9 Benda Murah yang Wajib Dibawa Saat Jalan-Jalan

Menjelang musim liburan sekolah, siapa sih yang  tidak suka jalan-jalan atau traveling? Dulu kelihatannya bisa jalan-jalan ke Australia, Amerika, atau Eropa sudah sangat mewah dan pasti hanya untuk orang-orang yang kaya saja. Tapi saat ini makin banyak saja promo dan tips-tips untuk melakukan perjalanan dengan biaya yang murah. Kamu bisa dengan mudah menemukannya baik dalam bentuk brosur, buku maupun secara digital seperti yang terdapat dalam berbagai website perusahaan tour and travel. Dalam tips informasi tersebut biasanya sudah dijelaskan secara rinci mengenai biaya transport, akomodasi, makanan dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya tips-tips dan cerita mengenai perjalanan tersebut pasti membuat semakin banyak pula orang ingin bepergian juga. Namun kebanyakan orang hanya fokus kepada hal-hal seperti tiket, makanan dan kebutuhan seperti baju dan lain-lain. Beberapa hal kecil yang penting biasanya tidak terlalu dipikirkan karena berpikiran bisa membelinya ditempat tujuan atau tidak akan memerlukannya nanti. Tapi sebenarnya justru hal-hal kecil yang disepelekan ini yang biasanya bisa membuat anggaran travelling jadi semakin membengkak. Mau tau hal-hal kecil tersebut apa saja? Simak ulasan dibawah :

Baca Juga : Cara Memilih Paket Tour Murah untuk Liburan ke Luar Negeri

1. Universal Adapter 

universal adapter
Universal Adapter via shutterstock.com

Ini barang yang harus dibawa saat kamu traveling keluar negeri, karena seperti yang kamu tahu kebanyakan di luar negeri menggunakan tipe adapter yang berbeda dengan di Indonesia. Jadi pastikan kamu jangan sampai lupa untuk membawanya karena jika tidak membawanya kamu akan mengalami kesulitan saat akan mengisi baterai (charge) handphone atau barang elektronik lainnya. Jika memutuskan untuk membelinya, pasti akan mengeluarkan uang tambahan dan tentu saja juga harus mencari dimana tempat membeli barang tersebut, repot kan? jadi pastikan barang satu ini dibawa ya.

2. Kartu Memori

Kartu memori juga menjadi benda yang sangat penting saat travelling, karena ini adalah tempat di mana kamu menyimpan kenangan selama perjalanan. Jangan sampai kesenangan berkurang karena tidak bisa mengabadikan semua hal baru yang kamu lihat di sana. Jadi pastikan membawa kartu memori cadangan atau membawa kartu memori yang masih kosong ya, agar kamu bisa tetap menikmati jalan-jalan dan mengabadikan setiap momen yang ada.

3. Botol Minum

Nah ini termasuk barang yang penting, kenapa? Karena di sebagian negara harga, air putih lebih mahal daripada harga minuman bersoda. Walaupun di sebagian negara maju, air dari keran dapat diminum tapi akan lebih ringkas dan praktis jika kita membawa botol minum sendiri jadi, tidak perlu repot mencari air keran atau mengeluarkan uang lebih untuk membeli minum.

4. Travel Vacuum Bag

travel vacuum bag
Travel Vacuum Bag via ytimg.com

Hal yang satu ini penting dan bisa menjadi penyelamat saat memisahkan baju kotor dan bersih. Dengan item ini, pakaian kotor dan bersih tidak akan tercampur di dalam tas sekaligus juga akan menghemat ruang tas. Kelebihan lain dari travel vacuum bag ini adalah daya kedapnya terhadap air, misalkan kamu terkena hujan atau terjatuh di tempat kotor maka baju di dalam tidak akan kotor dan tetap pada keadaan semula.

5. Unlocked Smarthphone

Pastikan saat bepergian kamu tidak membawa smartphone kamu yang masih dalam paket bundling provider tertentu ya, karena provider belum tentu bisa menjangkau di area yang akan kamu kunjungi dan yang lebih penting lagi walaupun menjangkau kamu akan tetap terkena biaya roaming. Umumnya provider menawarkan paket budling selama 12 bulan atau 1 tahun tetapi ada juga provider yang menawarkan paket lebih lama dari itu.

Sebaiknya, pastikan betul-betul bahwa smartphone yang dibeli sudah tidak dalam masa bundling, kalaupun masih dalam masa itu, kamu bisa menyiasatinya dengan membawa ponsel lama yang bisa kamu manfaatkan sebagai wifi atau jika sudah memiliki wifi akan lebih baik. Jika di tempat tujuan traveling kamu menggunakan kartu lokal, kamu akan bisa menghemat banyak karena tidak terkena roaming sekaligus mendapatkan kualitas sinyal yang lebih baik.

6. Gembok Koper Cadangan

Kehilangan barang di bandara ataupun di penginapan bisa saja terjadi saat traveling. Jadi memiliki gembok untuk koper adalah hal yang wajib. Sebaiknya kamu memiliki cadangan gembok koper karena jika tiba-tiba gembok koper rusak atau hilang maka kamu tidak akan panik dan khawatir.

Baca Juga : Cara-Cara yang Membuat Rencana Travelling Bisa Menjadi Kenyataan

7. Perlengkapan Mencuci

Perlengkapan ini penting jika kamu ingin traveling dalam waktu yang agak lama karena seperti yang kamu tahu sendiri, jasa laundry di hotel-hotel di Indonesia saja sudah lumayan mahal apalagi di luar negeri. Membawa perlengkapan mencuci sendiri bisa menjadi alternatif yang sangat membantu menurunkan jumlah pengeluaran uang. Tidak perlu membawa perlengkapan mencuci yang berlebihan, cukup membawa yang dasar saja seperti sabun cuci serta hanger atau tali untuk menggantung cucian baju.

8. Sepatu Kets

sepatu kets
Sepatu Kets via shutterstock.com

Jalan-jalan dengan sandal atau sepatu sandal bisa jadi lebih nyaman dan lebih praktis saat dipakai. Namun ketahanan sandal maupun sepatu sandal tentunya masih kalah dengan sepatu kets. Alangkah baiknya jika kamu bisa membawanya untuk jaga-jaga dalam keadaan darurat. Karena bukan tidak mungkin tiba-tiba sandal putus dijalan saat dipakai. Bukan hanya malu karena kejadian tersebut tetapi juga mengeluarkan uang lebih nantinya untuk membeli sandal pengganti tersebut, dan yang pasti harganya jauh lebih mahal daripada sandal yang dipakai saat itu.

9. Handuk Khusus yang Cepat Kering

Item satu ini sebenarnya tidak harus ada akan tetapi jika kamu memilikinya ini akan sangat membantu kamu dalam perjalanan. Kebanyakan orang akan malas membawa handuk saat bepergian karena alasan yang hampir sama yaitu handuk akan berat, basah dan lebih memakan tempat setelah dipakai karena handuk tidak bisa langsung kering sehingga kebanyakan mereka akan memilih menggunakan handuk yang disediakan oleh penginapan saja.

Dengan handuk yang bisa cepat kering dengan bahan microfiber maka alasan seperti itu sudah tidak akan kamu temui lagi. Enaknya lagi, handuk ini pun bisa dimanfaatkan di berbagai kondisi, seperti misalnya kamu buru-buru dan tidak bisa mandi di penginapan dan harus mandi di kamar mandi umum.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Persiapkan yang Baik agar Perjalanan Nyaman

Ulasan mengenai benda-benda sepele yang harus kamu bawa saat travelling diatas bisa menjadi perhatian sebelum berangkat agar tidak membuat budget kamu membengkak. Travelling sebaiknya memang sudah direncanakan jauh hari sebelumnya agar semua bisa berjalan lancar dan tentu saja dengan anggaran yang terkontrol.

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata Asik dan Murah di Indonesia