7 Tanda Gaya Hidup Anda Tak Sesuai dengan Pendapatan

Setelah 2 minggu gajian, Anda baru sadar bahwa gaji tak cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan 2 pekan berikutnya. Kalau terjadi hal seperti itu, gawat jadinya.

Seharusnya Anda sudah mulai mengalokasikan gaji menurut tujuannya setelah gaji diterima. Finansial yang tidak stabil disebabkan oleh gaya hidup yang berlebihan.

Gaya hidup biasanya terjadi begitu saja tanpa disadari. Tetapi jika memang gaya hidup ini penyebab mala petaka, maka harus segera disadari.

Susun tata cara mengelola keuangan baru yang baik dan tetapkan tujuan keuangan jangka panjang demi kesuksesan finansial di masa tua.

Jika keuangan tidak stabil karena salah satu dari beberapa tanda di bawah ini, tinggalkan segera kebiasaan buruk tersebut. Coba segera cek tanda-tandanya.

1. Gaji Bulanan Selalu Kandas Sebelum Waktunya

Poin ini bisa dijadikan sebagai tolok ukur utama untuk mengecek gaya hidup yang sebenarnya. Ada dua hal yang saling berkaitan. Pertama, terbiasa belanja tanpa perencanaan.

Kedua, terbiasa mengikuti gaya orang lain untuk meningkatkan status. Apapun alasannya, Anda perlu lebih teliti dalam mengelola keuangan agar gaji selalu bersisa setiap bulan.

Cek pos-pos mana yang harus dihilangkan, kemudian ganti dengan pos-pos yang lebih penting.