8 Artis Ini Makin Tajir Berkat Investasi Saham

Kejayaan seorang artis di industri hiburan pasti mengalami pasang surut. Mereka mulai berpikir masa depan di hari tua dengan terjun ke dunia bisnis maupun berinvestasi. Syukur-syukur sih bisa menambah pundi-pundi uang. Lumayan kan, selain dari honor manggung atau main film, bisa dapat keuntungan dari investasi mereka.

Sekarang ini, banyak artis latah membuka bisnis kuliner dan fesyen. Anti mainstrem, beberapa artis dalam maupun luar negeri justru memilih berinvestasi saham, reksa dana di pasar modal atau memiliki saham di sejumlah perusahaan yang diyakini mempunyai prospek cerah ke depan.

Banyak alasan yang mendasari para selebriti nyemplung sebagai investor, salah satunya tergiur keuntungan yang cukup tinggi. Siapa saja seleb di Indonesia dan mancanegara yang main saham atau trader dan sebagai investor, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Mau Bermain Saham? Investor Pemula Wajib Tahu ini 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Giring Nidji 

Giring Nidji
Giring Nidji via twitter

Giring Ganesha, vokalis grup Nidji mulai menjajal peruntungan bermain saham sejak 2008. Dari awal nyemplung ke pasar modal, pria berambut keriting itu berniat investasi dalam jangka panjang, bukan trader bahkan spekulan yang cuma sibuk keluar masuk saham setiap hari.

Alasannya menabung saham dalam jangka panjang akan memberi keuntungan besar. Giring mengalokasikan sekitar 10 persen dari honornya manggung ke saham. Terbukti, dari hasil bermain saham secara konsisten, Giring bisa punya modal untuk membiayai pernikahannya dengan Cynthia Riza.

Kerennya lagi, pelantun lagu “Laskar Pelangi” itu juga bisa membayar uang muka atau DP rumah yang ditinggalinya sekarang dari keuntungan investasi saham. Nikmatnya berinvestasi di pasar modal, ia tularkan pada sang istri. Cynthia dan Giring menambah portofolio investasinya ke reksa dana.

Totalitas tanpa batas, mereka berdua bahkan sampai ikut sekolah pasar modal di Bursa Efek Indonesia (BEI). Makin jadi investor yang cerdas nih.  

2. Raisa

Raisa via Twitter Raisa
Raisa Andriana via Twitter

Investasi saham dianggap menyenangkan bagi penyanyi Raisa Andriana atau yang akrab disapa Raisa. Si cantik ini tercatat sebagai nasabah Mandiri Sekuritas. Investasi pilihannya adalah saham. Kini, penyanyi yang melejit lewat lagu “Serba Salah” itu sudah menempatkan modalnya di saham beberapa perusahaan dan mendulang untungnya.

Sebelum memutuskan investasi saham, Raisa belajar lho bagaimana caranya transaksi saham, seluk beluk mengenai investasi tersebut, dan risikonya. Maklum saja, istri Hamish Daud itu menyisihkan sebagian hartanya untuk investasi saham.

3. Piyu Padi

  Piyu Padi via Twitter
Piyu Padi via Twitter

Satriyo Yudi Wahono atau nama bekennya Piyu dari grup band legendaris Padi sudah makan asam garam investasi di pasar modal. Debutnya menjadi trader saham bermula pada tahun 2003. Gitaris kelahiran Surabaya 45 tahun silam itu memilih produk investasi reksa dana.

Sayangnya nasib malang menghampiri Piyu saat krisis ekonomi melanda Indonesia. Duit USD 80 ribu yang ditanamkan pada reksa dana tergerus sampai 70 persen. Tak putus asa, musisi dan pencipta lagu itu beralih ke instrumen saham dengan membeli saham perdananya PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Saat ini, Piyu mengoleksi 10 saham perusahaan yang melantai di BEI dengan keuntungan hingga Rp 70 juta setiap bulan. Fantastis ya, cukup buat DP rumah non-subsidi. 

