7 Trik Jitu Saat Beli Mobil secara Online

Maraknya pertumbuhan e-commerce di Indonesia telah mengubah pola hidup masyarakat yang dulunya sering bertransaksi secara langsung, kini telah beralih ke transaksi online. Barang-barang yang diperjualbelikan pun beranekaragam, termasuk mobil. Selain efektif dan efisien dari segi waktu dan tenaga, beli mobil secara online juga lebih untung karena harga yang ditawarkan lebih bersaing.

Sebelum memutuskan untuk beli mobil secara online, ada beberapa trik jitu beli mobil online yang harus diperhatikan agar transaksi pembelian aman, mobil pun bisa sampai ke rumah dengan selamat.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mengecek Kelayakan Situs Jual Beli Mobil

situs jual beli mobil

Situs jual beli mobil online tidak hanya satu, melainkan puluhan situs. Tapi, tidak semua situs ini bisa dipercaya begitu saja. Tampilan situs yang terlalu polos dan penyediaan informasi yang tidak lengkap patut diwaspadai. Besar kemungkinan kalau situs ini masih baru atau abal-abal. Alangkah baiknya jika Anda membeli mobil di situs yang muncul di halaman utama pencarian Google karena situs ini dipastikan memiliki reputasi yang baik dan tidak akan menipumu.

2. Memperhatikan Kelengkapan Identitas Penjual

Saat mengunjungi salah satu situs terpercaya, ada banyak nama penjual yang tertera disana. Ketika Anda menemukan satu mobil yang paling pas, lihatlah apakah informasi mengenai penjual ditampilkan dengan lengkap atau tidak. Identitas yang lengkap akan memudahkan Anda untuk melanjutkan transaksi sebelum akhirnya mobil sampai di depan rumah.

Baca Juga: Ini Kelebihan Beli Mobil Baru Daripada Mobil Bekas

3. Mengontak Penjual Mobil

Langsung hubungi kontak penjual

Informasi mengenai nomor telepon akan ditampilkan di halaman profil penjual. Kalau sudah naksir dengan mobil tersebut, hubungi si penjual dan tanyakan apakah mobil yang diincar masih tersedia atau tidak. Setelah itu, tanyakan mengenai harga, kelengkapan surat-surat kendaraan, dan pembayaran pajak. Apabila salah satu diantaranya tidak lengkap, Anda bisa pikir-pikir lagi sebelum melanjutkan transaksi ke tahap deal.

4. Mengecek Kondisi Mobil Secara Langsung

Gambar mobil yang dicantumkan di website terkadang suka tidak sesuai dengan kondisi aslinya karena beberapa gambar sudah melalui proses editan supaya terlihat bagus. Supaya tidak kecewa, lakukan kroscek langsung dengan mengunjungi dealer ke alamat yang tertera di website. Bawalah teman atau pihak ketiga yang tahu mengenai seluk beluk mobil untuk memastikan kondisi mobil yang sebenarnya.

Baca Juga: Beli Mobil Secara Kredit Rugi, Benarkah?

5. Melakukan Test Drive untuk Menguji Performa

Test Drive

Bagus di luar, belum tentu bagus di dalam. Inilah hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli mobil. Untuk mengetahui performa mobil yang sebenarnya, lakukan test drive atau uji kelayakan jalan. Apabila performa mobil sesuai dengan deskripsi yang tertulis di website online dan sesuai dengan apa yang disampaikan dengan delaer, Anda bisa lanjut ke tahap negosiasi harga. Dan sebaliknya. Apabila menemukan banyak kekurangan saat melakukan test drive, lebih baik tidak melanjutkan transaksi dan cari dealer lain.

6. Bernegosiasi untuk Mendapat Harga Murah

Harga mobil yang ditampilkan di situs jual beli online kebanyakan belum jadi harga nett. Ini artinya Anda diperbolehkan untuk bernegosiasi untuk mendapat harga yang lebih murah. Apabila sudah terbiasa melakukan tawar-menawar harga, proses negosiasi tentu lebih mudah dilakukan. Penurunan harga yang didapat dari hasil negosiasi biasanya tidak lebih dari 10% dari harga awal karena penjual masih harus mengeluarkan biaya tambahan sebelum mobil jatuh ke tangan Anda. Misalnya, servis dan biaya pengiriman.

7. Memilih Metode Pembayaran yang Tepat

Metode pembayaran

Beli mobil secara online kini sudah dilengkapi dengan berbagai jenis metode pembayaran. Ada pembayaran tunai dan kredit. Nah, Anda bisa memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan. Kalau semisal uang yang tersedia tidak cukup untuk membeli secara tunai, belilah mobil secara kredit. Perhatikan jumlah cicilan dan tingkat suku bunga yang harus dibayarkan agar proses pelunasan berjalan lancar.

Lebih Hati-Hati Saat Bertransaksi Secara Online

Popularitas jual beli online yang semakin meningkat perlu diwaspadai karena ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang berusaha menjadikan bisnis online menjadi bisnis berbasis penipuan. Untuk itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat bertransaksi secara online, terutama untuk barang-barang yang harganya kelewat mahal seperti mobil.

Baca Juga: Tips Lengkap Membeli Mobil Baru dengan Harga Murah