8 Tips Keuangan yang Mesti Anda Pelajari dari Adele

Siapa yang tidak kenal dengan Adele? Penyayi jazz dan soul yang satu ini memang telah menerima banyak penghargaan selama berkarir di dunia musik. Beberapa albumnya memenangkan banyak penghargaan, seperti Album ‘19’ yang sudah disertifikasi sebanyak 4 kali platinum di Inggris. Baru-baru ini Adele berhasil memborong 4 penghargaan sekaligus di Brit Awards 2015, yaitu Best British Female Solo Artist, Best British Single dengan lagu "Hello", MasterCard British Album of The Year for "25", dan Global Success Award. Wajar saja jika lagu-lagu penyanyi kelahiran 5 Mei 1988 ini diputar di mana-mana.

Berbicara mengenai kesuksesan seorang Adele, apakah Anda pernah berpikir mengenai jumlah kekayaan yang dimilikinya? Adele memang selalu mengelola keuangannya secara cerdas. Berikut ini merupakan beberapa tips keuangan dari Adele yang bisa Anda pelajari dan coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengetahui Peluang Berharga

Perhatikan Setiap Kesempatan yang Datang

Perhatikan Setiap Kesempatan yang Datang via rollingstone.com

 

Adele memang bukan seperti penyanyi biasa lainnya yang hanya memikirkan keuntungan sesaat saja dari layanan streaming yang saat ini banyak menjamur. Ketika merilis album terbarunya yang bertajuk ‘25’, Adele menolak untuk menampilkan albumnya pada beberapa layanan streaming seperti Apple Music Streaming dan Spotify. Keputusan ini diambil karena dia memiliki naluri bahwa orang akan bersedia membayar secara full untuk album itu sendiri, tanpa harus streaming. Dan ternyata perkiraan Adele memang benar, album tersebut tercatat laku sebanyak 3,4 juta penjualan di minggu pertama perilisan.

2. Membuat Penghasilan Tambahan

Ternyata Adele tidak hanya memiliki penghasilan dari terjualnya album maupun tiket konser saja. Ia memiliki pendapatan lainnya dari kepemilikan musik serta lirik yang ada pada perusahaannya, yaitu Melted Stone. Perusahaan ini menghasilkan pemasukan sebesar $7,800,000 pada tahun 2014. Tentu saja dalam hal ini Adele memang benar-benar mengerahkan dan mengembangkan bakat yang ia miliki.

Baca Juga: Kondisi Keuangan Anda Sehat? Begini Cara Mengetahuinya

3. Menggunakan Ponsel Kuno

Jangan Minder Menggunakan Ponsel Lawas

Jangan Minder Menggunakan Ponsel Lawas via cdn.com

 

Hampir seluruh orang di dunia saat ini menggunakan gadget canggih. Tentu saja Anda tidak mau kan dianggap ‘jadul’ karena masih menggunakan perangkat yang kuno, bukan? Tak hanya itu saja, mungkin ponsel lama juga sulit untuk menghubungkan kebutuhan komunikasi zaman sekarang. Kita tahu bahwa hampir seluruh orang di dunia kini menggunakan beragam aplikasi chatting, seperti BBM, WhatsApp, Line, Telegram, dan masih banyak lainnya. Belum lagi kehadiran media sosial yang begitu berpengaruh. Ternyata Adele pun memiliki sikap yang tidak biasa dalam menyikapi tren teknologi ini. Ia tidak menggunakan perangkat-perangkat mewah seperti iPhone atau lainnya.

Hal ini terlihat pada video klipnya yang berjudul ‘Hello’. Dalam video tersebut, terlihat Adele sedang berbicara menggunakan ponsel flip. Untuk ukuran teknologi zaman sekarang, ponsel flip memang sudah jarang sekali digunakan. Apalagi setelah munculnya teknologi layar sentuh. Kemungkinan di kehidupan nyata Adelle pun demikian. Ia tidak menggunakan beragam gadget canggih yang saat ini sedang ngetren. Hal ini menunjukkan bahwa Adele memang benar-benar memprioritaskan kebutuhannya. Ia tidak akan membeli sesuatu jika memang tidak benar-benar dibutuhkan.

4. Hobi Belanja di Toko Barang Bekas

Sebuah surat kabar di Inggris bernama ‘The Sun’ melaporkan bahwa Adele tidak tertarik berbelanja di toko-toko yang mewah, meskipun ia memiliki kekayaan yang cukup besar. Justru Adele malah lebih dikenal di toko-toko barang bekas di dekat rumahnya yang berada di pedesaan Inggris. Adele bergaya seperti gadis normal yang tidak ingin hidupnya mewah dan terkesan glamour. Dia memang menyukai barang-barang murah yang memang ia butuhkan. Menjadi artis terkenal yang kaya raya tidak membuatnya berkeinginan untuk hidup boros dan berfoya-foya. Ia sangat memikirkan kegunaan barang tersebut daripada sekedar gengsi.