4. Tantowi Yahya

Tantowi Yahya via Twitter
Tantowi Yahya via Twitter 

Seperti Piyu Padi, musisi kawakan Tantowi Yahya bukanlah pemain baru di pasar modal. Kiprahnya sebagai trader saham sudah lebih dari satu dekade. Percaya atau tidak, Anggota DPR itu belum pernah merugi, lantaran jeli apakah harus mempertahankankan atau melepas sahamnya.

Investasi saham jangka panjang dianggap Tantowi seperti menabung, sangat bermanfaat. Apalagi buat para artis yang belum tentu selamanya di industri hiburan. Biar jangan hidup sengsara di hari tua.

Baca Juga: Tertarik Berinvestasi Saham? Ini Tips dan Cara Aman Investasinya

5. Agnes Monica

Agnez Mo
Agnez Mo

Penyanyi papan atas, Agnes Monica yang terkenal dengan nama panggung Agnez Mo mulai mencicipi dunia bisnis atau investasi dengan membeli saham PT Ninetology Indonesia. Tak heran, namanya masuk sebagai co-founder produsen ponsel merek Blueberry itu.

Mantan artis cilik yang dekat dengan penyanyi Chris Brown ini melirik investasi di perusahaan smartphone, karena bisnis tersebut dinilai mempunyai masa depan yang menjanjikan.

6. One Direction

One Direction
One Direction via Twitter

Karier bersinar sebagai boyband yang digandrungi kids zaman now tak membuat One Direction ogah menjajal dunia lain, yakni investasi. Tak jauh-jauh dari industri hiburan, grup asal Inggris tersebut ternyata oh ternyata punya saham di manajemen 5 Seconds Of Summer, boyband asal Australia.

7. Bono U2

Bono U2
Bono U2

Vokalis band U2 mendirikan sebuah perusahaan ekuitas bernama Elevation Partners. Perusahaan tersebut menebar jaring dengan berinvestasi pada saham-saham Facebook, Yelp, dan Forbes. Dari investasinya di media sosial besutan Mark Zuckerberg, keuntungan Elevation membumbung tinggi.

8. Beyonce 

Beyonce
Beyonce

Karier Beyonce sebagai musisi papan atas dunia tak diragukan lagi. Hidupnya bergelimang harta. Diva Pop ini tercatat masuk dalam daftar penyanyi dengan bayaran tertinggi di dunia pada 2017 versi Majalah Forbes dengan pendapatan USD 105 juta atau sekitar Rp1,5 triliun (kurs Rp14.400 per USD).

Tak puas di dunia tarik suara, Beyonce berpetualang menjajaki investasi saham. Istri dari penyanyi hip hop Jay Z itu merupakan pemegang saham di layanan streaming Tidal. Beyonce juga telah menanamkan dananya di sebuah startup Sidestep sekitar USD 150 ribu atau Rp2,16 miliar.

Jangan Takut Investasi Saham

Dari kisah artis-artis tersebut dalam menginvestasikan uangnya, bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk mengikuti jejak mereka. Sebelum memutuskan berinvestasi saham di pasar modal maupun membeli saham sebuah perusahaan, ada baiknya Anda pahami dulu kinerja saham serta fundamental perusahaan keseluruhan. Pantau sentimen dan kondisi pasar yang sedang terjadi.

Di samping itu, sebagai pemula, Anda juga perlu belajar hal-hal paling dasar seperti apa itu investasi saham, keuntungan dan risikonya, dan lainnya dari sumber yang terpercaya. Sebab dengan memiliki dasar-dasar pengetahuan tersebut, seperti yang Raisa bilang, investasi saham akan terasa menyenangkan.

Sebagai pemula Anda tidak boleh malas belajar semua informasi seputar saham agar tidak tertipu investasi bodong. Anda juga bisa belajar melalui website Bursa Efek Indonesia (BEI) http://yuknabungsaham.idx.co.id/mulai-investasi.

Ingat, kondisi pasar selalu fluktuatif atau bergerak naik dan turun, begitupun dengan kinerja saham. Jadi jangan takut untuk memulai, dan rasakan manfaatnya dalam jangka panjang.

Baca Juga: Belajar Investasi Reksa Dana Saham dengan Modal Rp100 ribu, Mau?