8 Destinasi Liburan Menarik di Malang

Berwisata ke Kota Malang biasanya selalu identik dengan sejumlah kuliner yang akan membuat Anda selalu ingin kembali ke sana. Kota yang sejuk dan juga tenang ini memang memiliki nuansa yang berbeda dari kota wisata lainnya di Indonesia.

Di Malang Anda masih mudah menemukan berbagai destinasi wisata yang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian, sehingga sangat tepat bagi Anda yang memang menginginkan sebuah liburan dengan nuansa tenang dan nyaman.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda dari biasanya, Kota Apel ini juga memiliki banyak spot yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan liburan Anda. Berlibur dan menginap di hotel terkadang terasa sudah sangat biasa dan bahkan mungkin membosankan, karena itu tidak ada salahnya Anda mencoba liburan dengan cara berkemah di tempat-tempat indah yang mungkin belum pernah Anda datangi sebelum ini.

Malang memiliki cuaca dan juga kondisi alam yang indah, sangat tepat untuk Anda jadikan sebagai lokasi berkemah bersama dengan keluarga atau teman-teman. Di kota ini ada banyak sekali tempat yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi berkemah, dijamin Anda tidak akan menyesal karena memilih Malang sebagai destinasi liburan.

Berkemah yang Terencana di Tempat yang Indah

berkemah

Berkemah via haileyidaho.com

 

Dengan berkemah tentu akan memberikan sensasi berbeda dengan liburan yang biasa Anda lakukan selama ini, sebab berkemah membutuhkan persiapan yang lebih, jika dibandingkan dengan liburan yang akan Anda habiskan dengan menginap di hotel. Anda perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan berkemah terlebih dahulu, seperti tenda dan berbagai perlengkapan lainnya.

Jika Anda belum memiliki perlengkapan berkemah, maka Anda tidak usah khawatir, sebab saat ini berbagai perlengkapan ini sudah bisa Anda sewa tanpa membeli. Perlengkapan berkemah bisa disewa, Anda bisa menemukan tempat menyewa peralatan berkemah di kota tujuan dengan cara mencari informasinya melalui internet.

Selain perlengkapan berkemah, bawa juga bekal yang cukup dan obat-obatan, ini akan dibutuhkan selama liburan di alam terbuka. Simak beberapa destinasi wisata di Malang berikut ini, yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan destinasi liburan:

1. Latar Ombo Gunung Panderman

Tidak harus mendaki Gunung Panderman yang tinggi, Anda juga bisa menikmati keindahannya dengan melakukan wisata berkemah di Latar Ombo. Tempat yang berada di tengah-tengah hutan ini, akan memberikan suasana berkemah dan juga bermalam yang berbeda untukmu. Berkemah di sini akan membuat Anda merasakan sensasi yang berbeda, sebab benar-benar menyatu dengan suasana hutan yang rindang.

Latar Ombo bisa Anda jadikan sebagai pilihan wisata untuk berkemah meskipun Anda tidak memiliki pengalaman mendaki gunung sebelumnya, sebab lokasinya masih berada di dataran rendah. Meski di dalam hutan, Anda tidak perlu khawatir akan sumber air, di sini Anda bisa menemukan sumber air yang cukup dekat dan juga bersih.

Baca Juga : Liburan Menarik Ke-12 Tempat Wisata di Bogor

2. Pantai Ungapan

pantai ungapan

Pantai Ungapan via seputarmalang.com

 

Untuk mencapai pantai ini, Anda harus menempuh perjalanan yang lumayan panjang, sekitar 60 kilometer dari Kota Malang atau membutuhkan waktu selama 3 jam-an untuk mencapainya. Namun jangan khawatir, pemandangan sepanjang jalan juga tidak kalah menawan, Anda tidak akan bosan.

Meski jarak tempuh ke Pantai Ungapan terbilang cukup lama, tapi hal tersebut akan sebanding dengan segala keindahan yang akan Anda temui di sana. Pantai ini memiliki pasir putih yang membentang bersih, di sini Anda akan merasa seolah-olah berada di sebuah tempat yang sangat berbeda dari yang Anda bayangkan sebelumnya. Lokasinya sangat indah, dan sangat tepat sebagai tempat untuk menikmati liburan Anda.

3. Pantai Batu Bengkung

Suka suasana yang tenang dan sepi? Anda bisa mendatangi pantai ini. Pantai Batu Bengkung masih sangat cantik dan sepi dari pengunjung, sehingga Anda akan mendapatkan sebuah nuansa pantai yang sangat berbeda dari biasanya.

Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai, jauh dari keramaian, dan memiliki waktu pribadi untuk relaksasi diri.

Di pantai ini Anda bisa menemukan keindahan dan juga ketenangan sekaligus, di mana semua elemen di pantai ini akan memberimu kebebasan untuk berekspresi dan melahirkan ide-ide yang baru. Nikmati berkemah yang tenang dan bersiap-siaplah menyambut matahari terbit yang sangat menawan di pantai yang indah ini.