5. Selera Fesyen yang Sederhana

Pemilihan Mode yang Sederhana

Pemilihan Mode yang Sederhana via assets.com

 

Aneh rasanya jika seorang selebritis tidak update mengenai fesyen. Seluruh selebritis di dunia pasti selalu mengikuti tren fesyen untuk selalu menjaga penampilannya. Nampaknya Adele memang cukup menjaga penampilannya selama pertunjukan. Penyanyi yang satu ini sering terlihat menggunakan gaun yang sederhana, misalnya saja gaun hitam panjang yang simpel. Bahkan di salah satu videonya yang cukup hits, ‘Hello’, ia mengenakan gaun serbaguna yang bisa dijadikan sebagai mantel, kemeja kotak-kotak, hingga syal.

6. Menghindari Gila Belanja

Adele memang sempat berpindah ke sebuah mewah dengan harga yang fantastis, yakni sekitar $8,5 juta. Hal ini merupakan langkah besar yang dibuat olehnya. Namun ia mengklaim bahwa tidak pernah menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli barang-barang mewah yang tidak diperlukan. Adele mengatakan pada Daily Mail bahwa ia hanya membeli barang di toko online biasa untuk membeli sejumlah barang yang dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mengatur Gaji Bulanan

7. Menemukan Hal Terbaik di Dalam Dirinya

Jalani Hidup Sepenuhnya

Jalani Hidup Sepenuhnya via societyofsound.ca

 

Kesuksesan yang diraih oleh Adele saat ini karena ia tetap konsisten dengan apa yang dikerjakannya, seperti menyanyi secara totalitas untuk lagu-lagu yang bertema cinta dan kehilangan. Dia memang tidak selalu terlihat menjadi yang terbaik dibanding penyanyi lainnya, namun Adele tetap konsisten menjalankan hal ini menjadi terlihat lebih baik. Seluruh talenta yang dimiliki oleh Adele selalu dijadikan sebagai investasi yang dapat membuat hasil baik.

8. Peduli dengan Kesehatan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan besar tidak akan berarti apabila tubuh kita tidak sehat. Apabila Anda sakit, tentu Anda akan kesulitan bekerja kan? Namun sayangnya tidak setiap orang memikirkan bahwa kesehatan merupakan hal yang harus diperhatikan, termasuk saat mengelola keuangan. Anda sangat menghemat uang, namun Anda bekerja mati-matian hingga kurang istirahat. Tentu saja hal ini justru bisa membuat pengeluaran Anda menjadi bengkak karena beragam risiko yang bisa dihadapi. Adele sempat menjalankan operasi pita suara pada tahun 2012 lalu. Tentu saja hal ini membuat ia harus menjalani perawatan untuk beberapa waktu. Namun akhirnya setelah pulih, Adele tetap bisa melanjutkan karirnya dalam bernyanyi.

Kegiatan Positif dapat Menyelamatkan Keuangan Anda

Kedelapan tips keuangan dari Adele tadi bisa Anda jadikan sebagai patokan dalam menjalankan perencanaan keuangan sehari-hari. Adele merupakan seorang berbakat yang memiliki sikap hidup sederhana dan penuh perencanaan. Kedua sikap inilah yang patut Anda contoh. Sebenarnya mudah saja bagi Adele untuk bergaya hidup mewah seperti kebanyakan artis lainnya. Namun ia memilih untuk bersikap biasa dan sederhana, mulai dari pakaian yang dikenakan hingga prioritas memilih tempat belanja. Ia tidak pernah merasa gengsi dan takut dianggap sebagai artis sebelah mata.

Tentu saja sikap-sikap ini yang membuat Adele berhasil menjadi seorang artis yang tidak hanya berbakat saja, namun juga kaya raya. Harta tidak menjadikannya gelap mata, namun Adele mengelolanya untuk hal-hal yang menurutnya lebih baik dan berguna. Mungkin sebagian artis merasa bahwa hidup yang mewah merupakan syarat mutlak menjadi seorang artis. Tidak demikian halnya dengan Adele. Anda sudah siap mengikuti jejak Adele dalam mengelola keuangan? Mulai rencanakan dan lakukan hal-hal positif yang bisa menyelamatkan keuangan Anda.

Baca Juga: 25 Kata-kata Inspirasi dari Orang Terkaya Dunia