7 Program Studi Termahal, Tertarik Mendaftar di Sana?

Pendidikan menjadi salah satu hal penting yang akan mempengaruhi kesuksesan dan juga masa depan seseorang. Jadi sangat wajar jika hampir semua orang akan berpendapat bahwa sangat penting untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan terbaik. Anda tentu tidak ingin masa depan Anda terhambat hanya karena faktor pendidikan yang tidak berkualitas, bukan?

Kualitas pendidikan ini tentu akan sangat dipengaruhi oleh lembaga yang memberikannya, sebab pada umumnya lembaga pendidikan ternama memang memiliki kurikulum dan Program terbaik bagi mahasiswanya. Jika kuliah di sebuah lembaga pendidikan yang memiliki reputasi terbaik dan lulus dengan nilai yang cukup baik, maka Anda tentu akan lebih memiliki kesempatan yang luas untuk dapat meraih kesuksesan di karir Anda.

Ini bukan sebuah rahasia lagi, sebab sejak puluhan tahun yang lalu sejumlah universitas ternama dan memiliki biaya pendidikan termahal telah menghasilkan sejumlah tokoh besar di dunia. Sejumlah nama besar ini bahkan terdiri dari berbagai profesi dan juga keahlian, tergantung pada jurusan yang mereka dalami ketika menjalani masa kuliah.

Jika melihat kenyataan di atas, maka jelas sekali bahwa sebuah kampus juga akan mempengaruhi kualitas para alumninya, termasuk jumlah biaya pendidikan yang akan dibutuhkan untuk kuliah di sana. Jumlah biaya kuliah yang mahal ini tentu akan berbanding lurus dengan beragam fasilitas dan juga teknologi terkini yang akan mendukung para mahasiswa tersebut untuk bisa menempuh pendidikannya dengan cara yang paling efektif.

Sistem yang dijalankan tentu berbeda dan telah disesuaikan dengan lapangan kerja yang sesungguhnya. Alumni akan terserap dengan baik dan memenuhi berbagai posisi penting di berbagai perusahaan besar, bahkan yang berskala internasional. Mahal dan berkualitas, ini tentu dua hal yang sepadan untuk sebuah pendidikan yang maksimal.

Simak 7 Program studi termahal yang terdapat di berbagai belahan dunia berikut ini:

Baca Juga : Biaya Kuliah Mahal? Ini 7 Cara Mencari Dananya

1. Wharton School untuk Program Executive MBA.

wharton school

Wharton School via ytimg.com

 

Menjadi salah satu sekolah bisnis tertua di Amerika Serikat, Wharton School diresmikan untuk pertama kalinya pada tahun 1891. Universitas yang berdiri di Pennsylvania ini telah memiliki reputasi yang baik di dunia pendidikan, mengingat Wharton School telah memberikan kontribusi yang besar di dalam perkembangan pendidikan bisnis.

Sesuai dengan reputasi dan juga namanya yang besar, kampus ini juga menerapkan sejumlah biaya kuliah yang sangat mahal, yakni sekitar Rp2,6 miliar untuk Program eksekutif mereka. Salah satu sekolah bisnis terbaik di dunia ini menawarkan Program eksekutif tersebut dengan masa tempuh yang cukup singkat, yakni selama 2 tahun saja.

Biaya kuliah yang tinggi dan juga namanya yang besar, tentu akan sebanding pula dengan kemudahan yang didapatkan alumninya di lapangan. Tidak tanggung-tanggung, rata-rata lulusan dari kampus ini dapat mengantongi gaji pokok yang luar biasa besar, yakni mencapai Rp1,7 miliar.

2. Sarah Lawrence untuk Program Bachelor of Arts.

Kampus yang terletak di Westchester, New York ini memiliki sejumlah keunikan sekaligus keunggulan yang membuatnya mematok sejumlah biaya kuliah yang cukup mahal. Di Sarah Lawrence, para mahasiswa akan belajar secara fleksibel, di mana mereka diberi kebebasan untuk merancang sendiri kurikulumnya masing-masing.

