9 Makanan yang Bagus untuk Pertumbuhan Otak Anak

Sebagai ibu, Anda tentu menginginkan yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Bahkan banyak ibu yang rela menghabiskan uangnya untuk membeli aneka makanan bervitamin tinggi supaya anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas. Agar pertumbuhan otak anak jadi lebih maksimal, bahan makanan yang dibeli tidak boleh sembarangan pilih.

Dari sekian banyak jenis makanan yang bergizi tinggi, berikut 9 makanan yang dipercaya sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Sayuran Berwarna

sayuran
Sayuran

Sayur-sayuran berwarna, seperti bayam, wortel, kentang, dan brokoli sangat bagus untuk anak. Kandungan vitamin, karbohidrat, dan antioksidan yang terdapat pada sayur berwarna dipercaya dapat mempertajam ingatan anak. Sehingga apa yang sudah pernah dilihat dan didengar anak bisa tersimpan dengan baik di dalam memori kepalanya.

2. Ikan Salmon

ikan salmon
Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk salah satu ikan yang paling dianjurkan untuk anak-anak. Kandungan vitamin A, D, K, dan E yang ada pada salmon dapat meningkatkan daya nalar anak, sehingga anak bisa lebih unggul dibandingkan anak lain yang usianya tidak jauh beda dengan anak Anda. Meskipun ikan salmon mengandung lemak yang tinggi, tapi kandungan lemak ini adalah lemak baik yang mudah dibakar oleh tubuh si kecil.

3. Susu

Susu kaya akan protein, kalsium, kalium, dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang, sistem saraf, otot tubuh, dan bagus untuk pertumbuhan otak anak. Selain itu, susu juga mengandung zat karbohidrat yang baik untuk mengurangi rasa lapar pada si buah hati. Konsumsi susu secara rutin, minimal dua kali sehari agar tubuh anak sehat, begitu juga dengan pertumbuhan otaknya.

4. Telur

Kandungan protein yang terdapat pada kuning telur sangat bagus untuk pertumbuhan otak anak. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang bagus untuk menajamkan ingatan. Sebuah studi di Universitas Boston membuktikan kalau daya ingat seseorang yang rajin mengonsumsi telur lebih tinggi daripada yang jarang mengonsumsi telur.

Selain bagus untuk anak-anak, telur juga bagus bagi orang yang sudah lansia supaya ingatan tetap tajam meskipun umur sudah menua.

Baca Juga: Bosan ke Mal? Ajak Saja Anak-Anak Berlibur ke Sini

5. Alpukat

alpukat
Alpukat

Orang yang sedang menjalani diet sehat selalu menjadikan alpukat sebagai menu makanan yang tidak boleh dilewatkan setiap hari. Wajar saja, alpukat memiliki kandungan lemak baik yang bagus sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Di balik itu, alpukat juga mengandung serat dan Vitamin E yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Kalau anak tidak mau makan nasi, ibu bisa memberikan alpukat sebagai alternatif sumber energi lain yang bagus untuk pertumbuhan si kecil.

6. Gandum

gandum
Gandum

Kandungan nutrisi berupa Vitamin A, E, B6, saponin, kalsium, zat besi, dan mineral yang terdapat pada gandum sangat bagus untuk meningkatkan kinerja otak si kecil. Selain itu, gandum juga rendah lemak dan memiliki serat tinggi yang sangat baik untuk melepaskan kandungan glukosa berlebih yang terdapat pada tubuh si kecil.

7. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang difavoritkan oleh anak-anak karena rasanya yang enak dan manis. Dibalik kelezatannya, ternyata pisang mengandung banyak sumber nutrisi, seperti magnesium, fosfor, belerang, kalsium, dan kalium yang baik untuk menyehatkan tubuh si kecil. Aneka pisang yang disarankan untuk dikonsumsi oleh bayi adalah pisang hijau, pisang raja, dan pisang kepok.

Baca Juga: 6 Cara Menanamkan Kesadaran Atur Uang untuk Anak-Anak

8. Daging Segar

Daging memiliki peran besar dalam pertumbuhan otak dan tulang si kecil. Oleh sebab itu, berikan si kecil asupan daging yang cukup agar pertumbuhan tubuhnya lebih bagus. Pilihlah jenis daging merah yang masih segar. Tapi, batasi juga jumlah konsumsi daging karena daging memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

9. Kacang - kacangan

kacang-kacangan
Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber energi pada bayi. Selain itu, ada juga kandungan protein yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Sehingga kemampuan berpikir akan meningkat, daya ingatnya juga tentu lebih tajam.

Pilih Makanan dengan Gizi Seimbang

Setiap orang tua pastinya ingin memiliki anak dengan pertumbuhan dan perkembangannya yang baik. Maka, hal pertama yang harus diperhatikan adalah asupan makanan yang dikonsumsi si kecil. Untuk itu, Anda sebagai orang tua harus pandai dalam memilih asupan makanan untuk si kecil. Usahakan pertimbangkan kadar gizi dari setiap makanan yang diberikan kepada anak. Tak ada salahnya juga buat jadwal menu makan sehat harian untuk memudahkan Anda dalam mengontrol gizi anak.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Membuat Anak Suka Makanan Rumahan yang Sehat