7 Tips Menjaga Bentuk Tubuh setelah Lebaran

Siapapun sepertinya sulit menolak menikmati makanan khas Lebaran, seperti opor ayam, rendang, ati ampela, kentang goreng, aneka kue Lebaran, dan masih banyak lagi. Wajar saja, sebab bermacam-macam makanan khas ini sangat menggugah selera, bahkan dapat meningkatkan nafsu makan.

Bisa dipastikan berat badan pasti akan naik sedikit setelah lebaran karena banyak mengonsumsi makanan khas lebaran yang banyak mengandung lemak dan minyak.

Sangat tidak menyenangkan, bukan? Mengingat Anda telah berusaha memanfaatkan ibadah puasa ramadhan untuk melakukan diet tapi harus tandas karena godaan hidangan khas lebaran.

Tapi tidak usah khawatir, sekarang urusan berat badan naik bisa diatas dengan beberapa tips berikut siap membantu Anda untuk menjaga bentuk tubuh setelah Lebaran seperti dikutip dari Cermati.com:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Minum Jus Seledri

jus seledri

Jus seledri kian menjadi tren karena dipercaya dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Konsumsi jus seledri secara rutin, setidaknya 2 kali dalam sehari untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal pasca Lebaran.

Selain menurunkan berat badan, jus seledri juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung, menghidrasi tubuh, mengatasi peradangan, dan mencegah stres.

Baca Juga: Inilah Obat Kolesterol Alami yang Gampang Ditemukan di Rumah

2. Makan dalam Porsi Sedikit

makanan porsi kecil  

Diet secara berlebihan, seperti menahan nafsu bukan solusi terbaik untuk menurunkan berat badan. Hal ini dapat memicu nafsu makan berlebih, sehingga idealitas tubuh semakin sulit untuk didapat.

Alangkah baiknya jika pola makan tetap dipertahankan seperti biasanya, tetapi porsi makannya diubah menjadi lebih sedikit. Makan sedikit memang akan membuat ingin sering makan, tapi ini justru memudahkan Anda untuk menurunkan berat badan daripada sama sekali tidak makan.

3. Makanan 4 Sehat, 5 Sempurna

4 sehat 5 sempurna

Pastikan makanan yang dikonsumsi sesuai dengan menu 4 sehat dan 5 sempurna, yang di dalamnya terkandung protein, vitamin, mineral, dan zat-zat baik lainnya. Konsumsi makanan ini setiap hari untuk mengurangi penumpukan lemak di bagian tubuh tertentu.

Imbangi dengan minum air putih yang cukup untuk mendetoksifikasi racun dan lemak yang menumpuk di tubuh. Sehingga bentuk tubuh bisa kembali ideal seperti sedia kala.

4. Perbanyak Konsumsi Protein

protein food

Dalam upaya mengembalikan bentuk tubuh, usahakan untuk memperbanyak konsumsi protein dalam menu makan sehari-hari. Adapun kadar protein yang dibutuhkan tubuh sekitar 56-66 gram setiap hari.

Pastikan kadar protein yang dikonsumsi cukup guna menghindari efek-efek negatif pada tubuh. Kandungan protein tinggi bisa ditemukan dalam kacang almond, susu, brokoli, oats, dada ayam, dan daging sapi tanpa lemak.

Olah bahan makanan ini menjadi makanan lezat dan konsumsi setiap hari sesuai porsi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga berat badan Anda pun bukan berasal dari lemak, tapi dari protein yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Hindari Tubuh Lemas saat Berpuasa dengan Lakukan 5 Cara ini

5. Hindari Makanan Sepat Saji

junk food

Siapapun rasanya sulit untuk menolak kenikmatan makanan cepat saji. Ambil contohnya hamburger dan kentang goreng. Perpaduan cita rasa asin, gurih, lengkap dengan tambahan keju, daging, dan sayuran membuat siapapun tergiur untuk mencicipi. 

Tapi sadar atau tidak, kenikmatan yang dirasakan hanyalah sesaat. Sebab, kedua makanan ini mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi dan dapat meningkatkan produksi lemak dalam tubuh.

Maka dari itu, kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji. Ganti menu makanan dengan ikan, buah, dan sayur yang memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk menyehatkan tubuh.

6. Kurangi Gula Berlebih

gula berlebih

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari memiliki kandungan gula tinggi yang dapat menimbulkan masalah pada berat badan. Tidak hanya itu, kandungan gula tinggi juga memicu penyakit diabetes, depresi, dan menghambat pergerakan tubuh. 

Aneka makanan seperti cokelat, permen, dan manisan sebaiknya mulai dikurangi agar kandungan gula tidak membahayakan kesehatan tubuh. Sebagai gantinya, Anda bisa konsumsi buah-buahan atau madu yang mengandung gula alami, sehingga kadar gula dalam tubuh tetap tercukupi dengan baik.

7. Sediakan Menu Sarapan Sehat

sarapan sehat

Kebanyakan orang memilih mengonsumsi roti tawar dan selai untuk menu sarapan setiap hari. Selain nikmat, cara membuatnya juga praktis, hemat waktu, dan hemat energi.

Tapi bagi yang ingin mengurangi bobot tubuh, sarapan roti tawar dan selai sangat tidak dianjurkan. Konsumsi roti tawar hanya akan menggagalkan niat Anda untuk menurunkan berat badan.

Ganti roti tawar dengan roti gandum yang kaya akan serat dan rendah gula agar upaya mengembalikan tubuh ideal segera sukses pasca Lebaran. Jadi, menikmati makanan khas Lebaran pun jadi bebas khawatir, bukan?

Jangan Cuma Enak di Mulut, Tapi Juga Sehat

Niat untuk mendapatkan bentuk badan idaman selalu gagal? Jangan langsung menyerah. Sebaiknya fokuskan perhatian pada makanan yang dikonsumsi. Pastikan makanan tersebut bukan cuma enak di lidah saja, tapi juga sehat sehingga bentuk tubuh ideal bisa segera didapat setelah menyantab beraneka hidangan khas Lebaran. Semangat!

Baca Juga: Selain Jaga Kinerja Jantung, ini 5 Manfaat Lain Bayam Hijau untuk Kesehatan Tubuh