8 Langkah Mudah atasi Bau Mulut Tanpa Gosok Gigi

bau mulut

Bau mulut menjadi sesuatu yang terasa mengganggu dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, apalagi ketika berinteraksi dengan orang lain. Kondisi gigi dan juga mulut yang tidak bersih biasanya akan menjadi pemicu utama timbulnya bau mulut ini. 

Pada umumnya, sebagian besar orang akan segera menggosok gigi mereka untuk menghilangkan bau mulut. Hal ini tentu tidak selalu mudah dilakukan, apalagi ketika sedang berada di luar rumah dan tidak membawa serta sikat gigi. Namun jika dibiarkan, bau mulut seperti ini bisa saja mengurangi rasa percaya diri. 

Sebenarnya selain menggosok gigi, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut ini, sehingga rasa percaya diri tetap bisa terjaga dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut: 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Mengunyah permen karet beraroma mint

Salah satu langkah paling mudah untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan cara mengunyah permen karet. Pilihlah permen karet dengan aroma mint yang terbukti bisa mengatasi bau mulut dengan cepat. 

Namun jika tidak begitu menyukai permen karet, permen lainnya dengan aroma mint juga bisa menjadi pilihan. Selain rasa mint, ada banyak pilihan rasa lainnya yang juga ampuh mengatasi bau mulut, seperti: permen jahe, permen dengan aroma adas, dan yang lainnya. 

2. Pakai obat kumur

Menggunakan obat kumur (mouthwash) merupakan langkah praktis lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut. Pada umumnya obat kumur ini hadir dalam aroma mint yang segar. Namun beberapa obat kumur lainnya juga bisa ditemukan dalam aroma antiseptik yang cukup menyengat. 

Obat kumur akan mengatasi sisa makanan dan juga bakteri yang terdapat di dalam mulut, sehingga bau mulut bisa diatasi dengan baik.

3. Konsumsi buah-buahan

Beberapa jenis buah juga bisa mengatasi bau mulut dengan baik, seperti buah apel yang memiliki kandungan polifenol yang sudah terbukti bisa membunuh bakteri dan mengatasi gas yang berbau dengan cepat di dalam mulut. 

Selain itu, buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C juga bisa menghasilkan asam dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut, seperti: jeruk, stroberi, anggur, jambu, dan yang lainnya. Mengkonsumsi buah-buahan ini bisa membantu mengatasi bau mulut yang menganggu dan sekaligus menyehatkan tubuh. 

4. Hindari makanan yang memicu timbulnya bau mulut

Beberapa jenis makanan juga bisa memicu timbulnya bau mulut, apalagi jika setelah mengkonsumsi makanan tersebut tidak langsung menggosok gigi dengan bersih. Sisa makanan ini bisa meninggalkan aroma yang khas dan tidak sedap di mulut, seperti: jengkol, petai, bawang putih, bawang bombai, dan yang lainnya. Hindari untuk mengkonsumsi berbagai makanan ini, agar bau mulut tidak menjadi masalah setelahnya.

Baca Juga: Karang Gigi Menurunkan Kepercayaan Diri? Yuk, Basmi Sampai Tuntas!

5. Minum air putih dalam jumlah cukup

Minimnya produksi air liur di dalam mulut juga bisa memicu pertumbuhan bakteri dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Kondisi seperti ini bahkan semakin memburuk ketika mulut dalam keadaan kering, sebab bakteri tumbuh semakin subur. 

Hindari masalah ini dengan cara mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, setidaknya 8 gelas per hari. Selain mengatasi bau mulut, hal ini juga akan membuat tubuh lebih fit dan sehat.

6. Membersihkan lidah

Lidah juga bisa menjadi sarang bakteri, jika dibiarkan dalam kondisi yang tidak bersih. Sisa makanan yang menumpuk di area lidah bisa membuat pertumbuhan bakteri menjadi lebih cepat, sehingga bau mulut menjadi tidak sedap. Cobalah untuk membersihkan lidah dengan alat penggosok lidah dan berkumur setelahnya, sehingga bau mulut bisa dihindari dengan mudah.

7. Konsumsi yogurt

Kandungan probiotik yang terdapat di dalam yogurt, akan bekerja dengan baik untuk menekan jumlah hidrogen sulfida di mulut. Hidrogen sulfida ini muncul akibat adanya bakteri dan menimbulkan bau mulut yang tidak segar dan terasa khas. Mengkonsumsi yogurt akan sangat membantu mengatasi hal tersebut, sebab pertumbuhan bakteri bisa ditekan. Pilihlah yogurt yang tidak memiliki rasa (plain), agar tidak mengandung banyak gula.

8. Minum kopi

Kafein bisa menyerap bau dengan baik, termasuk bau mulut yang kurang sedap. Kandungan kafein di dalam kopi akan menghilangkan bau mulut dengan cepat, apalagi jika yang diminum adalah kopi hitam tanpa tambahan gula ataupun krim. Namun bila tidak begitu menyukai rasa kopi hitam yang pahit, kopi hitam bisa ditambahkan sedikit gula.

Baca Juga: Kista Gigi, Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya 

Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi Sepanjang Waktu

Pertumbuhan bakteri pada mulut bisa memicu timbulnya bau mulut. Hal ini bahkan akan semakin mengganggu, jika tidak bisa segera menggosok gigi. Dalam kondisi yang darurat, bau mulut ini bisa saja diatasi dengan cara yang praktis dan mudah. Selain itu, tetaplah jaga kondisi kebersihan mulut dan gigi, sehingga  bau mulut tidak datang mengganggu.

Baca Juga: 7 Obat Paling Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi