9 Tips Kencan Hemat untuk Anda dan Pasangan

Bagi kebanyakan pasangan, kencan merupakan suatu momen yang paling dinanti karena hal tersebut merupakan cara mereka menghabiskan waktu berkualitas bersama. Hampir semua pasangan mempersiapkan diri dengan penuh debar untuk menyuguhkan penampilan yang terbaik agar memberikan kesan indah dan tak terlupakan pada pasangannya masing-masing.

Tak hanya penampilan fisik yang memukau, kencan juga tak jarang membutuhkan modal. Di momen ini, banyak pasangan yang mengisinya dengan melakukan makan malam romantis, nonton film di bioskop, berbelanja di mal, dan lainnya. Tak heran ketika hati sedang kasmaran dan penuh taburan bunga cinta, merogoh kocek dalam-dalam untuk memberi hadiah atau kesan terindah pada kekasih tersayang tidaklah menjadi masalah. Namun, bagaimana jika isi kantong Anda pas-pasan bahkan mengalami defisit? Apakah rencana kencan harus dibatalkan?

Memang ada kalanya kencan membutuhkan modal untuk bersenang-senang. Namun sebenarnya, kencan tidak harus selalu mahal, kencan hemat pun bisa dilakukan dan tak kalah mengasyikkan. Benarkah? Berikut 9 kencan hemat yang bisa dilakukan tanpa menghilangkan kesan dan momen indah saat berdua.

1. Menonton DVD di Rumah

Menonton DVD

Menonton DVD via huffpost.com

 

Banyak pasangan yang memilih bioskop sebagai tempat untuk berkencan. Namun ketika kantong kering tentu pilihan tersebut terasa berat. Tak perlu khawatir, karena Anda bisa mengajak pasangan untuk menikmati DVD film romantis di rumah. Meski layar dan sound system tak semantap ketika menonton di bioskop, namun suasana yang tercipta justru terasa lebih syahdu.

2. Bermain Game

Bermain Monopoli Bersama Pasangan

Bermain Monopoli Bersama Pasangan via giantbomb.com

 

Kencan tak harus selalu dihadapi dengan serius, karena akan terasa garing dan membosankan. Anda dan pasangan bisa menikmati kebersamaan tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam dengan bermain game di rumah. Bermain game sangatlah mengasyikkan baik yang berteknologi tinggi seperti PlayStation (PS) maupun yang bersifat tradisional seperti ular tangga, monopoli, dan lainnya. Keseruan bermain game bisa jadi membuat kebersamaan Anda dan pasangan tak menyadari batasan waktu.

3. Olahraga

Berolahraga Bersama

Berolahraga Bersama via squarespace.com

 

Kencan hemat dan sehat bisa dilakukan dengan berolahraga baik jogging atau pun bersepeda. Tak perlu ke gymnasium atau pusat kebugaran yang berbayar, Anda dan pasangan bisa berolahraga sambil menikmati segarnya udara pagi di ruang terbuka. Gunakan fasilitas umum seperti lapangan, stadion, gedung olahraga, alun-alun kota, atau yang lainnya.

4. Memasak Bersama

Memasak Berdua

Memasak Berdua via properecipes.com

 

Selama bunga cinta masih mekar di hati, apapun yang dikerjakan bersama pasangan akan terasa sungguh menyenangkan, termasuk juga memasak bersama. Dengan cara ini, Anda dan pasangan justru bisa saling lebih mengenal terutama dalam hal kemampuan memasak. Jika ternyata pasangan Anda pandai memasak, tentu akan menjadi kejutan yang menyenangkan.

5. Karaoke di Rumah

Karaoke Bersama di Rumah

 Rumah Juga Bisa Menjadi Tempat Karaoke via wordpress.com

Umumnya, setiap pasangan memiliki ‘lagu kenangan’. Nah, jika Anda juga memilikinya, mengapa tak mencoba kencan hemat dengan berkaraoke? Tak perlu merogoh kocek untuk mendatangi tempat karaoke, tetapi cukup berkaraoke asyik di rumah. Tentu akan menciptakan suasana yang semakin hangat dan akrab serta lebih santai juga bebas durasi.

6. Berkeliling Kota dengan Motor

Keliling Kota Naik Motor

 Tidak Melulu Naik Mobil, naik Motor Juga Asyik via blogspot.com

 

Momen kencan yang diisi dengan dinner, makan di restoran, nonton di bioskop, atau shopping di mal sudah menjadi hal biasa yang dilakukan oleh banyak pasangan. Untuk memberikan sesuatu yang berbeda kepada pasangan, cobalah untuk kencan hemat berkeliling kota dengan sepeda motor. Anda dan pasangan bisa menikmati suasana kota yang berbeda di setiap sudutnya.

Baca Juga: 6 Cara Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru

7. Berburu Jajanan Murah

Makan di Restoran Kaki Lima

Makan di Restoran Kaki Lima via wordpress.com

 

Ingin mentraktir pacar saat berkencan tapi kantong lagi krisis? Mengajak makan sang pacar saat berkencan tak harus di restoran mahal, tetapi bisa mencicipi jajanan murah dan enak di pinggir jalan, seperti bakso, soto, siomay, mie ayam, nasi goreng, dan lainnya. Tak perlu malu untuk mencoba kencan hemat yang satu ini. Justru akan lebih berkesan ketika makan di pinggir jalan sambil menikmati kepadatan lalu lintas dan kendaraan yang lalu-lalang, bahkan mungkin juga para pemain musik jalanan.

8. Berburu Promo Diskon

Memburu Diskon dengan Pasangan

Memburu Diskon dengan Pasangan via rvshare.com

 

Kartu kredit ternyata bisa digunakan untuk berkencan hemat. Bagaimana caranya? Salah satu keunggulan kartu kredit adalah banyaknya promo atau tawaran diskon pada merchant yang bekerjasama. Nah, jika Anda memiliki kartu kredit maka bisa dimanfaatkan untuk membuat momen kencan Anda begitu istimewa tanpa banyak biaya. Caranya, carilah program promo yang ditawarkan oleh kartu kredit yang Anda miliki. Misalnya program promo buy one get one untuk produk fashion dan tiket bioskop. Selain itu ada pula promo diskon khusus untuk produk kuliner, fashion, dan lainnya.

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Tabungan untuk Pernikahan Anda dan Pasangan

9. Rekreasi

Mendatangi Tempat Rekreasi

Mendatangi Tempat Rekreasi via wallpaperscraft.com

 

Berlibur identik dengan menghambur-hamburkan uang itu tidak benar. Berlibur atau rekreasi juga bisa dilakukan secara hemat. Caranya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang asyik tetapi murah, seperti museum, pantai, pasar malam, dan mendaki gunung. Selain bisa menikmati lokasi wisata yang indah, tentunya Anda dan pasangan juga bisa menikmati kebersamaan yang tercipta.

Jadwalkan Kencan Hemat

Berkencan hemat sah-sah saja dilakukan ketika Anda ingin melepas rindu dengan pasangan tetapi tidak didukung dengan kekuatan finansial. Namun, sekali-kali ajak pasangan Anda nonton di bioskop atau makan malam romantis di restoran agar tidak terkesan pelit. Selamat berkencan!

Baca Juga: 8 Cara Bulan Madu Hemat dan Menyenangkan