hal ini.

Pastikan kamu benar-benar siap untuk mandiri dan berjuang untuk memulai hingga menyelesaikan kuliahmu nanti.

Baca Juga: 5 Negara Tujuan dengan Biaya Kuliah yang Terjangkau

 

2. Rencana yang Tepat dan Matang

rencana yang tepat dan matang

Jika kamu sudah memiliki keinginan yang kuat untuk kuliah di luar negeri, maka secara otomatis minat kamu untuk mengatur segala sesuatunya juga menjadi lebih besar. Menentukan negara tujuan, jurusan yang akan kamu ambil, melihat biaya hidup di sana, dan berbagai hal lainnya perlu kamu ketahui sejak awal.

Kumpulkan informasi yang akurat, sehingga kamu memiliki gambaran yang lebih jelas terkait dengan rencana kuliahmu. Mulailah menyusun rencana keberangkatanmu dan mempersiapkan diri dengan baik.

3. Upayakan dapat Beasiswa

upayakan mendapatkan beasiswa

Biaya kuliah di luar negeri tentu tidak murah, apalagi jika ditambah dengan biaya hidupnya yang rata-rata jauh lebih tinggi dari biaya hidup di Indonesia. Untuk mengatasi masalah biaya ini, kamu bisa mengupayakan untuk mendapatkan program beasiswa yang kini sudah lebih mudah diakses, terutama untuk kamu yang memiliki prestasi belajar yang baik.

Ada banyak program beasiswa yang bisa kamu jadikan pertimbangan, baik itu yang diberikan oleh pihak swasta ataupun yang disediakan oleh pihak pemerintah. Cari dan ikuti selesksinya sejak awal, agar kamu bisa memangkas biasa kuliahmu nanti.

4.Berapa Biaya Hidup di Luar Negeri?

Menghitung biaya hidup di luar negeri

Jangan lupa untuk menghitung secara detail biaya hidup yang kamu butuhkan di luar negeri nanti. Terlepas apakah kamu bisa menempuh program beasiswa atau tidak, kamu tetap perlu menghitung biaya hidup yang akan kamu butuhkan selama tinggal dan kuliah di sana, seperti: biaya kuliah, tempat tinggal, makan, tiket pesawat, dan yang lainnya.  

5. Belajar dan Tes Bahasa

belajar bahasa

Menguasai bahasa yang digunakan di negara tujuan kamu dan juga Bahasa Inggris merupakan poin wajib yang tak boleh kamu abaikan. Mulailah untuk mempersiapkan diri dan belajar bahasa ini sejak sekarang, agar kelak kamu tidak terkendala dalam berkomunikasi dan juga belajar. Ikuti juga tes TOEFL untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggrismu.

Baca Juga: Berhenti Kuliah atau lanjut? Ini Jawabannya

6. Belajar Budaya dan Cara Hidup di Luar Negeri

belajar budaya dan cara hidup di luar negeri

Selama kuliah di luar negeri kamu tentu akan berbaur dengan orang-orang sekitar, baik itu sesama mahasiswa di kampus ataupun dengan masyarakat di sekitar lingkunganmu. Pastikan kamu mempelajari budaya di negara tujuanmu, sehingga kamu bisa menyesuaikan diri dengan lebih mudah.

Selain itu, pahami juga cara bertahan hidup di luar negeri, terutama jika kamu akan memilih negara dengan 4 musim sebagai negara tujuanmu. Jangan sampai kamu mengalami masalah kesehatan ketika kuliah nanti, hanya karena mangabaikan hal yang satu ini.

7. Pilih Negara dengan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Terjangkau

  pilih negara dengan biaya hidup terjangkau

Jika ternyata kamu tidak bisa menembus jalur beasiswa dan harus menanggung sendiri semua biaya kuliah dan biaya hidupmu di luar negeri, maka pastikan kamu memilih negara yang paling tepat. Carilah informasi mengenai negara dengan biaya murah atau bahkan yang memberikan pendidikan secara gratis, sehingga kamu bisa menghemat biaya selama kuliah di luar negeri nanti.

Mulai Persiapanmu Sejak Sekarang

Untuk kamu yang memiliki rencana melanjutkan kuliah ke luar negeri, pastikan kamu sudah mengumpukan informasi yang akurat terkait dengan hal ini. Pilihlah negara dan juga kampus yang tepat, sehingga kamu bisa kuliah dengan baik.

Pertimbangkan juga program beasiswa untuk menghemat biaya. Segera mulai persiapan kuliahmu sejak sekarang, agar kamu bisa berangkat dan menjalani kuliah sesuai dengan rencana.

Baca Juga: 8 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah di Dunia