7 Pertanyaan yang Perlu Dijawab Sebelum Apply Kartu Kredit

Mengajukan Kartu Kredit

Sebagian besar masyarakat sudah membekali dirinya dengan kartu kredit untuk memudahkan setiap transaksi, baik offline maupun online. Namun, tak sedikit orang yang masih belum punya kartu kredit karena berbagai alasan. Bisa saja karena tidak sempat apply atau menolak untuk apply karena takut kondisi finansialnya menjadi tidak stabil. Apapun alasannya, semuanya tergantung dari kebutuhan masing-masing orang.

Bagi yang tertarik untuk membuat kartu kredit dalam waktu dekat ini, coba jawab beberapa pertanyaan seputar kartu kredit berikut ini: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tipe pengguna kartu kredit seperti apakah Anda?

Pertama-tama, Anda harus mengetahui tipe pengguna kartu kredit macam apakah Anda yang sebenarnya. Apakah Anda termasuk orang yang hati-hati saat menggunakan kartu kredit atau cenderung ceroboh, boros, dan mengabaikan hal-hal kecil.

Jika Anda merupakan tipe pengguna pertama, bisa dipastikan kartu kredit akan memberi keuntungan maksimal bagi Anda. Sebab, Anda tahu mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan sehingga promo atau diskon dari bank penerbit kartu kredit tidak memberi efek yang begitu besar bagi Anda saat berbelanja suatu barang.

Berbeda dengan Anda yang termasuk dalam tipe kedua. Anda kurang memperhatikan nilai guna suatu barang. Selagi barangnya murah, Anda pasti akan langsung membelinya tanpa perlu pikir panjang.

2. Apa tujuan utama kartu kredit untukmu?

Ketahui apa tujuan utama Anda untuk segera mempunyai kartu kredit. Apakah itu untuk meringankan pengeluaran bulanan, memenuhi hobi traveling, atau sekedar gaya-gayaan saja. Apabila kartu kredit hanya dijadikan sebagai ajang untuk gaya-gayaan untuk meningkatkan gengsi, lebih baik tidak apply sama sekali daripada Anda tertimpa hutang dikemudian hari. Kartu kredit hanya akan menjadi malapetaka yang dapat meningkatkan nafsu belanja karena Anda terlanjur nyaman dengan metode pembayaran saat jatuh tempo tiba. 

Dengan mengetahui tujuan utamanya, Anda dapat menggunakan kartu kredit secara bijak. Apabila pengeluaran yang ditimbulkan diluar dari tujuan utama, Anda pun akan berpikir ulang untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit dan lebih memilih uang cash sebagai gantinya.

3. Sanggupkah Anda menanggung bunga yang tinggi?

Bunga yang ditetapkan oleh bank penerbit berbeda-beda untuk setiap pengguna, tergantung dari harga barang dan jangka waktu pembayaran cicilan. Semakin besar dan lama jangka waktu cicilan, maka semakin besar pula bunga yang akan dibebankan kepada Anda, dan sebaliknya. Bunga yang ditanggung pun semakin besar apabila pembayaran Anda sering terlambat dan menunggak setiap bulan.

Jika Anda sanggup membayar bunga yang tinggi, silakan gunakan kartu kredit sebagai alat untuk bertransaksi setiap hari. Jika tidak, sebaiknya minimalisir penggunaan kartu kredit hanya untuk kebutuhan yang mendesak saja.

Baca Juga: 10 Keuntungan Utama Memiliki Kartu Kredit

 

4. Berapa total penghasilan per bulan?

Sebelum apply kartu kredit, coba kalkulasikan total penghasilan Anda setiap bulan. Setelah itu, kurangkan dengan total pengeluaran rutin untuk setiap bulan ditambah dengan pengeluaran untuk dana darurat. Apabila persentase sisa penghasilan lebih dari 30%, itu artinya kondisi finansial Anda masih sanggup untuk mengkover total cicilan kartu kredit setiap bulan. Namun bila persentasenya kurang dari 30%, kartu kredit hanya akan menimbulkan kesulitan finansial bagi Anda.

Sangat penting bagi Anda untuk mengontrol laju pengeluaran setiap bulan, sehingga pepatah “lebih besar pasak daripada tiang” tidak menimpa Anda sampai kapanpun.

5. Adakah cicilan lain-lain selain kartu kredit?

Semakin banyak kreditur yang Anda hutangi, semakin besar pula jumlah pengeluaran setiap bulan. Sebab, Anda harus mencicil hutang secara satu per satu pada masing-masing kreditur untuk mempercepat proses pelunasan hutang. Jika ada satu hutang yang menunggak, maka akumulasi bayar untuk bulan depan akan meningkat secara otomatis yang menyebabkan Anda semakin kesulitan untuk melakukan pembayaran. 

Pastikan cicilan yang dibayarkan hanya satu saja, yaitu cicilan kartu kredit sehingga Anda tidak terlalu pusing memikirkan tagihan yang perlu dibayarkan.

6. Tahukah Anda sanksi apa saja yang diberlakukan bank penerbit?

Setiap pengguna yang melanggar ketentuan yang ditetapkan oleh bank penerbit, seperti ketentuan dalam hal pembayaran, maka akan dikenakan sanksi berupa denda dalam jumlah tertentu. Sanksi lainnya yaitu memburuknya riwayat kredit yang akan membuat Anda mengalami sedikit kesulitan saat ingin mengajukan pinjaman baru kepada bank dikemudian hari.

Sebaiknya ketahui semua sanksi yang ditetapkan oleh bank penerbit. Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal secara detail untuk menambah informasi, sehingga Anda tidak merasa dirugikan apabila terjadi perubahan pada informasi yang disampaikan.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Kartu Kredit Zaman Now, Dijamin Cepat!

 

7. Bagaimana testimoni dari pengguna kartu kredit?

Hal yang sangat wajar bila Anda tidak mengetahui kinerja dari suatu bank penerbit kartu kredit. Sebab, Anda belum pernah menggunakan jasa bank tersebut sebelumnya. Agar nantinya tidak salah pilih bank, sebaiknya luangkan waktu untuk membaca testimoni dari para pengguna kartu kredit disalah satu bank yang Anda inginkan. Testimoni yang disampaikan oleh pengguna bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan bank penerbit secara ringkas.

Beralihlah ke bank penerbit lain apabila bank yang Anda inginkan diawal bermasalah, terutama dalam hal kinerja atau pelayanan. Masih banyak bank lain yang memiliki kinerja yang bagus dan menerima Anda untuk menjadi nasabah di bank mereka. 

Bandingkan Fasilitas dan Pelayanan dari Setiap Bank

Apply kartu kredit tidaklah sulit, tapi memutuskan satu di antara sekian banyak bank itulah yang sedikit sulit. Apalagi semua bank berlomba-lomba untuk memberikan penawaran terbaik demi meningkatkan jumlah nasabah. Agar pilihan Anda tepat, sebaiknya bandingkan fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh masing-masing bank. Pilihlah bank terbaik yang sesuai kriteria dan kebutuhan transaksi Anda.

Baca Juga: Kartu Kredit Pertama: Hal Penting yang Mesti Diketahui dan Cara Pengajuan