4. Pantai Balekembang

pantai balekembang   

Pantai Balekembang via besttravelpictures.com

 

Pantai ini merupakan destinasi wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Malang, sebab Pantai Balekembang adalah salah satu lokasi wisata unggulan dan sudah ramai dikunjungi sejak tahun 80-an. Pantai ini terletak di desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, memiliki keindahan yang tidak akan bisa Anda lupakan.

Pantai Balekembang dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata yang memadai, sehingga perjalanan liburan Anda akan menyenangkan di tempat ini. Di sini Anda bisa menemukan restoran, kafe, tempat penjualan souvenir, camping ground, dan bahkan berbagai wahana permainan seperti flying fox.

Lokasi wisata yang mirip dengan Tanah Lot di Bali ini, akan sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai lokasi berkemah. Di sini Anda bisa berkemah dengan nyaman dan didukung berbagai fasilitas yang memadai, sehingga Anda tidak akan khawatir pada berbagai kebutuhan Anda selama menjalani berkemah di sini.

5. Bumi Perkemahan Coban Rais

Tempat ini sudah pasti sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai lokasi berkemah. Berlokasi di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Batu, Coban Rais merupakan sebuah lokasi perkemahan yang telah sangat dikenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya para mahasiswa dan komunitas yang suka berkemah.

Coban Rais merupakan sebuah air terjun yang sangat indah dan menjadi camping ground yang cukup aman dan menyenangkan untuk Anda jadikan sebagai destinasi liburan Anda. Tempat ini cukup ramai sepanjang tahun, jadi Anda tidak akan kesepian saat berkemah di sini.

Baca Juga : Masukkan Taman-Taman Cantik Ini Ke Daftar Destinasi Liburan Anda

6. Ranu Kumbolo

ranu kumbolo

Danau Ranu Kumbolo via naturalsunrisetour.com

 

Tempat indah yang satu ini tidak perlu diragukan lagi popularitasnya, terutama sejak film 5 cm menjadikannya sebagai salah satu lokasi syuting. Berkemah dan menikmati malam di tepi Danau Ranu Kumbolo, akan membuat merasa berada di tempat-tempat romantis cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan dengan istri atau suami Anda.

Di sini Anda akan menikmati hari yang sangat berbeda, jauh dari keramaian dan juga kebisingan. Ranu Kumbolo merupakan danau yang tenang dan sangat jernih, di mana Anda bahkan dapat melihat ikan-ikan berenang. Rumput ilalang akan menjadi pemandangan yang akrab ketika Anda berada di Ranu Kumbolo dapat membuat suasana menjadi lebih sejuk dan tenang.

7. Camping Ground Bendengan

Ini menjadi salah satu tempat berkemah yang bisa Anda kunjungi di Malang untuk menikmati liburan yang berbeda dari biasanya. Wisata Alam Bendengan merupakan kawasan yang dijadikan sebagai lokasi pembibitan pohon oleh PT. Pertamina, jadi pada awalnya tempat ini memang tidak dibuka bagi khalayak umum. Namun sejak tahun 2007, lokasi ini mulai dibuka dan banyak dijadikan sebagai lokasi berkemah oleh para penikmat wisata alam.

Camping Ground yang terletak di Dusun Selokerto, Desa Selorejo ini terletak di sebuah dataran tinggi, jadi sangat tepat untuk dijadikan sebagai lokasi berkemah. Di sini Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang indah dan juga suasana sejuk dan nyaman. Dipastikan, Anda ingin berlama-lama di tempat ini.

8. Pantai Goa China

pantai goa cina

Pantai Goa Cina via pegipegi.com

 

Pantai ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda, sebab hampir semua wisatawan yang datang ke Malang akan menyempatkan berkunjung ke lokasi pantai ini. Menurut cerita, goa di pantai ini merupakan tempat persembunyian seorang bangsawan berdarah China, di sana bangsawan tersebut melakukan pertapaan hingga napasnya yang terakhir.

Pantai ini sangat indah dan cukup tenang, namun tentu akan lebih menyenangkan jika Anda menikmatinya dengan cara yang berbeda dari biasanya. Cobalah untuk berkemah dan menikmati hari di pantai ini dengan tenang, Anda bisa bersantai dan menikmati deburan ombak yang akan membuat lupa pada rutinitas yang membosankan.

Mencoba yang Lain dari Biasanya

Sudah bukan rahasia lagi jika Kota Malang memiliki pesona wisata yang sangat indah, bahkan udara dan cuaca di sana juga cuacanya sangat sejuk dan bisa membuat pengunjung betah berlama-lama. Jika Anda berniat untuk liburan ke Malang, maka tak ada salahnya untuk mencoba berkemah di beberapa tempat indah di Kota Apel tersebut. Malang memiliki banyak spot yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berkemah, bawa perlengkapan berkemah Anda dan nikmati wisata yang  berbeda di Kota Malang.

Baca Juga : 15 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan