9 Tips Jitu Memilih Asuransi untuk Balita Anda

Memilih asuransi yang tepat bagi si buah hati Anda adalah sebuah langkah yang bijak bagi setiap orang tua untuk mempersiapkan masa depan anaknya. Dalam artikel kali ini, kami akan berusaha untuk berbagi tentang pernak-pernik dunia asuransi, yang bisa menjadi referensi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan produk asuransi untuk anak Anda nantinya. Setiap orang tua yang bertanggung jawab tentunya mereka berpikir untuk selalu memberikan yang terbaik untuk masa depan dari buah hatinya. Sebagian dari orang tua memiliki caranya sendiri untuk membahagiakan anak, baik itu dengan cara mengumpulkan uang dengan cara menabung, membeli barang berharga untuk simpanan, atau dengan cara lain yang intinya untuk membantu anaknya kelak.

Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan asuransi untuk persiapan buah hatinya di masa yang akan datang. Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apabila Anda ingin menggunakan asuransi sebagai jaminan masa depan anak ialah bagaimana memilih asuransi yang baik untuk anak? Tentu pertanyaan seperti itu akan menjadi dasar bagi semua orang yang ingin menggunakan asuransi sebagai jaminan bagi anak-anak mereka. Ada berbagai macam produk asuransi anak yang sekarang telah ada, di antara produk asuransi itu adalah asuransi pendidikan dan asuransi kesehatan. Dari kedua asuransi tersebut mana yang lebih tepat Anda dahulukan untuk anak Anda? Tentu asuransi yang nantinya bisa menjawab dan memenuhi segala kebutuhan anak kita.

Ketika memilih asuransi yang benar-benar dibutuhkan untuk anak, ada beberapa hal dan aspek yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa asuransi tersebut. Di antara aspek tersebut yang perlu Anda ketahui antara lain adalah:

1. Prioritas Utama

Memilih Sebuah Produk Asuransi

Memilih Sebuah Produk Asuransi via wordpress.com

 

Menentukan prioritas utama atau alasan Anda memilih sebuah produk asuransi adalah hal yang paling penting. Apakah untuk pengamanan keuangan keluarga atau proteksi keuangan, atau ditujukan untuk sebagai hal lain seperti dana untuk pendidikan, sebagai dana kesehatan atau tabungan jangka panjang. Sebagai orang tua, Anda sebaiknya telah memikirkan segalanya jauh-jauh hari, sehingga dalam menanganinya Anda tidak kewalahan.

Branz BSD Mobile

2. Kemampuan yang Dimiliki

Untuk memutuskan menggunakan jasa asuransi, tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi Anda sekarang. Itu dimaksudkan agar Anda menyiapkan diri secara matang baik itu dari segi pendanaan dan juga dari segi kesiapan Anda. jika memutuskan untuk menggunakan jasa produk asuransi atau membuka polis untuk hal proteksi keuangan keluarga Anda, maka hal pertama yang bisa dilakukan dengan cara menghitung pengeluaran bulanan yang Anda miliki. Angka ideal untuk mengikuti sebuah asuransi atau menentukan besaran uang pertanggungan kurang lebih 100 kali dari pengeluaran bulanan Anda sekarang. Misalnya apabila pengeluaran bulanan Anda sekarang sebesar 3,5 juta, maka uang pertanggungan yang ideal dan tepat untuk Anda adalah sebesar 350 juta.

3. Melakukan Penghitungan

Lakukan Penghitungan

Lakukan Penghitungan via pexels.com

 

Apabila Anda ingin mengikuti asuransi pendidikan, lakukanlah perhitungan secara rinci berapa rupiah dana uang pendidikan yang harus Anda keluarkan untuk bisa menyekolahkan anak Anda terhitung mulai dari sekolah yang ingin diikuti. Misalnya dari mulai jenjang sekolah terendah sampai kepada yang tertinggi, hitung juga kondisi ekonomi di mana terjadi kenaikan harga barang dan layanan yang berkelanjutan. Supaya Anda mengetahui untuk ke depannya membutuhkan dana yang sesuai pada saat anak Anda memasuki dunia sekolah. Cara ini tentu akan membuat Anda menentukan polis dengan uang pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Apabila seandainya Anda menggunakan produk asuransi pendidikan, hitung dan rinci secara matang dan baik berapa rupiah yang Anda harus keluarkan untuk kebutuhan masalah kesehatan pada saat nanti Anda membutuhkannya. Semua orang pasti tidak menginginkan dengan apa yang dinamakan sakit atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebelumnya. akan tetapi apabila Anda menyiapkan semua kemungkinan yang akan terjadi dengan baik, maka resiko yang akan Anda terima akan lebih sedikit. Sebelumnya agar Anda bisa memilih asuransi yang baik untuk anak Anda, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis dari asuransi secara dasar. Pada umumnya ada dua jenis asuransi yaitu asuransi tradisional dan non tradisional.

Bagi-Bagi Perlindungan Asuransi Kecelakaan

4. Kenali Perusahaan Asuransi

Seperti telah kita ketahui, di Indonesia ada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi pendidikan. Seperti perusahaan asuransi Prudential, Allianz, Asuransi Bumi Putera, Manulife, AXA, dan sebagainya. Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, begitu juga berlaku dalam memilih perusahaan asuransi, sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu dari perusahaan yang telah disebutkan tadi, sangat disarankan untuk mengenal perusahaan asuransi itu terlebih dahulu agar Anda tahu kualitasnya dan yang paling penting lebih yakin lagi dengan perusahaan yang Anda pilih. Untuk mendapatkan informasi secara detail mengenai perusahaan tersebut, kunjungi situs resminya dan bertanya langsung ke pusat layanan konsumen dari perusahaan asuransi tersebut. Bisa juga Anda bertanya kepada teman atau saudara yang telah merasakan manfaatnya dari salah satu perusahaan asuransi tersebut.

5. Sesuaikan Premi dengan Biaya Pendidikan

Menentukan Besarnya Premi

Menentukan Besarnya Premi via bizj.us

 

Beberapa, bahkan sebagian besar perusahaan asuransi memberikan kebebasan penuh bagi Anda dalam menentukan jumlah premi yang akan dibayar, namun Anda disarankan untuk tidak memilih premi asuransi dalam jumlah yang sedikit. Mengapa demikian? Karena laju inflasi khususnya di Indonesia beberapa tahun terakhir ini mencapai 12% sampai 15% dengan perkiraan kenaikan biaya pendidikan di kisaran 20% sampai 25% setiap tahunnya. Oleh sebab itu, jika premi yang Anda gunakan rendah, maka kemungkinan Anda tidak dapat mencukupi biaya pendidikan buah hati Anda di masa yang akan datang. Idealnya premi asuransi per bulan berkisar pada nilai angka Rp500.000 sampai Rp800.000.

Baca Juga: 5 Asuransi Murah yang Dapat Menjadi Pilihan Anda

6. Pilih Polis yang Sifatnya Fleksibel

Beberapa perusahaan asuransi tidak memperbolehkan kliennya untuk mengambil polis dari asuransi jika belum menginjak periode yang telah ditentukan. Hal seperti ini sah-sah saja adanya, tapi ada baiknya jika memilih perusahaan asuransi yang mengizinkan Anda untuk memilih polis yang sifatnya fleksibel. Ini berarti bahwa polis asuransi tersebut dapat Anda ambil kapan saja tanpa harus terikat oleh peraturan tidak boleh mengambilnya sebelum mencapai masa periode yang ditentukan perusahaan asuransi tersebut. Dan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan pendidikan buah hati Anda.

7. Ketahui Fasilitas Tambahan

Ketahui Semua Fasilitas yang Diberikan

Ketahui Semua Fasilitas yang Diberikan via linkcerdas.com

 

Biasanya, fasilitas tambahan asuransi yang jenisnya pendidikan adalah berupa proteksi atau jaminan kesehatan yang berupa ganti rugi biaya perawatan medis di rumah sakit. Anda boleh untuk mempertimbangkan fasilitas tambahan ini, jika suatu saat nanti Anda juga membutuhkan jaminan biaya kesehatan anak. Tapi sebelum Anda mengambilnya, pastikan terlebih dahulu bahwa fasilitas tambahan ini tidak terlalu memotong jumlah polis asuransi pendidikan anak Anda, agar ke depannya dana pendidikan anak Anda tetap mencukupi.

8. Hindari Fasilitas yang Tidak Diperlukan

Banyak perusahaan asuransi, misalnya yang dikhususkan untuk menangani pendidikan, menawarkan banyak pilihan tambahan. Misalnya perawatan rumah sakit, pembedahan dan penyakit kritis. Sebaiknya Anda selalu berhati-hati dengan hal semacam ini karena penambahan tersebut bisa mempengaruhi jumlah dari tabungan yang Anda miliki. Jadi, lebih baik untuk menghiraukan saja penawaran tersebut. Hal yang paling penting dari semua itu adalah, pilihlah perusahaan asuransi yang kredibel dan dapat dipercaya. Pelajari terlebih dulu segala hal yang ada di surat perjanjian asuransi sebelumnya. Jika Anda telah yakin dan tidak keberatan, barulah Anda menyepakati surat perjanjian tersebut.

Baca Juga: Asuransi Syariah atau Konvensional? Mana yang Lebih Baik?

9. Lakukan Riset Awal

Rencanakan Semua dengan Baik

Rencanakan Semua dengan Baik via wikihow.com

 

Anda bisa memperkirakan biaya pendidikan buah hati di masa yang akan datang sesuai dengan jenjang pendidikannya. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari informasi mengenai seluk beluk dari perusahaan yang bergelut di bidang asuransi. Dan yang paling utama, Anda diwajibkan untuk bisa memprediksikan biaya pendidikan pada saat ini, kemudian mengakumulasikannya dengan biaya ke depannya kelak saat tiba buah hati Anda di dunia sekolah. Dengan begitu Anda bisa mengalokasikan keuangan yang dimiliki dengan baik.

Penuhi Kebutuhan Pendidikan Si Kecil

Demikianlah pembahasan mengenai tips jitu memilih asuransi untuk buah hati Anda. Semoga dengan rangkuman informasi yang ada pada artikel ini, bisa membantu Anda untuk menentukan produk asuransi apa yang cocok dan sangat dibutuhkan buah hati bagi menunjang masa depannya kelak.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Asuransi Kredit Mobil Terbaik

Di Cermati, anda bisa temukan pilihan kartu kredit terbaik
Dapatkan Kartu Kredit Terbaik Sekarang