Bukan hanya itu saja, kampus bergengsi ini juga hanya memiliki rata-rata 11 orang mahasiswa di setiap kelasnya, sehingga mereka memiliki waktu yang banyak untuk belajar dan berkonsultasi dengan para dosen pengajarnya. Semua ini tentu akan membutuhkan biaya yang sangat besar, sehingga sangat wajar jika Sarah Lawrence mematok biaya kuliah hingga mencapai Rp2,7 miliar untuk masa pendidikan selama 4 tahun tersebut.

3. Harvey Mudd College untuk program Bachelor of Science.

harvey mudd

Harvey Mudd College via hmc.edu

 

Universitas megah yang berdiri di Calremont, California, Amerika Serikat ini memiliki sejumlah Program unggulan sekaligus yang paling mahal untuk Program sarjananya. Dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk bisa menempuh kuliah di universitas yang berkonsentrasi pada bidang matematika, sains, serta teknik ini.

Dengan masa kuliah selama 4 tahun, untuk Program sarjananya akan menelan biaya tak kurang dari Rp2,7 miliar. Namun jumlah ini tentu akan sangat masuk akal, sebab lulusan Harvey Mudd mampu mendapatkan gaji rata-rata sebesar Rp1,1 hingga 1,8 miliar. Ini tentu jumlah gaji yang sebanding dengan biaya kuliahnya yang juga besar.

4. Columbia University College of Physicians and Surgeons untuk Program Doctor of Medicine.

Menjadi universitas tertua di New York, Columbia University tentu telah memiliki sejumlah prestasi dan juga reputasi yang baik di mata dunia. Sejumlah Program dan juga penelitian telah di lakukan di universitas ternama ini, bahkan alumninya telah banyak yang menjelma menjadi sosok penting di dunia.

Untuk Program dokter dengan masa kuliah selama 4 tahun, universitas ini mematok biaya pendidikan yang sangat tinggi, yakni mencapai Rp3,1 miliar.

Baca Juga : Mengajukan KTA Ternyata Menguntungkan bagi Mahasiswa

5. Tufts School of Medicine untuk Program Doctor of Medicine.

Tuft school

Tufts School of Medicine via tufts.edu

 

Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1893 ini, menjadi salah satu universitas mahal lainnya di belahan Amerika. Berdiri di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Tufts School menjadi salah satu kampus terbaik untuk Program kedokteran. Untuk Program kedokteran dengan masa kuliah selama 4 tahun, universitas yang juga memiliki kampus megah di tengah kota ini akan mematok biaya kuliah sebesar Rp3,2 miliar.

6. Bard College untuk Program Bachelor of Music.

Lokasinya yang sangat luas dan begitu tenang, tentu menjadi salah satu nilai lebih dari kampus seni yang satu ini. Kampus yang terletak di New York ini memiliki sejumlah Program unggulan, salah satunya di bidang musik. Untuk dapat menempuh pendidikan musik dengan gelar sarjana di kampus ini, dibutuhkan biaya kuliah yang jumlahnya mencapai Rp3,4 miliar untuk masa pendidikan selama 5 tahun.

7. University of Cambridge untuk Program Doctor of Business.

cambridge

University Cambridge via jbs.cam.ac.uk

 

Program pendidikan yang belum resmi diajarkan ini, telah memiliki gambaran dana pendidikan yang sangat fantastis, yakni mencapai Rp4,5 miliar untuk masa kuliah selama 4 tahun saja. Kampus bergengsi ini tentu telah memiliki sejumlah rencana kurikulum unggulan yang akan menjadi nilai jual bagi lulusannya kelak di dunia kerja.

Mahal dan Berkualitas

Tingginya biaya pendidikan tentu akan menjadi sebuah pertimbangan khusus bagi Anda yang akan melanjutkan pendidikan. Namun sejumlah biaya yang mahal tersebut tentu akan sebanding jika dibarengi dengan kualitas dan juga prestasi para alumni setelah lulus nanti. Jika biaya pendidikan tersebut bisa diimbangi dengan sejumlah gaji yang juga besar setelah lulus nanti, maka biaya yang tinggi ini tentu menjadi hal yang wajar dan cukup masuk akal.

Baca Juga : 5 Asuransi Murah yang Dapat Menjadi Pilihan Anda